Sponsors Link

5 Peraturan Loncat Indah Diajang Nasional Maupun Internasional

Sponsors Link

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai apa saja peraturan loncat indah yang harus dipahami oleh setiap atlet loncat indah sebelum mereka ikut bertanding di suatu kejuaraan resmi. Peraturan-peraturan ini merupakan sebuah bagian penting seperti halnya peraturan permainan golf atau juga peraturan senam lantai singkat yang beberapa waktu yang lalu sudah kami ulas untuk anda.

ads

Perlu anda tahu bahwasanya loncat indah termasuk salah satu jenis olahraga air yang seringkali dilombakan baik di ajang nasional maupun internasional. Olahraga yang satu ini menuntut pemain atau atletnya untuk memiliki keluwesan dan kondisi tubuh yang selalu prima agar ia bisa melakukan gerakan-gerakan indah yang akan memukau juri maupun juga penonton.

Selain itu, nomor loncat indah termasuk salah satu nomor renang yang memiliki tingkat kesulitan paling tinggi diantara nomor atau kategori yang lainnya. Adapun mengenai definisi dari loncat indah itu sendiri adalah merupakan sebuah perpaduan dari olahraga renang maupun juga olahraga senam sehingga olahraga yang satu ini memang menuntut atletnya memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Sebelum anda melakukan loncat indah yang juga termasuk jenis olahraga air yang menyenangkan, anda harus memahami terlebih dahulu apa saja peraturan yang harus anda perhatikan agar supaya anda tidak sampai terkena diskualifikasi ketika mengikuti perlombaan tersebut.

1. Melakukan pemanasan sebelum bertanding

Peraturan pertama yang harus diperhatikan oleh setiap atlet yang ingin memulai perlombaan loncat indah adalah ia harus melakukan pemanasan atau warming up terlebih dahulu. Hal ini juga sama berlakunya ketika anda ingin melakukan teknik senam irama yang sebelumnya juga menyarankan anda untuk melakukan pemanasan.

Adapun waktu yang diizinkan bagi para peserta untuk melakukan pemanasan berdasarkan informasi yang kami dapatkan yakni selama 15 menit. Dengan kata lain, dalam kurun waktu tersebut setiap peserta harus sudah melakukan semua pemanasan yang dibutuhkan karena jika ia melakukan pemanasan melebihi waktu tersebut, maka kemungkinan ia akan diberi peringatan dan bahkan kemungkinan buruknya malah bisa didiskualifikasi jika ia masih tidak menghiraukan teguran yang diberikan.

2. Mengambil undian

Setelah anda melakukan pemanasan, maka langkah kedua yang masih berhubungan dengan peraturan loncat indah di ajang perlombaan adalah anda harus mengambil undian. Mungkin anda sudah paham dibalik alasan mengapa anda harus mengambil undian.

Alasannya adalah agar anda mendapatkan nomor urut yang nantinya juri akan memanggil berdasarkan nomor urut yang anda dapatkan. Sementara untuk waktu yang diperbolehkan bagi anda yang ingin mengambil nomor undian adalah kurang lebih 15 menit sebelum pertandingan atau perlombaan di mulai.

Setelah anda mendapatkan nomor urut, maka anda harus memberitahu kepada juri mengenai nomor urut anda sehingga juri kemudian akan mencatat dan akan memanggil anda ketika giliran anda sudah dimulai.

3. Menunggu giliran

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa setelah anda mendapatkan nomor urut, maka anda harus menunggu nama anda dipanggil oleh juri untuk menunjukkan kemampuan loncat indah yang anda miliki. Nanti pihak panitia akan menyediakan kursi yang akan dijadikan sebagai tempat duduk anda sampai nanti tiba giliran anda untuk menunjukkan kemampuan anda.

4. Memakai baju renang

Sponsors Link

Sebenarnya untuk poin yang keempat ini merupakan peraturan dasar yang harus dipahami oleh setiap perenang maupun mereka yang melakukan olahraga air. Jika anda saat ini memiliki passion pada olahraga air seperti renang atau loncat indah, maka yang harus anda perhatikan adalah anda harus memakai baju renang sebelum anda terjun ke olahraga tersebut.

Hal ini mungkin saja sudah anda ketahui sebelum anda menggeluti olahraga ini bahwa memakai baju renang merupakan sebuah hal yang wajib dipatuhi oleh setiap atlet. Baju renang yang anda gunakan tentu bisa bermacam-macam, namun kami sarankan agar anda memakai baju renang yang sesuai dengan standar internasional.

Meskipun anda seseorang yang beragama islam dan masih ingin mengikuti atau menggeluti olahraga yang satu ini, anda masih bisa mengikutinya dengan menggunakan baju renang yang memang didesain khusus bagi peserta yang beragama islam.

5. Pengumuman juara dilakukan melalui UPP

Bagi anda yang secara resmi telah diumumkan sebagai pemenang di ajang perlombaan loncat indah, maka nantinya anda akan dibawa menuju ke UPP atau Upacara Penyerahan Piala. UPP merupakan sebuah upacara yang dilakukan dan juga bisa dikatakan sebagai tempat untuk menyerahkan piala bagi mereka yang memangkan perlombaan loncat indah.

UPP sendiri mungkin juga akan anda temukan bagi para atlet yang mengikuti lomba renang karena seperti yang ada pada Asian Games 2018 kemarin, para pemenang kemudian akan dibawa ke UPP dan disaksikan oleh setiap penonton yang hadir pada ajang perlombaan tersebut.

Itulah informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai peraturan loncat indah. Semoga informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat. Terimakasih.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 26th, October 2018 / 09:46 Oleh :
Kategori : Atletik