Virus Corona Melanda, BWF Tunda Kejuaraan Piala Thomas dan Uber 2020

Indosport.com
Piala Thomas dan Uber cup 2020

Dampak Virus Corona bukan hanya dirasakan oleh perekonomian dunia saja. Tapi, virus ini juga dirasakan oleh olahraga terutama dunia bulutangkis. Kejuaraan dunia yang akan diselenggarakan pada tahun 2020 ini harus ditunda dengan adanya virus Corona. Salah satu Kejuaraan bergengsi bulutangkis Piala Thomas dan Uber cup 2020 harus terpaksa diundur untuk sementara waktu. Kompetisi yang sedianya akan digelar bulan Mei akan diundur bulan Agustus ini harus rela menunggu wabah virus Corona sepenuhnya hilang. Piala Thomas dan Uber 2020 rencananya dijadwalkan tanggal 16 sampai 24 Mei 2020 yang akan dilaksanakan di Denmark.

Namun adanya wabah Corona ini membuat jadwal yang seharusnya tepat waktu harus meleset dari perkiraan jadwal yang seharusnya. Federasi Bulutangkis dunia ( BWF) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi bergengsi ini pada bulan Agustus tepatnya tanggal 15 sampai 23 Agustus 2020. Keputusan ini diambil setelah berkonsultasi terhadap negara Denmark selaku penyelenggara Piala Thomas dan Uber cup tahun 2020.

Pertimbangan Menyelenggarakan Turnamen

Penundaan Piala Thomas maupun Uber cup 2020 tidak lepas dari banyaknya negara peserta yang mengalami dampak Virus Corona. BWF sebagai federasi Bulutangkis dunia berharap keputusan yang diambil dapat membuat pemain, pelatih maupun official dari negara peserta ikut mematuhi peraturan yang telah disepakati oleh BWF. Menurut Sekretaris BWF Thomas Lund seperti dilansir oleh detikNews.com ( 21/3/20) Pembatasan perjalanan serta karantina yang banyak diberlakukan membuat faktor logistik terhambat. Meski tak sabar untuk menggelar turnamen, kami lebih mengutamakan semua yang terkait dengan pandemi ini,” ujarnya.”Harapan kami untuk mengadakan turnamen ini di kemudian hari adalah yang pertama dan utama untuk semua orang yang terkena dampak pandemi ini di seluruh dunia,” jelasnya.

Beberapa Kejuaraan Ditunda

Selain kejuaraan Piala Thomas dan Uber Cup kejuaraan lainnya yang diadakan pada tahun ini yaitu Kejuaraan Bulutangkis Asia Tahun 2020 pun batal digelar. Turnamen yang sedianya pada tanggal 21-26 April di Filipina harus ditunda karena kurang kondusifnya kondisi Filipina yang harus lockdown akibat virus Corona. Menurut Presiden BAC Anton Subowo menunda turnamen bulutangkis Asia ini sampai waktu yang tidak ditentukan.

Pada awalnya kejuaraan bulutangkis Asia 2020 akan dilaksanakan di Wuhan China. Tapi, adanya virus Corona yang melanda negara tersebut maka harus dipindahkan ke Filipina. Anton Subowo menuturkan seperti dilansir oleh detikNews.com ( 20/3/2020) Kami sedang mencari alternatif tuan rumah lain namun di waktu yang akan ditetapkan. Dengan catatan situasi terkait COVID-19 sudah aman untuk menyelenggarakan turnamen,” ujar Anton Subowo.”Badminton Asia Confedaration akan memberikan informasi lebih lanjut tentang situasi ini secepatnya,” sambungnya