5 Cara Melakukan Smash Dalam Sepak Takraw

Sepak takraw adalah salah satu cabang olahraga yang memerlukan teknik khusus dalam melakukan smash. Kelenturan melakukan smash dengan menggunakan kaki harus sering dilatih agar bisa memberikan tendangan yang kuat dan bertenaga. Berikut ini adalah beberapa cara melakukan smash dalam sepak takraw:

1. Smash (rejaman) gunting/kedeng

Cara melakukan smash gunting atau kedeng adalah dengan memusatkan pandangan pada bola, lalu ambil posisi bersiap untuk melakukan smash. Ambil lompatan dengan menggunakan kaki kanan sebagai tumpuan jika kaki kanan digunakan untuk melakukan smash, begitu pula sebaliknya.

Posisikan badan menyisih dengan net dan bersiap melakukan smash dengan menggunakan kaki tumpuan. Lalu segera lakukan smash ketika badan berada dalam puncak lompatan.

2. Smash (rejaman) akrobatik/gulung

Bentuk smash lain dari sepak takraw adalah dengan smash akrobatik atau gulung. Smash ini dilakukan dengan cara sesuai namanya yakni melakukan akrobat. Caranya adalah dengan fokus pada datangnya bola, lalui lakukan lompatan setinggi mungkin.

Posisikan kaki kanan untuk melakukan smash dengan kaki kanan, lalu lakukan gerakan smash dengan kaki kanan sambil menggulungkan badan seolah melakukan gerakan akrobat. Teknik smash ini banyak digunakan pemain profesional karena kekuatan smashnya yang cukup besar dan mengagetkan lawan.

3. Smash (rejaman) kepala gaya sisi kanan/kiri

Smash kepala gaya sisi kanan dilakukan dengan melakukan lompatan sesuai dengan ketinggian bola. Posisikan kepala dan badan bergerak dari arah kiri ke kanan atau sebaliknya. Lalu tendang bola ketika bola sudah mencapai ketinggian maksimal dengan kedua tangan tetap menjaga keseimbangan.

4. Smash (rejaman) dengan menggunakan dahi

Buka kaki selebar bahu, lalu lakukan lompatan hingga tinggi mencapai bola. Tarik tubuh ke belakang dan lakukan heading dengan menggunakan dahi. Seimbangkan tangan agar tubuh tidak mudah goyang saat melakukan heading.

5. Smash (rejaman) dengan gaya menapak dengan melompat

Smash ini dilakukan dengan memusatkan pandangan pada bola, lalu lakukan lompatan sesuai dengan ketinggian bola. Lakukan smash dengan menggunakan tapak kaki kanan jika pemain kanan, begitu juga dengan kaki kiri jika pemain kiri. Jaga keseimbangan badan dengan menggunakan kedua tangan.

Itulah 5 smash dalam sepak takraw yang sering digunakan. Meskipun terbilang sulit, namun sepak takraw akan lebih mudah dilakukan jika banyak latihan. Keindahan gerakan dalam sepak takraw juga selalu menjadi daya tarik dari olahraga ini.