5 Cabang Olahraga Sepak Bola yang Banyak Dimainkan di Seluruh Negara

Sepak bola merupakan salah satu olahraga terpopuler, akan tetapi ternyata sepak bola juga mempunyai banyak jenisnya. Ada banyak sekali macam dan jenis permainan sepak bola yang di mainkan di seluruh dunia, tentunya menggunakan aturan yang sanget berbeda dan juga beberapa strutuktur yang lebih formal daripada yang lainya. Nah disini kita akan memberikan macam – macam cabang olahraga sepak bola yang dapat anda lihat di bawah ini:

Macam – macam cabang olahraga sepak bola :

1. Sepakbola

Sepak bola meru[akan salah satu permainan yang di mainkan dengan cara beregu dimana dari masing-masing  regu / team nya terdiri dari 11 orang pemain. Permainan sepak bola akan dimainkan dengan 2 babak dimana durasi 1 babak nya adalah 45 menit dengan jeda waktu istirahat 10 menit. Permainan sepak bola membutuhkan 1 bola dengan 2 gawang untuk masing – masing team. Lapangan yang di gunakan dengan memiliki alas rumput, lapangan mempunyai panjang 100 – 110 meter dan mempunyai lebar 64 – 75 meter.

Untuk melakukan permainan sepak bola, setiap peamain  harus mempunayi  teknik dasar dalam permainan sepak bola , dengan gerakan / teknik tersebut maka pemain dapat menguasai bola dengan baik. Selain teknik dasar pemain sepak bola juga harus menguasai teknik berikut ini :

2. Futsal

Futsal juga merupakan salah satu cabang dari olahraga sepak bola yang merupakan modifikasi dari permainan sepak bola. Maka dari itu wajar aturan dan teknik yang di gunakan sama dengan peraturan Permainan Sepak bola, hanya saja futsal hanya berisikan 5 orang pemain untuk setiap team dan pemain cadangan maksimal 7 orang, dimana pergantian pemain mempunyai jumlah yang tidak terbatas.

Permainan futsal biasanya akan memakan waktu 2×20 menit dengan waktu istirahat 10 menit, sedangkan untuk perpanjangan waktu 2×5 menit. Untuk bola yang di gunakan dalam permainan futsal berukuran 4 dengan keliling 62-64cm dan mempunyai bera 0,4 – 0,44kg. Ukuran lapangan futsal juga berbeda dengan ukuran lapangan sepak bola biasa.

Ukuran lapangan futsal mempunyai panjang 25 – 43 meter dengan lebarnya 15 – 25 meter. Gawang yang di gunakan dalam permainan futsal memiliki tinggi 2 meter dengan lebar hanya 3 meter. Daerah pinalti lapangan futsal berbentuk busur dan mempunyai jarak 6 meter dai tingan gawang.

3. Sepak takraw

Peraturan mendasar dalam sepak takraw adalah bola yang tidak boleh menyentuh tangan pemain, tim hanya boleh menyentuh bola 3 kali berturut – turut , dan juga posisi pemain bertahan yang tidak dapat di putar. Pemain sepak takraw terdiri dari 2 regu yang masing – masing regu / team beranggotakan 3 orang dan 1 pemain cadangan. Satu orang yang berposisi di belakang itu di sebut tekong / back. Pemain di depan desebut apit kru dan apit kanan.

Sepak takraw ini mempunyai ukuran lapangan yang sama dengan permainan bulu tangkis yaitu 13,4 x 6,1 meter. Untuk area bebas mempunyai panjang minimal 3 meter dari garis luar lapangan dan area ini bebas dari rintangan. Garis tengan atau center line membagi lapangan sama luas di bagian tengah. Sementara itu di bagian pojok center line terdapat quarter circle berupa garis seperempat lingkaran yang mempunyai jari – jari 90cm. sedangkan garis lingkaran servis atau servis circle mempunyai diameter 60cm dengan jarak dari garis belakang sepanjang 2,45meter dan jarak dari garis samping kiri dan kanan sepanjang 3,05meter.

Tinggi tiang net yang di pakai dalam sepak takraw ini mempunyai tinggi 1,55 meter pada bagian pinggir dan minimal 1,52 meter di bagian tengah. Sedangkan untuk sepak takraw putri 1,45meter di bagian pinggir dan minimal 1,42 meter di tengah. Untuk kedudukan tiang 30cm di luar garis pinggir lapangan. Netyang di gunakan mempunyai panjang 6,10 meterr dan lebarnya 0,7 meter. Dalam sepak takraw putra menggunakan bola yang berukuran diametr nya 42-44 cm dengan berat 170-189 gram sedangan untuk putri berdiameter43-45 cm dan beratnya 150-160 gram.

4. Sepak bola pantai

Sepak bola pantai atau beach football merupakan salah satu dari varian olahraga sepak bola yang tentunya di mainkan di pantai dan beralaskan pasir. Sepak bola pantai di mainkan oleh 2 team yang beranggotakan 5 orang setiap team nya , dimainkan dengan bertelanjang kaki atau tanpai  menggunakan alas kaki. Sepak bola pantai biasanya di mainkan dalam 3 babak yang mempunyai durasi 12 menit setiap babaknya dengan waktu istirahat hanya 3 menit.

Dalam sepak bola pantai tidak mengenal hasil imbang, jadi ketika kedua tim sama kuat maka akan di berikan perpanjang waktu sekitar 3 menit dan jika masih sama akan di berikan adu pinalti. Nah tentunya dengan tidak adanya hasil imbang ini sepak bola pantai tidak akan ada yang menggunakan strategi parker bus.

Untuk pergantian pemain dalam sepak bola pantai tidak mempunyai batasan. Dan wasit dalam sepak bola pantai mempunyai 3 jenis kartu kunging, biru , dan merah. Kartu kuning akan di berikan kepada  pemain ketika melakukan pelanggarang keras. Kartu biru akan di berikan kepada pemain ketika pemain melakukan pelanggaran dan telah menerima 2 kartu kuning, dan pemain yang terkena kartu biru akan di hokum dengan berhenti bermain selama 2 menit. Kartu merah system nya hampir sama dengan sepak bola biasa pemain yang  mendapat kartu merah wajib meninggalkan lapangan, akan tetapi setelah 2 menit pemain tersebut dapat di gantikan oleh pemain lain.

5. Sepak bola jalanan / street football

Istilah sepak bola jalanan mencakup banyak varietas informal sepak bola. Street football ini tidak mempunyai persyaratan permainan layaknya sepak bola formal seperti menggunakan lapangan yang besar, tanda lapangan, ukuran gawang, dll. Dalam sepak bola jalanan di mainkan oleh 2 team yang beranggotakan 4 pemain setiap teamnya dan salah satunya  merupakan penjaga gawang.

Sepak bola jalanan menggunakan lapangan yang mempunyai panjang 22m dengan lebar 16 meter, untuk ukurang gawang mempunyai lebar 4m dengan tinggi 1.30m. Area penjagaa gawang untuk sepak bola jalanan yaitu 4 meter dan jarak titik pinalti 6 meter. Sepak bola jalanan menggunakan bola yang berkurukan no 4 atau low bounce. Setiap pemain sepak bola jalanan menggunakan sepatu kets yang beralaskan karet bukan pool dan menggunakan kaos kaki.Pertandingan sepak bola jalanan biasanya akan berlangsung selama 7 menit setiap babak dan waktu istirahat hanya 1 menit . Untuk kalian yang ingin mengikuti sepak bola jalanan di sarnkan untuk menjalani latihan terlebih dahulu agar tidak terkena salah satu dari  macam-macam cidera olahraga.