Liga Inggris : 3 Alasan Kemenangan Manchester City Kontra Chelsea

Liga Inggris : 3 Alasan Kemenangan Manchester City Kontra Chelsea

Tim asuhan Pep Guardiola hampir saja berada di ujung tanduk perebutan peluang bersaing di klasemen atas Premier League, untung saja City sukses mencetak gol kemenangan saat melayani Chelsea di Etihad Stadium.

Manchester City bergerak ke posisi tiga klasemen sementara berkat kemenangannya atas Chelsea 2 – 1, sementara Chelsea harus puas di posisi keempat. Melansir dari Sportskeeda, berikut ini 3 alasan dibalik kemenangan The Citizen.

Respon yang cepat

Pertemuan kontra Chelsea merupakan laga yang cukup tricky untuk City. City menjamu Chelsea dengan membawa kekalahan cukup memalukan dari Anfield beberapa waktu lalu.

Chelsea datang dengan semangat untuk menang karena pada dasarnya Chelsea merasa cocok dengan City. Chelsea tidak melepaskan bola lepas, memenangkan peluang 50-5- dan dengan bersemangat membawa pertarungan ke area pertahanan The Citizen.

Kegigihan Chelsea terbayar di awal saat N’Golo Kante membuat tim tamu unggul dimenit ke-21. Keadaan ini tentu mempengaruhi City. Sebagai respon atas gol pertama Chelsea dan ketakutan City untuk kembali menderita kekalahan memalukan berdampak pada performa City. Respon City datang dari Kevin De Bruyne yang memimpin jalannya pertandingan dengan berperan sebagai Man of the Match.  

Momen brilian individual

Suatu hal yang sangat jarang terjadi saat serangan-serangan dari Manchester City seolah tak tampak untuk beberapa saat karena pasukan Pep Guardiola ini hampir tidak pernah melakukan tembakan yang tepat sasaran.

Dari 15 total tembakan ke gawang oleh Manchester City, hanya 4 tembakan yang menyulitkan Kepa Arrizbalaga. Raheem Sterling dan Sergio Aguero hampir tidak mampu berbuat apa-apa karena sisi kiri lapangan Chelsea dijaga ketat oleh Cesar Azpilicueta.

City kemudian memanfaatkan sisi kanan Chelsea untuk membobol pertahanan mereka. Riyad Mahrez akhirnya mampu membuahkan hasil setelah menerima umpan dari Rodrigo yang kemudian menggiring bola melewati garis belakang Chelsea yang tampak kebingungan sebelum akhirnya melesatkan tembakan melewati Kepa Arrizabalaga dan mencetak poin.

Performa pertahanan yang luar biasa

Pertahanan City mendapatkan kritikan pedas musim ini. Faktor cedera dan penampilan buruk dari John Stones dan Nicholas Otamendi menyebabkan City kebobolan banyak gol. Hal inilah yang membuat City ketinggalan dari Liverpool di awal musim.

Namun kali ini berkat kehadiran Benjamin Mendy dan Ederson Moraes barisan belakang City benar-benar tampil memukau. Setelah sempat kebobolan di babak pertama, City memutuskan mundur sedikit lebih ke dalam dari sisi pertahanan dan berusaha mematikan serangan Chelsea perlahan-lahan.

Mendy bertugas di bagian sayap kanan Chelsea sementara Willian diserahi tanggung jawab berjaga di bagian luar. Sepanjang pertemuan ini Chelsea hanya mampu menciptakan dua tembakan tepat sasaran yang menjadi bukti performa efektif dari barisan pertahanan City kali ini.