Sponsors Link

4 Cara Memperkuat Kuda Kuda Silat yang Mudah Diterapkan

Sponsors Link

Apakah anda sudah tahu tentang seperti apa teknik dasar pencak silat? Pencak silat merupakan sebuah seni bela diri yang khas dari Indonesia yang sekaligus masuk kedalam macam-macam bela diri di Indonesia dimana olahraga yang satu ini sering sekali dijadikan sebagai salah satu ajang untuk perlombaan tingkat nasional maupun internasional.

ads

Beberapa teknik dasar yang ada pada pencak silat juga memiliki kemiripan seperti halnya pada teknik kendo maupun juga teknik dasar anggar. Salah satu teknik yang harus dikuasai oleh seseorang yang ingin mahir dalam seni bela diri yang satu ini adalah ia harus memiliki kuda-kuda yang kuat.

Kuda-kuda merupakan sebuah teknik yang mirip dengan sebuah pondasi untuk membangun rumah. Dengan kata lain, jika kuda-kuda anda kuat maka akan membuat anda sulit untuk dijatuhkan. Namun sebaliknya, jika anda memiliki kuda-kuda yang lemah, maka lawan anda akan dengan mudah menjatuhkan anda hanya dalam beberapa kali gerakan.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi secara jelas kepada anda semuanya mengenai bagaimana cara memperkuat kuda-kuda silat agar nantinya anda bisa menjadi seorang atlit pencak silat yang handal dan bisa membanggakan negara atau perguruan anda.

1. Berlatih Squat

Apakah anda tahu apa itu squat? Squat merupakan sebuah gerakan setengah menjongkok yang ternyata membantu anda di dalam menguatkan kuda-kuda anda. Cara yang harus anda lakukan adalah dengan melebarkan kaki kurang lebih sebahu dan kemudian menempelkan atau menyandarkan punggung anda pada dinding.

Langkah selanjutnya yakni anda harus secara perlahan turun sampai nanti lutu anda membentuk sudut 90 derajat. Lakukan cara ini kurang lebih selama 60 detik dan kemudian anda istirahat kurang lebih setengah menit. Bagi anda yang pertama kali mencoba latihan squat, kami sarankan agar supaya anda melakukan teknik ini kurang lebih sebanyak 10 kali.

Pada awalnya anda akan merasakan otot paha bagian bawah anda sedikit sakit, namun hal tersebut merupakan hal yang wajar dan lama kelamaan anda akan terbiasa dengan latihan seperti ini.

2. Jogging dan berlari

Cara memperkuat kuda-kuda silat yang juga bisa anda lakukan adalah dengan membiasakan diri untuk sering melakukan jogging atau berlari. Seperti yang kita tahu bahwa jogging maupun berlati juga termask kedalam latihan fisik pencak silat yang akan membantu di dalam meningkatkan ketahanan atau daya tahan tubuh.

Selain itu, dengan membiasakan diri untuk berlati dan jogging maka akan membantu anda di dalam menguras lemak dan membuat otot paha anda akan semakin puat. Hal inilah yang harus dilakukan oleh setiap atlet bela diri jika mereka ingin memiliki ketahanan dan kuda-kuda yang kuat.

Anda bisa melakukan jogging dan berlari pada waktu pagi dan juga sore hari selama minimal 2 kali dalam seminggu untuk membuat kuda-kuda anda kuat dan tidak mudah dijatuhkan.

3. Squat Jump

Squat jump memiliki nama atau istilah lain yang mungkin anda lebih familiar dengan istilah tersebut. Ya, squat jump juga disebut sebagai lompat kodok yang tentu saja gerakan ini juga sangat ampuh di dalam memperkuat otot paha anda.

Cara yang harus anda lakukan adalah seperti di bawah ini:

  • Jongkokkan tubuh anda dan punggung harus lurus serta pandangan mata ke depan
  • Anda harus menyentuh lantai dengan jari anda. Lakukan cara ini semaksimal dan semampu yang anda bisa
  • Kemudian anda harus meloncat dengan posisi tubuh tegak dan anda harus menjaga agar supaya otot inti serta tubuh bagian atas berada pada satu garis
  • Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang sesuai dengan kemampuan anda dan kemudian anda istirahat kurang lebih satu menit
Sponsors Link

  • Ulangi gerakan ini dengan jumlah 3/4 lebih sedikit dibandingkan dengan yang awal tadi

Anda harus membiasakan diri untuk melakukan gerakan ini selama kurang lebih 5 sampai dengan 7 minggu jika anda ingin benar-benar memiliki kuda-kuda yang kuat sehingga anda tidak akan mudah untuk dijatuhkan.

4. Curtsy Lunge

Gerakan ini merupakan salah satu gerakan tersulit yang harus dikuasai oleh setiap orang yang ingin memiliki otot paha yang kuat. Gerakan ini nantinya akan meminta atau menyuruh anda menekuk lutut sambil anda menyilangkan saku kaki ke arah belakang.

Secara tidak langsung gerakan ini hampir sama ketika anda ingin memberi hormat. Adapun langkah-langkah yang harus anda lakukan akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Berdiri dan kemudian renggangkan telapak kaki lebih lebar dan kemudian anda harus bergerak menuju ke tengah sambil berjongkok dengan satu kaki
  • Sambil anda menegakkan tubuh, anda harus menyilangkan satu kaki anda ke posisi belakang dan kemudian anda harus melakukan posisi setengah menjongkok seolah-olah anda ingin memberi hormat
  • Lakukan gerakan ini dengan menggunakan kaki yang lainnya secara bergantian selama kurang lebih 5 sampai 10 kali

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 15th, October 2018 / 05:21 Oleh :
Kategori : Silat