Sponsors Link

13 Perlengkapan Pertandingan Pencak Silat Ini, Wajib Ada

Sponsors Link

Pencak silat merupakan salah satu seni bela diri dari Indonesia. Sama seperti seni bela diri lainnya, dalam pencak silat juga terdapat perlengkapan-perlengkapan dasar yang harus ada, terutama dalam pertandingan. Perlengkapan-perlengkapan ini untuk menunjang proses berlangsungnya pertandingan. Berikut ini adalah perlengkapan pertandingan pencak silat yang wajib selalu ada:

ads
  1. Gelanggang

Gelanggang merupakan lapangan atau area tempat pertandingan silat berlangsung. Ukuran gelanggang dalam pencak silat menurut standardnya adalah dengan luas 10m2. Masing-masing panjang dan lebarnya adalah 10m, dengan lingkaran tengah dan lingkaran kedua masing-masing berdiameter 8m. Gelanggang harus dalam keadaan yang layak untuk tempat pertandingan silat. Hal yang paling perlu diperhatikan adalah mengenai lantainya. Jangan sampai licin karena bisa berbahaya bagi atlet yang bertanding.

  1. Formulir Pertandingan dan Alat Tulis

Setiap atlet yang akan bertanding harus mengisi formulir pendaftaran pertandingan. Formulir pertandingan diperlukan para juri untuk mengetahui identitas peserta atau atlet yang ikut pertandingan. Sedangkan alat tulis digunakan untuk melakukan coretan-coretan yang diperlukan untuk menilai peserta.

  1. Gong, Pluit, dan Bel

Ketiga perlengkapan ini nantinya akan digunakan oleh wasit, juru tanding, dan juri selama proses pertandingan berlangsung. Masing-masing perlengkapan ini nantinya akan dibunyikan oleh yang bertugas. Fungsinya adalah sebagai penanda tertentu ketika pertandingan berlangsung.

  1. Meja dan Kursi Juri

Perlengkapan selanjutnya yaitu meja dan kursi juri untuk para juri. Meja yang dibutuhkan biasanya adalah meja kecil yang disusun menjadi satu. Digunakan sebagai tempat para juri untuk menilai selama proses pertandingan berlangsung.

  1. Bendera

Bendera yang disiapkan adalah bendera kecil warna biru, merah, dan kuning yang memiliki tangkai. Masing-masing bendera memiliki ukuran 30cm x 30cm. Bendera kuning digunakan oleh wasit. Sedangkan bendera biru dan merah digunakan oleh juru tanding.

  1. Lampu Babak

Lampu babak ini berwarna merah, biru, dan kuning. Lampu babak dinyalakan sesuai dengan berlangsungnya proses pertandingan pencak silat. Lampu babak berfungsi untuk menentukan siapa yang menjadi pemenang, yang diwakili oleh masing-masing warna tersebut.

Sponsors Link

  1. Papan Informasi dan Papan Nilai

Sesuai dengan namanya, masing-masing papan informasi dan papan nilai digunakan sebagai tempat yang berisi informasi mengenai pertandingan dan juga nilai yang diraih oleh peserta pertandingan.

  1. Timbangan

Timbangan digunakan ketika menimbang ukuran berat badan peserta pertandingan. Tujuannya untuk memastikan apakah berat atlet sudah sesuai dengan kelas berat yang sudah ditentukan ketika mendaftarkan diri. Penimbangan berat badan biasanya dilakukan di awal, ketika atlet memberikan formulir pendaftaran.

  1. Kain Lap dan Ember

Kain lap dan ember berfungsi sebagai tempat dan alat untuk mengelap atau mengeringkan area tempat berlangsungnya pertandingan. Jika sewaktu-waktu area menjadi licin, maka akan dilap dengan kain lap yang telah sengaja disiapkan penyelenggara.

  1. Seragam Pencak Silat

Atlet diwajibkan menggunakan seragam pencak silat dilengkapi dengan sabuk yang sesuai dengan tingkatannya. Seragam ini terdiri dari baju dan celana silat warna hitam dengan badge IPSI di bagian dada sebelah kiri.

  1. Pelindung Tubuh (Body Protector)

Pelindung tubuh digunakan untuk melindungi bagian tubuh dari cidera akibat serangan yang dilakukan ketika latihan atau pertandingan. Body protector tersebut antara lain pelindung tulang kering (kaki), pelindung kemaluan, dan pelindung bagian depan tubuh yang berbentuk seperti rompi. Pelindung tubuh ini biasanya menjadi perlengkapan wajib dalam pertandingan pencak silat.

  1. Stopwatch 

Stop watch adalah salah satu kelengkapan yang digunakan dalam sesi latihan maupun turnamen pencak silat yang berfungsi sebagai timer. Dalam sesi latihan, stopwatch berguna untuk menghitung jumlah tendangan dan pukulan seorang atlet dalam waktu tertentu yang ditetapkan. Sedangkan dalam turnamen, stopwatch digunakan sebagai timer dalam masing-masing sesi.

  1. Matras

Perlengkapan pencak silat yang terakhir yaitu matras. Matras adalah sejenis kasur busa yang digunakan sebagai alas. Matras berguna untuk menghindari benturan langsung antara tubuh dan lantai ketika latihan berlangsung. Matras juga berguna untuk meminimalisir terjadinya cidera fisik yang bisa saja terjadi ketika latihan dan pertandingan langsung antara dua orang.

Manfaat Positif Yang Didapat dari Pencak Silat

Dalam setiap seni beladiri, pasti terdapat manfaat positif yang dapat diambil, begitu juga pencak silat. Terdapat manfaat pencak silat bagi fisik dan mental yang ternyata tidak banyak yang tahu. Berikut ini adalah manfaatnya:

  1. Kesehatan

Pencak silat jika dilakukan secara rutin dan benar maka akan membawa manfaat yang baik bagi kesehatan. Manfaat kesehatan tersebut antara lain membantu menurunkan berat badan dan pembentukan massa otot. Dalam pencak silat, terdapat gerakan-gerakan yang dapat membuat otot-otot tubuh menjadi kuat dan kencang. Selain itu, juga dapat memelihara kesehatan jantung, jika dilakukan secara tepat dan tidak berlebihan

  1. Kepercayaan Diri

Mengikuti seni beladiri pencak silat dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri. Kepercayaan diri ini terbentuk dari penguasaan teknik gerakan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan diri. Semakin mahir menguasai tekniknya, semakin tinggi rasa percaya diri yang didapat.

  1. Pertahanan Diri

Sudah jelas bahwa manfaat dan tujuan pencak silat sendiri sebagai pertahanan diri. Jika terjadi suatu tindak kejahatan, seperti pelecehan seksual dan tidak kekerasan lainnya. Gerakan-gerakan dalam pencak silat dapat digunakan untuk melakukan perlawanan terhadap orang-orang yang dengan sengaja ingin berbuat jahat atau mencelakai kita. 

Sponsors Link

  1. Melatih Jiwa Sportif dan Pemberani

Pencak silat melatih jiwa sportif dan pemberani seseorang. Jiwa sportif ditampilkan dalam pertandingan silat. Sikap yang ditampilkan ketika menghadapi kemenangan maupun kekalahan menunjukkan sikap sportif yang diajarkan dalam silat. Sedangkan jiwa pemberani yaitu ketika dihadapkan pada situasi kejahatan, khususnya di depan umum. Seorang atlet silat diajarkan untuk memiliki sikap berani menghadapi kondisi sulit semacam itu.

  1. Melatih Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab

Selain melatih jiwa sportif dan pemberani, pencak silat juga mengajarkan sikap disiplin dan tanggung jawab yang tinggi. Seorang atlet pencak silat harus mengikuti sesi latihan fisik rutin yang cukup berat. Terdapat aturan-aturan ketat dari pelatih yang juga harus diikuti. Di sinilah jiwa disiplin seorang atlet dibutuhkan. Selain itu, juga melatih sikap tanggung jawab. Setiap atlet diajarkan bertanggung jawab atas dirinya sendiri dan juga rekan-rekannya dalam perkumpulan silat tersebut.

 Nah, itulah tadi perlengkapan pertandingan pencak silat yang wajib selalu ada. Pencak silat sendiri memiliki banyak manfaat positif. Tidak hanya sebagai perlindungan diri, ternyata silat juga memiliki manfaat kesehatan dan manfaat pembentukan karakter atau mental yang baik. Saat ini, memiliki kemampuan beli diri yang mumpuni sangat dibutuhkan agar ketika bepergian seorang diri tetap bisa merasa aman dan terhindar dari kejahatan.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 31st, July 2018 / 09:12 Oleh :
Kategori : Silat