Profil Damir Skomina, Wasit Final Liga Champions Yang Kontroversial

Kompetisi kasta teratas benua biru telah mencapai partai pamungkasnya, dua tim papan atas Eropa yakni Liverpool dan Tottenham Hotspur rencananya bakal bertemu di partai final. Laga penentuan sendiri nantinya akan dihelat di estadio Wanda Metropolitano, markas Atletico Madrid Sabtu (2/6) waktu setempat atau Minggu dinihari waktu Indonesia.

Banyak hal-hal menarik tersaji di sepanjang perhelatan liga champions musim ini, dari mulai klub-klub raksasa yang harus angkat kaki lebih cepat hingga banyaknya comeback yang dilakukan oleh beberapa tim. Tahun ini juga merupakan putusnya dominasi Real Madrid di benua biru, sebab 3 tahun terakhir kompetisi tahunan tersebut selalu dikuasai tim asal ibukota Spanyol itu.

Selain pemilihan stadion final yang jatuh ke kota Madrid, Spanyol rupanya wasit yang akan memimpin laga final pun telah ditentukan. Peran pengadil dalam mengawal jalannya pertandingan pastinya sangat krusial, keputusannya harus netral supaya tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Wasit final liga champions musim ini dikabarkan memiliki riwayat kontroversial, baik bagi Liverpool maupun Tottenham Hotspur.

Damir Skomina Dinilai Rugikan Liverpool

Rekam Jejak Damir Skomina Yang Kontroversial
Rekam Jejak Damir Skomina Yang Kontroversial

Wasit asal Slovenia tersebut beberapa kali terlihat keputusannya sedikit merugikan The Reds. Entah ia kesal atau memang memiliki dasar kuat untuk membuat keputusan. Rekam jejaknya saat sedang memimpin pertandingan The Reds selalu menuai hasil buruk bagi armada Jurgen Klopp, bahkan di 5 pertandingan terakhir Liverpool yang dipimpin Skomina 4 diantaranya menghasilkan kekalahan untuk publik Anfield.

Sementara 1 pertandingan sisa mampu dimenangkan Liverpool dengan skor tipis 1-0 atas Napoli beberapa waktu lalu. Ditambah keputusannya saat memimpin pertandingan PSG kontra Manchester United saat babak 16 besar lalu dinilai kontroversial. Pemberian hadiah penalti kepada MU dikecam banyak orang, publik menilai jika alasan sang wasit untuk menunjuk titik putih tidak benar.

Melihat statistik tersebut, Liverpool tentunya merasa khawatir. Mereka berharap agar sang wasit dapat bertindak objektif. Jangan sampai keputusan salah yang Skomina buat berdampak pada nihil gelar Liverpool musim ini.

Skomina Juga Tidak Memihak Tottenham

Bukan berarti merugikan Liverpool, Skomina lebih condong ke Tottenham. The Lilywhites pun sama, selalu menuai hasil buruk di liga champions pada saat pertandingan dipimpin sang wasit. Total, pasukan Mauricio Pochettino telah memainkan 3 laga dengan Skomina menjadi pengadilnya. Dari tiga laga tersebut, tak sekalipun Tottenham memperoleh kemenangan. Mereka harus menelan 1 kali kekalahan dan 2 hasil imbang.

Namun, bukan berarti seluruh keputusan yang dibuat Skomina itu merugikan tim banyak keputusan pentingnya yang akurat. Skomina juga termasuk wasit professional, ia sudah berkecimpung di dunia sepakbola sejak lama. Kita nantikan saja bagaimana kepemimpinannya di partai final nanti.