Resmi, Mats Hummels Kembali Ke Dortmund

Bek asal Jerman milik Bayern Munchen yakni Mats Hummels secara resmi akan berganti kostum musim depan. Pemain berusia 30 tahun itu akan kembali untuk memperkuat Borussia Dortmund setelah kedua kubu mencapai kesepakatan pada hari Rabu (19/6). Bahkan Die Borussen telah mengumumkan pada laman media sosial klub terkait kedatangan Hummels.

Mats Hummels memang dinilai sebagai bek tangguh yang kaya akan pengalaman, kemampuan bertahannya di atas rata-rata pemain lainnya. Terlebih postur badannya yang tinggi besar semakin menambah kesan ideal untuknya berada di posisi belakang. Meskipun tergolong telah memasuki usia senja bagi pemain sepakbola, namun performanya tidak dapat diragukan.

Hummels sendiri sebenarnya sempat berseragam Borussia Dortmund selama 8 tahun. Dari situ lah namanya mulai dikenal, ia sering memenangkan trofi-trofi bergengsi bersama Die Borussen. Sebelum akhirnya ia pergi ke klub yang pernah ia bela juga yaitu Bayern Munchen di tahun 2016 lalu. Bersama Bayern kariernya semakin menanjak, Hummels memenangkan trofi juara bundesliga 3 kali secara beruntun.

Mats Hummels Secara Resmi Kembali Ke Dortmund
Mats Hummels Secara Resmi Kembali Ke Dortmund

Dengan datangnya Mats Hummels ke Signal Iduna Park pastinya semakin menambah kekuatan skuat klub yang dilatih Lucian Favre tersebut. Pengalaman Hummels juga diharapkan bisa menular kepada bek-bek muda Dortmund lainnya, ia nantinya akan bersaing dengan Manuel Akanji, Axel Zagadou, Abdou Diallo, serta Leonardo Balerdi.

Bayern Munchen Mengkonfirmasi

Tak hanya Borussia Dortmund yang mengumumkan rampungnya transfer Hummels, Bayern Munchen pun mengkonfirmasi kepergian bek Jerman tersebut. Mereka menyebut jika saat ini sang pemain hanya tinggal melakukan tes medis saja untuk kemudian dapat bermain untuk publik Dortmund.

“Mats Hummels akan kembali ke Borussia Dortmund, FC Bayern dan BVB menyetujui kesepakatan untuk transfer bek tengah dengan biaya yang tidak diungkapkan pada hari Rabu. Pemain berusia 30 tahun yang sebelumnya bermain untuk Dortmund antara 2008 dan 2016. Langkah ini tergantung pada penyelesaian medis Hummels.” Demikian pernyataan dari pihak Bayern.

Melihat pernyataan di atas, biaya transfer memang masih dirahasiakan sampai saat ini. Namun, menurut media Jerman mahar yang harus dibayar Dortmund kepada Bayern Munchen adalah kurang lebih senilai 38 juta euro dan ia akan dikontrak selama 3 tahun.

Hummels memang tidak bisa menampilkan performa terbaiknya musim lalu lantaran cedera sering membekapnya. Untuk itu, Bayern Munchen bersedia melepasnya ke Dortmund, selain itu kedatangan bek Atletico Madrid yakni Lucas Hernandez ke Allianz Arena tentu akan menggeser posisinya sebagai starter. Menarik untuk dinantikan, apakah ia akan menambah kuat lini pertahanan Borussia Dortmund.