Valentino Rossi : Marc Marquez Tidak Hanya Cepat Namun Juga Sangat Cerdas

Valentino Rossi : Marc Marquez Tidak Hanya Cepat Namun Juga Sangat Cerdas

Melihat hasil sesi kualifikasi Marc Marquez, Valentino Rossi mengakui jika pebalap Repsol Honda Team tersebut sangat cerdas. Marquez tidak hanya cepat di lintasan namun sangat cerdas dalam menganalisa lawan – lawannya.

Rossi pun menilai keputusan Marc Marquez untuk menempatkan dirinya di belakang para pebalap tim Yamaha saat berakhirnya sesi kualifikasi sangatlah cerdas.  Marc Marquez hanya berjarak beberapa detik di belakang Fabio Quartararo saat sesi kualifikasi.

Sayangnya Marquez harus kehilangan kesempatan saat berada di belokan 4. Hasilnya tersebut memaksanya berada di posisi kedua starting grid sementara Valentino Rossi berhasil menutup lima besar posisi starting grid.

Bukan kali ini saja Marc Marquez berada di belakang Valentino Rossi. Marc Marquez bahkan memperhatikan pola membalap para pebalap tim Yamaha lainnya.

“Saya tidak tahu. Mungkin dia (Marc Marquez) mengikuti pebalap yang lainnya karena dirinya tidak memiliki banyak pengalaman. Dia seharusnya paham dengan batasannya.” Ujar Valentino Rossi bercanda.

“Tidak, tidak, saya bercanda. Marquez tidak hanya cepat di lintasan namun Ia juga sangat sangat cerdas selama sesi latihan karena dirinya selalu berusaha untuk mempelajari lawan – lawannya.”

“Semuanya tentu di bawah perhitungan. Dia tentu tahu apa yang diikutinya. Pada akhirnya Ia tidak memberimu pilihan. Apakah Anda ingin berada didepannya atau malah memutuskan berada dibelakangnya.”

“Saya sendiri berusaha fokus karena saya tahu penting untuk memulai balapan dari baris terdepan maka dari itu saya putuskan untuk terus berada di lintasan yang cepat.” Ujar Valentino Rossi.

“Apa yang saya lakukan merupakan keputusan yang tepat.”

Pada dasarnya keputusan Marquez untuk mengikuti Valentino Rossi dan pebalap tim Yamaha lainnya menandakan bahwa Valentino Rossi cukup kompetitif di balapan kali ini.  Tim Yamaha memang menunjukkan penampilan yang impresif di sesi kualifikasi kali ini. Hal ini dibuktikan dengan empat pebalap tim Yamaha yang menguasai posisi lima besar starting grid.

“Saya memang merasa bahwa Marquez berusaha untuk mempelajari lawan – lawannya. Khususnya ketika pebalap lain tampil begitu cepat. Marquez berusaha untuk mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan pebalap tersebut.” Tambah Rossi.

Menanggapi pernyataan Valentino Rossi, Marc Marquez menyatakan bahwa dirinya memang mengikuti Rossi namun hanya di sesi latihan bebas kedua. Saat itu Rossi menggunakan ban yang baru sementara Marquez menggunakan ban lama dan menganggap hal tersebut mungkin berpengaruh.

Marc Marquez juga menambahkan bahwa tim Yamaha memang selalu tampil apik di belokan. Mereka memiliki daya tarik yang baik pada bagian tersebut.

Banyak pihak yang berharap banyak pada Ducati dan Suzuki diawal balapan minggu ini menurut Marquez. Namun dirinya menganggap yang harus diperhatikan adalah tim Yamaha dan Suzuki. Kedua tim tersebut memiliki jenis motor yang tampaknya akan berkerja maksimal dengan kondisi lintasan sirkuit Barcelona.