Jose Mourinho : “Tottenham Hotspur Mampu Menjuarai Premier League”

Jose Mourinho : “Tottenham Hotspur Mampu Menjuarai Premier League”

Jose Mourinho meyakini Tottenham Hotspur sanggup menargetkan gelar Premier League musim depan dalam wawancaranya dengan awak media di konferensi pers. Mantan bos Chelsea, Real Madrid dan Manchester United ini dipercaya untuk melatih Hotspur pasca pemutusan kerja sama mantan pelatih Hotspur sebelumnya, Mauricio Pochettino.

Pencapaian buruk Tottenham di kancah domestik dengan berada di posisi 14 klasemen menjadi alasan dibalik berakhirnya masa kepelatihan lima setengah tahun Pochettino di Hotspur.

Meski terdapat jurang yang terbuka lebar dengan pemuncak klasemen sementara saat ini, Liverpool dengan perbedaan 20 poin setelah berlangsungnya 12 laga, Mourinho yakin pada skuat terbarunya dan penuh percaya diri mengklaim bahwa gelar liga pertama untuk Hotspur sejak periode 1960/1961 di musim depan adalah sebuah kemungkinan.

“Kami tidak dapat memenangkan Premier League musim ini. Musim depan, saya tidak mengatakan kami akan memenangkannya, namun kami mampu memenangkannya.” ujar Mourinho pada awak media seperti dikutip dari Sportskeeda.

Mourinho yang telah menghabiskan 11 bulan absen dari dunia sepakbola pascapemecatannya dari Manchester United dan penunjukan wajah baru timnya – pelatih Joao Sacramento dan Nuno Santos yang bergabung dari Lille – memberikannya kepercayaan diri akan sebuah awal yang menjanjikan.

“Saya cukup rendah hati untuk mencoba dan menganalisa karir saya, tidak hanya tahun lalu namun evolusi dan masalah karirku.”

“Prinsip dari menganalisa adalah tidak menyalahkan siapapun. Saat bertemu dengan para asistenku dan orang-orang yang ingin saya ikutkan di babak baru ini, ini merupakan prinsip dimana tidak ada seorang pun yang disalahkan.”

“Saya tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Saya akan membuat kesalahan yang baru. Saya akan menjadi lebih kuat.”

“Dari sisi emosi saya santai, termotivasi dan siap dan menurutku semua pemain merasakan hal yang sama dua hari ini. Saya pun siap untuk mendukung mereka.”

“Dalam hidup akan ada masanya menghadapi hal seperti ini, dimana semuanya bukan hanya tentang saya, ini tentang para pemain dan klubku.”

Meski begitu Mourinho menekankan bahwa gaya bermain dan prinsip-prinsipnya selama ini yang telah berbuah gelar di empat negara akan terus dipertahankannya. Ia juga meminta para pemain untuk mengutamankan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi.

”Gaya melatihku akan sama seperti sebelumnya. Di atas semua itu saya akan mencoba untuk menambahkan hal-hal detil dan kadang kali hal-hal detil seperti itulah yang membuat suatu perbedaan.” jelas Mourinho.

Bagi seorang Jose Mourinho segalanya yang penting adalah tentang tim. Bukan tentang orang-orang yang egois atau hanya mementingkan diri sendiri. Lebih jelasnya menurutnya yang penting adalah klub, profesionalisme, komitmen, rasa hormat pada klub dan rasa hormat antarsesama rekan pemain.