Profil Tim Liga 1, Kalteng Putra: Kuda Hitam Kalimantan yang Siap Tebar Ancaman

Sepakbola Kalimantan bisa dikatakan memang cukup memiliki kekuatan yang besar di pesepakbolaan Indonesia, setelah Mitra Kukar dipastikan terdegradasi musim ini, tak butuh waktu lama untuk hadirnya sang pengganti, karena berbarengan dengan itu Kalteng Putra, tim asal Kalimantan lainnya pun berhasil promosi ke kasta tertinggi kompetisi Indonesia musim depan.

Kalteng Putra sendiri sukses promosi ke Liga 1 usai berhasil finish sebagai juara tiga Liga 2 musim lalu, dimana saat perebutan posisi ketiga mereka mengalahkan tim asal pulau Jawa, Persita Tangerang. Meski sempat diterpa isu pengaturan skor, namun Kalteng tetap sah melaju sebagai tim promosi.

Meskipun mereka hanyalah tim promosi musim depan, akan tetapi daya ancaman yang mereka tebar tidak main main. Karena dari mulai manajemen hingga susunan pemain serta staff kepelatihan, tim ini punya modal lebih dari cukup untuk menjelma sebagai tim kuat Indonesia.

Performa Kalteng Putra

Meskipun finish sebagai tim peringkat ketiga Liga 2 musim lalu, akan tetapi potensi yang ditebarkan Kalteng dinilai lebih berbahaya dari 2 klub promosi lainnya, yakni Semen Padang, dan PSS Sleman.

Kalteng Putra tampil gemilang di Piala Presiden 2019 dengan lolos hingga semifinal
Kalteng Putra tampil gemilang di Piala Presiden 2019 dengan lolos hingga semifinal

Hal ini bisa dilihat pada saat ajang Piala Presiden 2019 yang lalu, dimana klub asa Palangkaraya ini tampil mengejutkan dengan sukses lolos hingga babak semifinal. Saat itu tergabung di grup berat bersama Persipura, PSM, dan PSIS Semarang, Kalteng justru berhasil lolos dari kepungan tim besar tersebut.

Pada babak perempatfinal mereka pun bertemu dengan klub besar lainnya, yakni juara bertahan Persija Jakarta. Bermain tandang, klub asuhan Gomes de Olviera ini di luar dugaan mampu kalahkan Persija lewa adu penalti. Ini adalah capaian luar biasa melihat Persija adalah klub yang sulit dikalahkan bila bermain di hadapan para supporternya.

Komposisi Pemain Kalteng Putra

Kendati hadir sebagai tim promosi akan tetapi dengan dukungan finansial besar dari sang pemilik, yang merupakan seorang bos tambang, membuat Kalteng pun dengan mudahnya datangkan pemain pemain bintang.

Untuk bagian pertahanan, Kalteng memilik penjaga gawang berpengalaman Dimas Galih yang tampil gemilang di Piala Presiden yang lalu. Sedangkan untuk pos defender ada dua nama bintang yakni Bobby Satria dan OK John yang siap perkokoh lini belakang Kalteng.

Pada tengah lapangan, kekayaan skuad ditunjukan Kalteng dengan sejumlah pemain muda potensial yang didukung pemain bintang yang cukup senior. Nama nama seperti Rizki Febrianto dan Fajar Handika akan mendapat bantuan dari dua bintang, Yoo Hyun-Goo dan I Gede Sukadana.

Patrich Wanggai akan jadi salah satu pemain tumpuan di lini depan
Patrich Wanggai akan jadi salah satu pemain tumpuan di lini depan

Pada lini depan duet Diogo Campos dan Patrich Wanggai yang dilengkapi dengan si lincah Ferinando Pahabol kian membuat tim ini sangat berbahay. Ditambah polesan eks pelatih Persipura, Gomes de Oliviera, menarik untuk dinantikan klub promosi yang satu ini di Liga Indonesia musim yang akan datang.