Kelalaian Maverick Vinales Di Sesi Kuallifikasi Berujung Penalti

Kelalaian Maverick Vinales Di Sesi Kuallifikasi Berujung Penalti

Maverick Vinales harus lapang dada diturunkan tiga posisi pada starting grid menyusul penalti yang diterima dari stewards judge MotoGP. Vinales awalnya berhasil berada di posisi tiga starting grid tepat di belakang Marc Marquez. Keduanya hanya berjarak beberapa detik saja. Sementara di belakang Maverick Vinales ada Franco Morbidelli, rekannya sesama tim Yamaha.

Maverick Vinales diganjar penalti setelah berkendara dengan tidak bertanggung jawab dan hampir saja terlibat insiden dengan rekan setimnya, Fabio Quartararo. Kejadiannya bermula saat Vinales mengira sesi kualifikasinya telah berakhir dan memutuskan untuk menyapa penonton di tribun dengan melambatkan motornya dan melambai kea rah penonton di tribun.

Maverick Vinales tidak menyadari saat melakukannya dirinya masih berada di lintasan cepat yang tentunya turut dilintasi oleh para pebalap lainnya yang sedang menyelesaikan putaran sesi kualifikasi mereka.

“Saya tidak tahu apa yang akan saya katakan sejujurnya. Saya pikir saya memang telah melihat bendera finish. Saya pun melambai ke para penonton. Saya juga melakukan gerakan wheelie dengan mengangkat roda motor saya. Sejujurnya saya tidak paham apa yang terjadi saat itu.” Ujar Vinales.

“Kemudian tiba – tiba saya melihat Fabio (Quartararo) melintas. Saat saya menyadari itu adalah Fabio, saat itu juga sebenarnya sudah terlambat. Saya tidak menyangka Fabio akan melintas saat itu. Saya pikir saya sudah selesai ketika melihat bendera finish berkibar untuk saya. Saya bahkan saat itu sempat mengecek layar dan memastikannya.”

Insiden tersebut sebenarnya  tidak berpengaruh signifikan pada Fabio Quartararo. Fabio telah memimpin sesi kualifikasi dan mengamankan pole position. Namun pihak yang berwenang tetap melakukan investigasi terkait hal tersebut. Fabio Quartararo bahkan sempat terlihat memprotes  Vinales saat melintas didekatnya.

Setelah berunding dengan kedua pebalap yang terlibat dengan insiden tersebut, pihak MotoGP pun sepakat memberikan sanksi pada Maverick Vinales dengan menempatkan Vinales di posisi keenam starting grid saat memulai balapannya. Ini artinya Vinales turun tiga posisi dari posisi awalnya.

Pernyataan resmi dari pihak MotoGP tertulis bahwa : Pada 15 Juni 2019 pukul 14:51 saat sesi Q2 MotoGP GRAN PREMI MONSTER ENERGY DE CATALUNYA, di belokan 9 Anda (Maverick Vinales) diketahui berkendara secara tidak bertanggung jawab dengan menurunkan kecepatan di lintasan balap dan mengganggu pebalap lainnya.

Akibat penalti yang diterimanya, sedikit banyak memberikan dampak positif bagi rekan setimnya yang lain yaitu Franco Morbidelli dan Valentino Rossi. Franco Morbidelli yang semula berada di posisi keempat  otomatis akan menggantikan posisinya berada di baris terdepan bersama Fabio Quartararo dan Marc Marquez.

Begitu pula dengan Valentino Rossi. Rossi yang semula membalap dari posisi kelima, akan berpindah ke posisi empat starting grid saat memulai balapannya nantinya.