Orleans Masters 2019, Karono Menangkan Laga Lawan Wakil Rusia

badmintonindonesia.org

Turnamen Super 100 BWF Orleans Masters 2019 kembali bergulir. Turnamen yang berhadiah uang sebesar 75,000 Dollar Amerika ini dimulai pelaksanaannya pada tanggal 19 Maret hingga 24 Maret mendatang.

Babak kualifikasi mendahului babak pertama. Hampir semua sektor harus melalui babak kualifikasi. Hanya sektor ganda putri yang terkecualikan. Sementara para wakil Indonesia ada beberapa yang langsung bermain di babak pertama dan beberapa lainnya masih harus menjalani pertandingan babak kualifikasi.

Indonesia sendiri menurunkan beberapa pemainnya untuk menjadi perwakilan di turnamen yang dilaksanakan di Palais des Sport, Perancis ini. Mereka diantaranya adalah Karono, Gatjra Piliang Fiqihila Cupu, Choirunnisa, Pramudya Kusumawardana Riyanto / Yeremia Erich Yoche Yacob, Muhammad Sohibul Fikri / Bagas Maulana, Agatha Imanuela / Siti F. S Ramadhanti, Yulfira Barkah / Jauza Fadhila Sugiarto, Andika Ramadiansyah / Bunga F. Romadhini, Renaldi Samosir / Hediana Julimarbela, Rehan N. Kusharjanto / Lisa A. Kusumawati, Andrei Adistia / Adi Pratama, Aurum Oktavia Winata, Bening Sri Rahayu, dan Andrei Adistia / Maria Febe Kusumastuti.

Beberapa wakil Indonesia yang harus menjalani babak kualifikasi terlebih dahulu sebelum akhirnya melaju ke babak selanjutnya diantaranya adalah Karono yang menjadi wakil dari tunggal putra. Kemudian ada pasangan Pramudya Kusumawardana Riyanto / Yeremia Erich Yoche Yacob dan pasangan Andrei Adistia / Adi Pratama di sektor ganda putra, dan Aurum Oktavia Winata serta Bening Sri Rahayu di sektor tunggal putri.

Karono menjadi satu – satunya wakil Indonesia di sektor tunggal putra yang harus melalui babak kualifikasi terlebih dahulu sebelum menuju ke babak pertama. Di babak kualifikasi pun Karono harus menjalani dua laga pertemuan dikarenakan kualifikasi untuk tunggal putra hanya diperuntukjan bagi 4 pemain dari 32 pemain yang ikut serta.

Babak kualifikasi pertama Karono akan berhadapan dengan wakil Rusia, Pavel Kotsarenko. Pertemuan di Orleans Masters 2019 ini akan menjadi laga pertama keduanya. Secara rangking keduanya tidak terpaut cukup jauh. Karono dan Pavel sama – sama berada di rangking 300an dunia. Karono saat ini di rangking 393 sedangkan lawannya di rangking 366.

Pertemuan pertama ini tampaknya Karono berada dalam kondisi yang fit. Karono berhasil memenangkan pertandingan dua set langsung dengan skor 21 – 8 dan 21 – 19. Babak pertama Karono sangat menguasai jalannya permainan. Diawal babak keduanya saling kejar mengejar angka. Hingga saat keduanya mencapai poin 6, kejar – mengejar angka terhenti dan Karono terus melesak dengan mengumpulkan poin – poin meninggalkan Pavel yang bahkan masih berada di poin 6 saat Karono sudah mencapai poin  17. Pavel berhasil menambah  dua poin namun poin Karono sudah sangat jauh untuk dikejar. Karono pun memenangkan babak pertama.

Babak kedua agak menyulitkan keadaan Karono di lapangan. Sang lawan benar – benar kembali dengan performa terbaiknya. Sejak awal babak kedua Pavel sepertinya tidak ingin mengulang kesalahannya dibabak pertama. Kejar – mengejar angka kembali terjadi. Keduanya tidak membiarkan poin lawan terlalu jauh jaraknya. Namun keyakinan Karono memastikan dirinya lebih dulu unggul dengan menutup babak kedua dengan skor 21 – 19. Selanjutnya Karono akan menjalani babak kualifikasi kedua dengan bertemu pemain asal Cina Taipei, Chen Chi Ting.