Sponsors Link

11 Olahraga Air Yang Menyenangkan untuk Dilakukan

Sponsors Link

Olahraga air, di dalam kehidupan kita sehari – hari mungkin kita sudah tidak asing dengan yang namanya olahraga. Olahraga merupakan suatu kebutuhan di dalam kehidupan kita semua terutama untuk kesehatan tubuh kita, selain itu saat kita berolahraga lemak kita juga akan terbakar, dan olahraga juga dapat menambah kekebalan tubuh kita.

ads

Tapi apakah anda tahu bahwa olahraga itu mempunyai banyak jenisnya, ya seperti yang akan kita bahas satu ini yaitu olahraga air. Mungking bila di katakana olahraga yang di mainkan di dalam air pasti kita berfikir dan yang pertama kali dalam bayangan kita adalah renang. Akan tetapi ternyata juga masih banyak lagi olahraga air diluar sana selain renang. Yuk simak berikut ini kita akan memberikan contoh dari macam – macam olahraga air.

Macam – macam olahraga air :

1. Renang / berenang

Renang merupakan gerakan tubuh yang melintas di dalam air dengan menggunakan anggota tubuh kita yaitu tangan dan kaki. Nah tujuan renang sendiri adalah untuk berpindah tempat saat kita berada di dalam air. Seperti layaknya kita berjalan saat kita di darat.Berenang merupakan salah satu olahraga favorit dan di anjurkan kepada semua orang, dikarenakan olahraga yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh kita yang susah kita temukan di olahraga lainya.

Manfaat olahraga renang :

  • Melatih pernafasan
  • Meningkatkan kekuatan otot kita
  • Menambah tinggi badan kita
  • Baik untuk kesehatan jantung
  • Menghilangkan stress
  • Meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh kita
  • Meredakan persendian
  • Menurungkan berat badan

2. Polo air

Polo air merupakan salah satu olahraga air yang biasanya di mainkan dengan beregu. Olahraga ini juga di anggap sebagai perpaduan antara renang, sepak bola, gulat , dan juga teknik dasar bola basket shooting. Walaupun jika kita lihat dengan seksama olahraga ini sangat menyenangkan dan menarik akan tetapi ternyata olahraga ini belum di kenal banyak orang.

Satu tip polo air akan terdiri dari enam orang pemain dan satu orang pemain berperan sebagai penjaga gawang. Olahraga ini juga mempunyai peraturan yang hampir mirip dengan peraturan permainan sepak bola. Tim yang memasukan maka akan mendapat 1 poin. Olahraga ini juga merupakan salah satu olahraga yang di tandingkan di Indonesia, bahkan olahraga ini juga di pertandingkan di pecan olahraga nasional atau PON pertama kali pada tahun 1948.

3. Renang indanh / synchronized swimming

Merupakan salah satu cabang olahraga air yang madukan unsur renang dan di kolaborasikan dengan tarian dan juga senam. Olahraga ini dapat di mainkan dalam bentuk regu tunggal ataupun trio. Olahraga ini juga memadukan antara kekuatan fisik dan juga keluwesan. Penilaian dalam olahraga ini adalah dengan nilai artistic dan juga kemampuan menahan nafas di dalam air. Olahraga ini sudah lama berkembang di Negara kanada pada awal tahun 1900 an akan tetapi olahraga ini hanya di gemari oleh kaum wanita saja.

Agar dapat menjadi seorang atlet renang indah anda harus mempunyai kekuatan fisik dan kelenturan tubuh seperti aerobic. Olahraga renang indah juga berada dalam naungan FINA atau federasi renang internasional.

4. Snorkeling

Snorkeling juga merupakan salah satu olahraga berenang atau menyelam yang menggunakan peralatan seperti masker dan juga snorkel. Selain itu snorkeling juga menggunakan kaki kata agar dapat bergerak lincah saat berada di dalam air. Olahraga ini dapat di mainkan oleh semua orang akan tetapi wajib harus bisa berenang. Ketika menyelam pada daerah yang suhunya rendah penyelam juga dapat menggunakan baju selam agar tubuhnya tetap hangat, selain itu baju selam juga dapat melindungi tubuh kita dari batu karang.

Sponsors Link

5. Arum jeram

Arum jeram merupakan salah satu kegiatan yang memadukan unsur olahraga , edukasi, petualangan dan juga rekreasi nah hal itu membuat arum jeram sangat di minati dan menyenangkan. Olahraga ini biasanya dimainkan dengan menggunakan boat karet , dayung dan kano. Olahraga ini termasuk dalam olahraga exstrem yang dapat menguji nyali dan mempunyai resiko yang cukup besar.

6. Ski air

Ski air adalah olahraga yang di mainkan di permukaan air, dengan menggunakan sebuah papan yang di Tarik dengan perahu. Selain papan anda juga dapat menggunakan menggunakan tubin, nah tujuan dari penggunan tubing ini adalah untuk melatih keseimbangan para pemula. Olahraga ini pertama kali dimainkan oleh orang bernama Ralph Samuelson pada tahun 1922-an, ralph bermain dengan menggunakan sebuah drum dan kayu yang di Tarik oleh sebuah perahu.

7. Kano

Kano adalah sebuah perahu kecil yang di gerakan menggunakan tenaga manusia. Kano mempunyai kedua ujung yang berbentuk lancip dan pada bagian atasnya terbuka, akan tetapi bagian atas dapat juga di berikan penutup tergantung dari keinginan si pemakai. Kano digerakan menggunakan tenaga manusia dengan cara mendayung atau megayuhnya.

8. Surfing / selancar

Selancar merupakan salah satu olahraga yang di mainkan di pantai dengan menggunakan ombak yang tinggi. Olahraga ini di mainkan menggunakan papan selancar untuk melakukan maneuver – maneuver di atas ombak. Papan tersebut akan di gerakan oleh ombak akan tetapi arahnya akan di kendali kan oleh peselancarnya itu sendiri. Olahraga ini juga tergolong dalam olahraga ekstrem karna dapat memacu adrenaline dan kita juga di paksa untuk menjaga keseimbangan tubuh di atas ombak.

Sponsors Link

9. Selam bebas

Siapa yang tidak mengenal olahraga yang satu ini, ya selam bebas juga termasuk dalam salah satu olahraga air. Selam bebas merupakan menyelam tanpa menggunakan alat bantu apapun, olahraga ini bergantung dengan kemampuan penyelam untuk menahan nafasnya di dalam air. Semakin lama si penyelam menahan nafas maka semakin lama juga dia dapat menikmati pemandangan bawah laut. Akan tetapi selam bebas ini termasuk olahraga yang ekstreem karna mempunyai resiko yang besar. Selam bebas juga memerlukan latihan fisik, latihan fisiknya hampir sama dengan  latihan fisik sepak bola.

10. Selam scuba

Olahraga ini merupakan kebalikan dari selam bebas, yaitu si penyelam akan menyelam dengan menggunakan peralatan menyelam yang lengkap. Agar dapat bertahan di dalam air dengan waktu yang lama maka si penyelam akan membawa tabung oksigen, dan penyelam juga dapat membawa alat penerangan untuk menerangi pandangan mereka karna pada dasarnya scuba merupakan menyelam pada goa – goa bawah air atau area lainya. Dalam selam scuba kita juga harus mengerti cara bernafas, anda dapat latihan cara bernafas dengan menggunakan cara bernafas saat berlari karna caranya hampir sama.

11. Memancing

Siapa sangka memancing ternyata juga termasuk dalam salah satu olahraga air. Banyak orang yang mempunyai hobi memancing atau malah sudah profesinya menjadi pemancing. Memancing merupakan kegiatan menangkap ikan di pinggi atau di tengah laut, sungai , danau, dan juga peraiaran lainya yang ada ikanya. Akan tetapi tidak setiap kita memancing kita sudah pasti mendapatkan hasil ikan yang banyak semua itu tergantung skill dan perlengkapan yang kita pakai.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 18th, August 2018 / 08:45 Oleh :
Kategori : Penjaskes