Kesiapan Tim Suzuki Hadapi Moto GP 2019

motogp.com

Tes pramusim Moto GP baru saja berakhir. Tim yang mengikuti tes pramusim tersebut tentunya sudah dapat menilai performa mereka masing – masing. Baik performa motor maupun pebalap mereka di lintasan.

Walaupun hanya berlangsung selama 3 hari, namun tes pramusim jelang balapan perdana yang diselenggarakan di Sirkuit Losail Qatar dinilai cukup memberikan patokan bagi para tim maupun pebalap untuk menghadapi balapan yang sebenarnya di tanggal 10 Maret mendatang. Kesiapan tiap tim pun sedikit banyak dapat terukur dari tes pramusim tersebut.

Salah satu tim yang turut mengikuti tes tersebut adalah tim Suzuki. Hasil yang dicapai oleh Suzuki melalui pebalap utamanya Alex Rins menunjukkan seberapa siapnya tim ini. Pada tes pramusim hari pertama Suzuki menempati posisi kedua, kemudian merangsek naik ke posisi pertama dihari kedua, walaupun pada tes hari ketiga hanya berhasil menempati posisi ke 11. Rekan setim Alex Rins, Joan Mir pun mengikuti dibelakangnya pada posisi ke 12 pada tes hari ketiga.

Alex Rins menyatakan bahwa tidak ada masalah pada motornya Suzuki GSX-RR setelah berhasil menuntaskan balapan di tes pramusim hari ketiga. Rins bahkan menambahkan bahwa timnya telah siap bahkan sangat siap untuk menghadapi musim balapan tahun ini.

Menurutnya kesiapan Suzuki dapat terlihat dari hasil yang dicapai selama 3 hari tes pramusim ini. Dirinya mengakui bahwa dalam 3 hari tes tersebut timnya melakukan tes pada semua bagian motornya. Hasil yang memuaskan diperoleh dari tes tersebut.

Alex Rins sendiri sempat mengalami kecelakaan di tes hari ketiga. Mekanik tim menghabiskan sekitar 1 jam setengah untuk berusaha memperbaiki kondisi motornya. Namun tampaknya kecelakaan tersebut tidak terlalu berpengaruh signifikan pada performa Alex Rins. Dirinya masih merasa mencapai hasil yang baik setelah melanjutkan balapan dengan catatan waktu yang berhasil ditorehkan.

Alex Rins pun menyatakan bahwa tidak ada yang perlu ditingkatkan lagi terkait motornya sebelum memasuki balapan perdana pada 10 Maret mendatang. Seperti diketahui, sebelum tes pramusim di Sirkuit Losail International Qatar ini, Suzuki pun telah melakukan tes pramusim di Sirkuit Sepang lalu. Keseluruhan tes pramusim ini dimanfaatkan tim Suzuki untuk mengevaluasi kinerja motor mereka termasuk kinerja mesin dan bagian – bagian lainnya.

Namun Alex Rins tidak mau berpuas hati dengan kinerja motornya saat ini. Dirinya memang mengapresiasi pencapaian timnya dengan memuji kinerja motornya, namun dirinya menyadari bahwa kondisi pada balapan yang sebenarnya nanti tentu akan berbeda dengan tes pramusim yang dilaluinya. Akan ada faktor – faktor lain yang masih perlu diwaspadai diantaranya salah satunya adalah faktor cuaca pada hari balapan.

Di lain pihak Alex Rins pun tetap mengawasi perkembangan tim lain. Rins mengakui jika tim lain cukup menunjukkan hasil yang positif pada tes pramusim ini. Dia yakin bahwa pada balapan nanti, semua pebalap tentunya akan berusaha untuk tampil maksimal.