12 Perlengkapan Panahan dan Fungsinya

Panahan adalah sebuah jenis olahraga atau kegiatan fisik yang dilakukan dengan menggunakan busur panah. Busur panah ini sendiri guna utamanya adalah untuk menembakkan anak panah. Sejarah panahan tak banyak yang tahu sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Panahan awalnya dilakukan dan digunakan sebagai metode berburu, namun kemudian berkembang sebagai sebuah olahraga ketepatan.

Dalam memanah, bukan hanya busur dan anak panah yang diperlukan karena cabang olahraga ini merupakan sebuah aktivitas dengan perlengkapan yang cukup banyak. Tak hanya kemampuan memanah yang baik yang diperlukan, tapi juga peralatan atau perlengkapan panahan yang mampu mendukung performa terbaik pemanah. Untuk kesuksesan panahan dan dalam mempelajari teknik panahan, berikut ini adalah daftar perlengkapan penting untuk digunakan.

Baca juga:

  1. Busur Panah

Seorang pemanah atau calon pemanah sangatlah wajib memiliki busur panah yang kita bisa juga sebut dengan istilah bow. Mengapa busur adalah yang utama dalam aktivitas panahan? Ini karena busur adalah faktor yang digunakan sebagai penentu anak panah yang seperti apa.

Busur dan anak panah harus selalu serasi karena kalau tak serasi, maka ini dapat menjadi pemicu tembakan yang dilepaskan tak bisa maksimal. Bahkan ketidakcocokan antara busur serta anak panahnya mampu menghambat tembakan sehingga tak bisa kena sasaran yang sudah ditentukan. Ada 2 jenis busur yang umum dan paling utama, yaitu:

  • Recurve bow
  • Single piece bow

Komunitas para pemanah biasanya menggunakan salah satu atau dua dari jenis busur panah tersebut, namun jika ingin memilih busur dengan kenyamanan yang baik, amat direkomendasikan untuk memilih busur fiberglass. Atau paling tidak, Anda bisa memilih menggunakan busur yang telah dilaminasi. Busur yang telah dilaminasi artinya adalah busur yang telah diberikan pelapis khusus.

Ketika memilih busur, pilih busur dengan tingkat akurasi center shoot di mana busur tersebut juga alangkah baiknya mempunyai kapabilitas working recurve alias bisa dibongkar pasang. Jenis busur bongkar pasang biasanya lebih difavoritkan karena bisa disimpan secara lebih mudah. Bukan hanya gampang disimpan, melainkan busur jenis bongkar pasang bisa kita bawa ke manapun.

Bahkan busur panah yang bisa dibongkar pasang akan memudahkan penggunanya untuk mengganti perangkat jika misalnya terjadi kerusakan. Jadi dengan demikian, bakal lebih murah juga saat hendak mengganti perangkat sebab tak perlu harus mengganti secara total. Itulah mengapa, recurve bow menjadi lebih populer dan diminati ketimbang single piece.

Perangkat-perangkat yang ada pada busur panah jenis bongkar pasang antara lain adalah:

  • Grip: bagian ini adalah lokasi di mana pemanah bisa memegang busur.
  • Riser: inilah bagian pegangan utama busur dan juga tempat peletakan limb hingga aksesoris yang lain.
  • Stabilizer: Ini adalah alat yang dipakai oleh para pemanah untuk mengatur keseimbangan busur. Tak hanya itu, guna lainnya adalah sebagai penahan saat melakukan tembakan.
  • Sight: Bagian ini adalah yang digunakan oleh pemanah supaya bisa mendapatkan bidikan dengan tingkat akurasi tinggi.
  • String groove: Ini adalah tempat di mana pengaitan lekukan tali busur atau string bisa dilakukan.
  • Arrow rest: Bagian ini merupakan lokasi peletakan anak panah di bagian depan, pada umumnya terbuat dari besi atau plastik.
  • Sight window: Bagian ini adalah aksesoris pelengkap alias tambahan dengan fungsi utama membantu visual ketika membidik sasaran.
  • Limb: Pemanah menggunakan perangkat ini sebagai penyimpan energi pegas di sebuah busur dan untungnya di zaman sekarang limb pada busur panah bisa dibongkar pasang. Untuk busur produksi lokal, performanya agak kurang baik kalau dibongkar pasang terlalu sering.
  • Limb tip string: Fungsi utama dari perangkat ini adalah sebagai penransfer energi dari tangan pemanah menuju limb, maupun juga sebaliknya. Biasanya, bahan limb tip string adalah dari kevlar yang merupakan material sintetis.
  • Center serving Nock point: Perangkat ini adalah lokasi pada bagian tali busur dan tempat peletakan anak panah di mana menggunakan besi yang telah dibuat khusus biasanya. Namun ada pula yang dengan lilitan benang.

Tingkat kekuatan tarikan harus menjadi poin penting yang dipertimbangkan ketika memilih atau membeli busur, berikut juga panjang tali busur yang dipakai.

(Baca juga: teknik dasar wing chunteknik bermain hoki teknik dasar anggar – teknik lompat tinggi)

  1. Anak Panah

Seni olahraga memanah juga tak lengkap kalau tak ada anak panah tentunya. Istilah lain bagi anak panah ini adalah arrow dan anak panah inilah yang kita tembakkan menggunakan busur panah sehingga olahraga ini disebut sebagai panahan. Keberadaan perlengkapan ini sangatlah wajib dan mutlak meski memang jenis anak panah berbeda-beda sekaligus juga penerapannya.

Jenis-jenis anak panah berikut ini kiranya bisa menjadi bahan pertimbangan Anda apabila tertarik dengan olahraga panahan dan masih belum tahu jenis anak panah manakah yang bakal sesuai untuk digunakan.

  • Anak Panah Fiberglass

Jika masih tergolong pemula, maka untuk panahan, Anda bisa mencoba menggunakan jenis anak panah fiberglass karena bahan satu ini merupakan pilihan terbaik bagi para pemula. Keuntungan lainnya dalam memilih anak panah jenis ini adalah karena harganya yang tak terlalu tinggi sehingga sangat pas bagi yang baru ingin belajar. Meski fleksibilitasnya kurang karena tak melengkung saat kena kekuatan besar, namun banyak pemula dalam olahraga panahan yang nyaman belajar menggunakannya.

Kekuatan yang terlalu besar akan memberikan tekanan yang besar dan meski tak melengkung, jenis anak panah ini dapat menjadi patah. Apabila panahan hanya dijadikan hobi pengisi waktu luang, pilihan anak panah fiberglass sangatlah dianjurkan. Bahkan keawetannya pun sudah terbukti di mana kondisinya lebih tahan lama ketimbang lainnya.

Hanya saja, anak panah fiberglass pada waktu digunakan untuk target shooting bisa lebih berat ketimbang aluminum. Para pemanah yang menggunakan anak panah jenis ini memang dalam hal kontrol bakal merasakan kesulitan, apalagi bila digunakan untuk aksi memanah dengan tembakan jarak jauh.

  • Anak Panah Kayu/Wood

Paling umum lainnya dari jenis anak panah adalah wood atau jenis anak panah yang terbuat dari bahan kayu. Jenis anak panah ini termasuk yang paling gampang dijumpai di sekitar kita dan para pemburu biasanya banyak melakukan aktivitas panahan dengan menggunakan anak panah dari kayu ini. Aktivitas berburu di hutan pada umumnya bakal lebih nyaman ketika menggunakan bahan kayu.

Anak panah ini memang terbilang umum, namun jenis satu ini justru seringkali dipakai untuk 1 musim saja. Anak panah kayu juga menjadi nomor satu dan bahkan satu-satunya di beberapa negara karena negara-negara tersebut mengadakan larangan penggunaan anak panah fiberglass maupun aluminium, khususnya untuk tujuan berburu.

Karena fungsi utama dari anak panah kayu sering digunakan sebagai alat berburu, maka otomatis untuk masalah olahraga panahan, anak panah ini tak begitu direkomendasikan. Kualitas terbilang kurang jika dibandingkan dengan anak panah jenis lain. Bahkan bahan dari kayu juga tak begitu tahan lama dan gampang habis dimakan rayap, khususnya bila penyimpanan kurang tepat dan di lokasi dengan tingkat kelembaban tinggi.

  • Anak Panah Aluminium

Jenis anak panah lainnya adalah yang terbuat dari aluminium dan menjadi yang terbaik kalau dibandingkan dengan fiberglass dan kayu. Justru pada kompetisi panahanlah, jenis anak panah aluminium ini yang paling banyak digunakan. Fleksibilitasnya yang tinggi menjadi nilai plus bagi para pemanah untuk memilih anak panah ini.

Untuk bagian penyeimbang di anak panah-bulu panahan alias desain fletching pun ada banyak pilihan sehingga para pemanah bisa memilih sesuai selera masing-masing. Untuk pemanah indoor, fletchung yang bahannya dari bulu justru yang paling baik. Bahkan bahan tersebut juga nyaman dan bagus digunakan oleh para pemanah pemula sekalipun.

(Baca juga: strategi bermain caturteknik pukulan tenis mejateknik futsal cara bermain anggar)

  1. Tali Busur

String atau tali busur adalah perlengkapan atau peralatan panahan selanjutnya yang sama penting dan wajibnya dengan busur panah. Busur panah tanpa tali busur apalah artinya bukan? Apabila Anda seorang pemanah pemula, cukup gunakan string yang dibuat dari Dacron sudah cukup dengan serving center di mana nilon sebagai bahan dasarnya.

Mengapa harus tali busur tersebut? Umumnya, bahan string atau tali busur tidak begitu fleksibel dan dalam penggunaannya perlu ada teknik khusus yang dilakukan. Bahan tali busur umumnya terbuat dari monofilament nylon dan bisa membuat para pemanah pemula tak nyaman karena selama penggunaan, jari-jari akan ikut sakit serta kerap menjadi pemicu teknis lainnya.

Itulah mengapa, pemula tak seharusnya menggunakan tali busur dari bahan monofilament, sementara dacron lebih diutamakan dan disarankan bagi pemula karena cukup fleksibel dan ringan. Bahan dacron dijamin tidak memberatkan pemanah, terutama saat pertama kali mencoba untuk memanah.

(Baca juga: teknik bola tanganteknik angkat besi teknik senam iramateknik capoeira – teknik aikido)

Perlengkapan Lainnya dalam Panahan

Dalam dunia panahan, selain dari peralatan atau perangkat wajib di atas, masih ada beberapa perangkat yang perlu untuk Anda ketahui, yaitu:

  • Arm guard atau pelindung tangan dari jepretan tali busur ketika menembak.
  • Sling atau perlengkapan yang biasa digunakan oleh pemanah supaya tak meleset ketika menggunakan busur.
  • Glove atau sarung tangan khusus untuk para pemanah akan melindungi jari dari cedera atau luka saat menembak.
  • String peep atau pengukur tingkat kelurusan sebuah string.
  • Pressure button atau aksesoris yang pemanah bisa gunakan demi mendapatkan tingkat kecepatan terbang anak panahnya secara maksimal.
  • Nock Locator atau aksesoris yang memang sudah sekalian satu set ketika membeli peralatan memanah.
  • Archery bow level atau perangkat yang fungsi utamanya mengindikasi atau memeriksa posisi busur sudah vertikal atau belum.
  • Kisser button atau perangkat untuk merasakan tali busur lewat bagian ujung bibir pemanah.
  • Bow sight atau aksesoris bagi para pemula supaya tak meleset ketika menembakkan anak panah ke sasaran. Perkiraan arah anak panah dengan bantuan dari alat ini sangat handal.

Baca juga:

Itulah ulasan tentang perlengkapan panahan yang wajib untuk Anda ketahui berikut juga keterangan fungsi setiap perangkat. Sama seperti ketika Anda mempersiapkan perlengkapan bulu tangkis, peralatan untuk panahan juga sebaiknya selengkap mungkin agar kenyamanan bisa didapat. Baik Anda serius ingin menekuni olahraga ini atau menjadikannya hobi, selamat mencoba dengan perlengkapan yang lengkap.