Rivalitas Lee Chong Wei Dan Lin Dan Yang Menaikkan Gengsi Bulu Tangkis

Rivalitas Lee Chong Wei Dan Lin Dan Yang Menaikkan Gengsi Bulu Tangkis

Lee Chong  Wei baru saja secara resmi memutuskan mundur dari dunia yang telah membesarkan namanya. Lee Chong Wei gantung raket menyusul pertimbangan penyakit yang dideritanya. Lee Chong Wei diketahui menderita kanker hidung dan telah mendapatkan perawatan intensif serta telah melalui proses pemulihan yang cukup lama.

Atas saran dari tim dokternya yang meminta Lee Chong Wei tidak lagi melakukan aktivitas fisik yang intens dan menguras tenaga seperti berlatih, Lee Chong Wei pun memutuskan untuk pensiun dari bulu tangkis.

Lewat konferensi pers yang digelar pada tiga hari lalu tepatnya pada Kamis (13/06/2019), Lee Chong Wei dengan berlinang air mata mengumumkan mengakhiri karir bulu tangkis yang telah dijalaninya selama 19 tahun.

Pasca mundurnya Lee Chong Wei, banyak penggemar yang bertanya-tanya tentang Lin Dan. Apakah Lin Dan akan mengikuti jejak Lee Chong Wei ataukah masih terus berjuang walaupun ditinggal mundur oleh sahabat sekaligus lawannya.

Bagi para penggemar bulu tangkis, tentu tidak asing dengan rivalitas abadi antara dua legenda hidup bulu tangkis, Lin Dan dan Lee Chong Wei. Super Dan, julukan Lin Dan, dikenal sebagai lawan tangguh bagi The Mighty Lee Chong Wei di lapangan. Namun di luar lapangan, keduanya dikenal sebagai sahabat.

Sepanjang karir keduanya telah bertemu sebanyak 40 kali. Dari 40 kali pertemuan tersebut, Lin Dan masih unggul jauh dengan 28 kemenangan atas Lee Chong Wei. Keduanya terakhir bertemu saat ajang All England 2018 lalu di babak perempat final. Lee Chong Wei kembali mengaku kalah dari Lin Dan dalam dua set langsung dengan skor 21 – 16, 21 – 17.

Saat Lee Chong Wei diketahui menderita kanker hidung, banyak pebulu tangkis dunia yang menyatakan keprihatinannya  dan mendoakan yang terbaik bagi Lee Chong Wei. Tak terkecuali Lin Dan. Lin Dan mengaku khawatir dengan kondisi Lee Chong Wei dan mengharapkan kesembuhan untuknya.

Beberapa saat setelah mengetahui kabar berita tentang keputusan Lee Chong Wei untuk gantung raket, Lin Dan kembali memberikan komentar terkait hal tersebut. Lewat sosial medianya Lin Dan menyatakan bahwa kini dirinya bermain sendiri tanpa Lee Chong Wei di lapangan.

Menanggapi pernyataan Lin Dan di sosial medianya, Lee Chong Wei berharap agar Lin Dan mampu mewujudkan mimpinya untuk berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Diketahui Lin Dan masih harus bersaing dengan Chen Long dan Shi Yuqi agar bisa lolos ke kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Lee Chong Wei memang menyatakan penyesalannya karena belum mampu memenangkan medali emas Olimpiade. Selama ini Lee Chong Wei baru mengumpulkan tiga medali perak Olimpiade. Sama halnya dengan Kejuaraan Dunia. Prestasi terbaik Lee Chong Wei untuk turnamen Grand Slam adalah memenangkan All England sebanyak empat kali.

Lain halnya dengan Lin Dan. Prestasi Lin Dan di ajang Grand Slam sangat gemilang. Lin Dan sukses 2 kali merebut medali emas Olimpiade, 5 kali Juara Dunia, dan 5 kali juara All England. Catatan kemenangannya ini sekaligus mencatatkan namanya sebagai satu – satunya pemain tunggal putra yang mampu meraih semua gelar turnamen super grand slam.

Namun walaupun belum berhasil berbicara banyak di turnamen super grand slams, catatan prestasi Lee Chong Wei tidak bisa dipandang sebelah mata.

Lee Chong Wei sukses memenangi super series terbanyak dengan 69 gelar, termasuk didalamnya rekor 46 Super Series/Premier. Serta mencatatkan namanya sebagai pemain tunggal putra yang mampu berada di peringkat 1 dunia terlama dan paling konsisten dengan catatan waktu selama 367 minggu.