Shoppe Liga 1 2020 Dihentikan Sementara Hingga Kondisi Membaik

Liga.indonesia.co.id
Shoppe Liga 1

Berbagai liga di Eropa dan Asia terdampak adanya virus Corona yang kini semakin mengglobal. Sejak adanya virus tersebut aktivitas sepakbola dihentikan sementara sampai waktu yang tidak ditentukan. Begitupun dengan liga terbesar yang ada di Indonesia Shopee Liga 1 musim 2020. Kompetisi yang dimulai sejak bulan Maret lalu harus terkena imbas dari adanya virus Corona yang melanda dunia. Lewat federasi sepakbola Indonesia PSSI memutuskan untuk menangguhkan pertandingan kompetisi liga 1 maupun liga 2.

Meskipun liga 1 baru berjalan tiga pekan dan liga 2 baru berjalan. Keputusan PSSI tentunya menjadi pilihan untuk melindungi kesehatan pemain-pemain bola tanah air. Hal itu tertuang pada surat arahan dari Ketua PSSI Mohammad Iriawan kepada pelaksanaan kompetisi liga 1, liga 2 dan liga 3 PT.Liga Indonesia Baru tertanggal 18 Maret 2020. “Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara waktu dihentikan,” kata Iwan Bule dalam surat yang ditujukan untuk Direktur PT LIB.

Kompetisi Sepakbola Indonesia Dihentikan Sementara

Sebelumnya PSSI bersama PT LIB sudah memutuskan untuk menangguhkan kompetisi liga 1 dan liga 2 selama dua pekan. Sudah hampir dua minggu pecinta sepakbola harus puasa untuk tidak menonton kompetisi terbesar tanah air. Meskipun begitu penyebaran virus Corona semakin meluas di Indonesia. Tercatat sudah ada 450 orang terkena penyakit menular ini sejak Februari lalu. Ada 38 orang meninggal dunia, dan 20 orang bisa sembuh dari virus yang ditemukan di Wuhan, China akhir tahun 2019. Terkait adanya penghentian kompetisi Shopee Liga 1 PSSI dan PT LIB memberikan arahan kepada klub pada Senin 16/3/2020 lalu. Menurut wakil ketua PSSI cucu Sumantri mencontohkan beberapa kompetisi yang harus dihentikan pada bulan ini dikarenakan alasan serupa.

Demi Keselamatan Pemain Sepakbola

Cucu Sumantri mengatakan keputusan ini diambil demi keselamatan bersama. Menurut Cucu Sumantri seperti dilansir detikNews (17/3/2020) Beberapa negara tetangga sudah membuat aturan tegas. Kompetisi sepakbola di Thailand dan Malaysia sudah dihentikan untuk sementara,” kata Cucu Somantri dalam rilis PSSI.”Begitu juga dengan kompetisi elite di Jepang, Korea Selatan, dan China. Mari kita mempertimbangkan segala putusan dan kesepakatan bersama dengan menilik dan memilah segala resikonya,” ujarnya menambahkan.

Dengan rehatnya kompetisi Shopee Liga 1 dan liga 2 membuat PSSI dan PT LIB sebagai operator berupaya bersatu untuk mengatasi virus Corona di dunia sepakbola tanah air. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam berjalanya kompetisi Shopee Liga 1 dan liga 2 ditengah adanya Corona virus yang masih mengintai. Seperti diketahui kompetisi akan dihentikan sementara selama dua Minggu kedepan. Namun, PSSI maupun PT LIB belum mau berkomentar setelah masa rehat apakah kompetisi akan berjalan atau menunggu instruksi dari pemerintah.