Pasca Turnamen New Zealand Open 2019, Peringkat Pemain Indonesia Naik

Pasca Turnamen New Zealand Open 2019, Peringkat Pemain Indonesia Naik

Jonatan Christie baru saja mendapatkan gelar BWF pertamanya pascamemenangkan turnamen New Zealand Open 2019 lalu. Di babak final Jonatan mengalahkan Ng Ka Long Angus asal Hong Kong yang secara head to head unggul jauh.

Kemenangan Jojo, sapaan akrab Jonatan, di turnamen Super 300 tersebut berimbas pada poin dan peringkatnya di BWF. Selasa (07/05/2019) BWF kembali merilis peringkat para pemain yang menjadi agenda mingguannya.

Jonatan yang pekan sebelumnya masih berada di peringkat 9, pekan ini merangkak naik ke posisi 8. Menggeser posisi Srikanth Kidambi asal India dan berada tepat di bawah Anthony Sinisuka Ginting.

Perolehan poin Anthony, Jonatan dan Srikanth hanya beda ratusan poin. Ketiganya masih akan susul – menyusul tergantung pencapaian mereka di tiap turnamen yang diikuti.

Sementara itu dari sektor lainnya beberapa pemain Indonesia pun turut mengalami perubahan peringkat pascaturnamen New Zealand Open 2019. Di sektor tunggal putri, ada Gregoria Mariska Tunjung yang seperti hal Jonatan juga naik satu peringkat ke posisi 16 dengan perolehan poin 50,790.

Dari sektor ganda putra tidak ada perubahan sama sekali. Posisi Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto masih tetap seperti pekan lalunya.

Hal yang terjadi pada sektor ganda putri. Semua pasangan masih berada di posisi yang sama seperti pekan lalu. Pasangan Greysia Polii / Apriyani Rahayu yang absen di New Zealand Open 2019 lalu pun tidak mengalami perubahan peringkat.

Hal yang berbeda terjadi di sektor ganda campuran. Tiga pasangan ganda campuran andalan Indonesia menunjukkan hasil yang positif di pekan ke 19 ini. Ketiganya berhasil naik satu peringkat.

Pasangan Rinov Rivaldy / Pitha Haningtyas Mentari yang pekan sebelumnya berada di peringkat 19, kini naik ke peringkat 18 dengan perolehan poin 44,320. Sementara itu pasangan Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti yang berhasil menjadi runner up New Zealand Open 2019 berada di peringkat 8 setelah sebelumnya  di peringkat 9.

Sementara itu pasangan Hafiz Faizal / Gloria Emanuelle Widjaja yang berhasil mencapai babak semifinal New Zealand Open 2019 berhasil menambah perolehan poin mereka menjadi 61,610. Hafiz / Gloria naik satu peringkat ke posisi 6.

Seandainya saja di babak semifinal Hafiz / Gloria berhasil mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon / Goh Liu Ying maka keduanya akan bertemu Praveen / Melati di babak final. Hal ini tentunya akan berdampak pada perolehan poin keduanya. Walaupun memang perolehan poin tersebut tidak menggeser posisi keduanya ke peringkat 5 karena perbedaan poin antara posisi 5 dan 6 cukup jauh.

Saat ini para pemain tengah disibukkan latihan untuk persiapan ajang yang ditunggu – tunggu tahun ini, TOTAL BWF Sudirman Cup 2019. Ajang berkategori  Grade 1 – Team Tournaments ini akan digelar Nanning, Cina pada 19 hingga 26 Mei mendatang.