Resmi, F1 GP Monako dan GP Azerbaijan 2020 Ditunda

Formula 1.com
Ajang Formula 1

Virus Corona menjadi masalah serius bagi seluruh warga dunia. Adanya virus ini membuat semua aktivitas sangat dibatasi. Dampak lain juga terasa di dunia olahraga terutama pada dunia Formula 1 yang tengah bergulir beberapa waktu lalu. Memasuki gelaran race ketujuh yang rencananya diadakan di Monte Carlo, Monako harus terpaksa ditunda akibat wabah virus Corona. Sedianya ajang balap mobil ini akan digelar pada 8-10 Mei 2020 besok. Akan tetapi, belum adanya kepastian tentang kapan wabah virus Corona ini akan berakhir membuat pihak penyelenggara harus menunda terlebih dahulu turnamen ini.

Sempat beberapa waktu lalu penyelenggaraan F1 yang ada di Monako mendapatkan ancaman dari virus Covid 19 ini. Pasalnya kepala negara Monako Pangeran Albert II, ikut tertular COVID-19. Dengan adanya kasus ini membuat pihak penyelenggaran GP Monako, Automobile Club de Monaco (ACM) memutuskan untuk membatalkan balapan F1 di sana untuk musim 2020. Berbagai pertimbangan juga menjadi persoalan pihak penyelenggara GP Monako. Karena belum adanya kesiapan dari berbagai tim yang akan mengikuti ajang tahunan ini. Selain itu, ketersediaan sukarelawan dan pekerja sirkuit turut membuat penyelenggaraan harus melakukan langkah konkrit supaya bisa menghindari penyebaran virus Corona ini.

Pertimbangan Beberapa Pihak

Menurut pernyataan resmi ACM seperti dilansir detikNews.com ( 23/3/2020) Berdasarkan pertimbangan dengan seksama tentang gawatnya krisis dunia saat ini, dengan menyesal Dewan Direksi Automobile Club de Monaco mengambil keputusan untuk membatalkan Grand Prix De Monaco Historique ke-12 (8-10 Mei 2020) dan Grand Prix Monaco Formula 1 ke-78 (21-24 Mei 2020),” begitu isi pernyataan yang disampaikan ACM, dilansir dari laman resmi F1. Dengan pembatalan ini menjadi pembatalan pertama kali penyelenggaraan F1 yang secara perdana di sejak tahun 1955 setelah menjadi arena race pada tahun 1929. Selain, ajang F1 ini ada juga ajang yang dibatalkan yaitu Grand Prix De Monaco yang sedianya juga akan dihelat sebelum F1 GP Monako bulan Mei. GP MONAKO juga menjadi race kedua yang dibatalkan setelah GP Australia musim ini. Rencananya race pembuka akan dilakukan di Azerbaijan pada bulan Juni besok.

Penundaan Penyelenggaraan Ajang F1 Di Azerbaijan

Pembatalan juga terjadi pada sirkuit penyelenggaraan Formula 1 pada musim ini. Dimana Grand Prix yang ada di Azerbaijan juga mengalami penundaan terkait Corona. Seperti yang dilansir oleh situs resmi F1 ( 23 /3/2020) mengatakan GP Azerbaijan tidak bisa mengadakan di sirkuit Baku City tepat waktu. Sedianya ajang Formula 1 yang akan diselenggarakan di Azerbaijan ini akan diselenggarakan pada 7 Juni mendatang. Keputusan ini diambil setelah 4 hari berselang setelah pernyataan resmi terkait pembatalan GP Monako. Secara total penyelenggaraan F1 yang harus ditunda sebanyak delapan balapan karena ada kasus virus Corona. Sementara balapan yang belum mengalami penundaan yaitu pada GP kanada yang rencananya akan digelar pada 14 Juni 2020 mendatang.