Resmi, Matthijs De Ligt Bergabung Dengan Juventus

Teka-teki terkait klub mana yang menjadi pelabuhan berikutnya Matthijs De Ligt terjawab sudah, raksasa Italia Juventus secara resmi mendatangkan bek Ajax Amsterdam tersebut pada musim panas ini. Melalui laman resmi klub, si nyonya tua mengumumkan kepastian transfer ini. De Ligt diikat kontrak selama 5 tahun atau hingga 30 Juni 2024 mendatang.

Sementara untuk mahar transfernya sendiri, Juventus setidaknya harus mengeluarkan dana sebesar 75 juta euro untuk mendapatkan tandatangan pemain timnas Belanda tersebut. Skema pembayarannya sendiri nantinya Bianconeri akan mencicil selama 5 tahun dan dengan tambahan biaya senilai 10,5 juta euro.

Matthijs De Ligt Sepakat Gabung Juventus Musim Panas Ini
Matthijs De Ligt Sepakat Gabung Juventus Musim Panas Ini

Sebelumnya, De Ligt telah tiba di Turin pada hari Rabu (17/7) waktu setempat untuk menjalani tes medis. Hanya saja, peresmian transfernya baru diumumkan ke publik sehari setelahnya. Nantinya, De Ligt bakal mengisi pos pertahanan Juventus dimana ia akan diplot sebagai starter menggantikan salah satu bek si nyonya tua saat ini. Musim lalu, ia tampil bersinar bersama Ajax meskipun usianya masih sangat muda tetapi sikap profesionalitasnya di atas lapangan membuatnya dipercaya sebagai kapten Ajax.

Rekrutan Ketujuh

Tercatat, hingga saat ini Matthijs De Ligt menjadi pembelian ketujuh Juventus pada bursa transfer musim panas ini. Sebelumnya, juara Serie A musim lalu itu terlebih dulu mendatangkan Gianluigi Buffon, Adrien Rabiot, Aaron Ramsey, Luca Pellegrini, Merih Demiral, dan Cristian Romero. Hal ini memperkuat statement jika Juventus tengah membangun proyek besar-besaran untuk membantu tim meraih gelar Eropa, bukan hanya sebatas trofi domestik saja.

Bek Termahal Di Dunia

Didatangkan dari Ajax dengan biaya mencapai 75 juta euro ditambah bonus 10,5 juta euro menasbihkan De Ligt sebagai bek termahal di dunia untuk sementara ini. Ia menggeser posisi yang sebelumnya ditempati oleh rekan senegaranya yakni Virgil Van Dijk. Saat dibeli oleh Liverpool dari Southampton setahun lalu, Van Dijk dilabeli harga 84 juta euro.

Selain itu, De Ligt juga menempati posisi sebagai pemain Belanda termahal. Harga mantan pemain Ajax itu bahkan 10 juta euro lebih tinggi dibandingkan dengan Frenkie De Jong yang dibeli Barcelona di musim panas ini.

Dengan status bek termahal pastinya membuat publik penasaran dengan skill yang dimiliki De Ligt, akankah ia semakin bersinar bersama Juventus atau hanya menjadi rekrutan mahal yang gagal. Menarik untuk dinantikan kiprah pemuda yang satu ini di pentas Serie A.