Perpanjang Kontrak, Iker Casillas Berencana Pensiun Di Porto

Iker Cassilas berperan penting dalam kesuksesan Porto musim ini

Mantan punggawa timnas Spanyol yang sekarang membela FC Porto, Iker Casillas, menandatangani perpanjangan kontrak baru selama 2 tahun yang akan mengikatnya sampai tahun 2021.

Penjaga gawang yang membukukan rekor 167 penampilan bersama tim nasional Spanyol akan menginjak usia 38 tahun bulan Mei mendatang. Dengan tambahan 2 tahun kontrak, membuat Casillas akan bertahan hingga umur 40 tahun di Porto. Hal inilah yang membuatnya memutuskan untuk pensiun di klub yang menjadi singgahan terakhir setelah meninggalkan Real Madrid.

Karir Iker Casillas sebagai pesepakbola professional tidak seperti pemain bintang kebanyakan yang didiringi dengan segala isu dan gossip yang menerpa.

Lahir di Mostoles, salah satu komunitas di Madrid, 20 Mei 1981, Casillas kecil menimba ilmu sepakbola di akademi Real Madrid tahun 1990 sampai debut professionalnya tahun 1999. Sepanjang karirnya bersama El Real, tak banyak berita miring menghinggapi dirinya sampai berganti seragam FC Porto.

Iker Casillas yang dipertimbangkan sebagai salah satu penjaga gawang terbaik sepanjang masa mendapat julukan ‘San Iker’ atau Saint Iker karena kemampuannya mempertunjukkan penyelamatan spektakuler.

Selain kemampuan yang membuatnya mendapat julukan tersebut, Casillas juga terkenal dengan kemampuan atletisnya, reaksi cepat dalam memprediksi dan menghalau serangan lawan serta kemampuan menghentikan tembakan, terutama tembakan penalti.

Berseragam Real Madrid hingga 16 musim sebelum memutuskan pindah, Casillas merupakan salah satu legenda hidup Madrid dengan rekor penampilan kedua terbanyak dibawah sang legenda, Raul Gonzalez, dengan 725 penampilan di semua kompetisi.

Cassilas memenangi 5 gelar La Liga, 2 gelar Copa del Rey, 4 gelar Supercopa de Espana, 3 gelar Liga Champions, 2 gelar Piala Super Eropa, 1 gelar Piala Interkontinental dan Piala Dunia antar klub selama membela Real Madrid.

Musim ini Cassilas bermain luar biasa untuk Porto, membantu timnya menempel ketat sang pemuncak klasemen sementara, Benfica, dengan 8 laga sisa dan memuluskan langkah Porto menuju perempat final Liga Champions untuk manghadapi Liverpool.

“Hari ini adalah hari yang sangat spesial. Saya merasa berada di rumah. Saya ingin berada disini sampai saya mengakhiri karir sepakbola professional saya.” Pernyataan Casillas setelah perpanjangan kontrak.

Casillas menambahkan “Pikiranku hanya berada di FC Porto. Saya akan menghabiskan karir saya disini dan mempersempahkan nilai klub dan pendukung setia Porto. Setelah itu, sebenarnya saya tidak tahu, tetapi saya berharap akan masih terikat dengan dunia sepakbola.”