John McPhee Bahagia Bertahan Di Moto3 Namun Berharap Bisa Balapan Di Moto2

John McPhee Bahagia Bertahan Di Moto3 Namun Berharap Bisa Balapan Di Moto2

John McPhee, pebalap kelahiran Oban Inggris berharap di musim depan dapat merasakan membalap di lintasan kelas Moto2. Namun asa itu sepertinya harus tertunda untuk sementara waktu karena Moto3 tampaknya masih belum rela melepasnya. McPhee kembali mendapatkan tawaran untuk tetap tinggal di Petronas satu musim lagi dan membalap di Moto3.

McPhee, pebalap yang berhasil membawa tim asal Sepang mendapatkan kemenangan Grand Prix pertama mereka di Le Mans musim ini kini berada di peringkat keenam klasemen sementara. Pencapaiannya ini merupakan yang terbaik selama ini.

Dilansir dari Crash.net McPhee menuturkan jika dirinya berharap dapat bergabung dengan Moto2. Namun keinginannya itu tidak berarti Ia tidak merasa bahagia dengan kesempatan yang diperolehnya untuk terus membela timnya di Moto3.

“Sejujurnya Saya 100% ingin ke Moto2. Namun tidak berarti Saya tidak merasa senang untuk terus lanjut di Moto3 dengan kesempatan besar yang diberikan padaku.”

“Hanya akan ada 28 motor di Moto2 tahun depan, kemungkinan hanya lima dari 28 motor tersebut yang tersedia (untuk pebalap baru) karena kebanyakan para pebalap punya dua tahun kontrak dan sebagian lainnya telah menandatanganinya.”

“Tentu saja fokus utamaku saat ini adalah terus bersama Petronas dan mereka juga belum 100 % yakin apakah mereka akan punya motor kedua di Moto2 tahun depan.”

“Sehingga tim mengatakan padaku bahwa mereka membutuhkan pebalap Moto3 dan mereka ingin mengajakku kerjasama. Jika mereka kemudian bisa mendapatkan motor kedua di Moto2 maka Saya punya kesempatan kesana. Tapi jika mereka tidak bisa mendapatkannya maka mereka pun tidak mengizinkanku untuk pergi.”

“Diberikan kesempatan untuk tetap bersama Petronas di Moto3, bersama dengan sebuah tim yang hebat dan berada dekat dengan banyak orang yang hebat pula – tentu saya tidak dapat menolaknya. Jadi saya putuskan tetap disini dan rencana jangka panjangnya adalah mencoba untuk naik kelas ke Moto2 setahun setelahnya.”

Ditanya lebih lanjut apakah dirinya pasti ingin pindah ke Moto2 tahun 2021 mendatang, ini jawaban McPhee :

“Ada beberapa klausa yang berbeda. Klausa tersebut tidak menyatakan ‘If you “whatever” by “whatever” race’, tapi makna kalimatnya mengarah ke niatan saya ke Moto2.”

Ia juga menambahkan bahwa Johan Stigefelt, team principal Petronas Yamaha SRT, merupakan seseorang yang sangat fantastis dan adil. Menurut Johan jika dirinya tampil baik di Moto3 maka akan ada kesempatan untuknya ke Moto2, jika tidak maka sebaliknya. Seperti itulah cara kerjanya. McPhee sendiri merasa bahwa hal tersebut adil dan dapat diterima.

Terakhir McPhee menyatakan bahwa jika dia berusaha keras dan mencapai podium sesering mungkin maka besar harapan untuk mewujudkan asanya ke Moto2. Hingga saat ini belum ada kepastian siapa yang akan menjadi rekan setim McPhee di Moto3.