Robert Pires : Arsenal Butuh Pemain Asal Inggris Untuk Mengangkat Mentalitas Arsenal

Robert Pires : Arsenal Butuh Pemain Asal Inggris Untuk Mengangkat Mentalitas Arsenal

Mantan gelandang Arsenal Robert Pires yakin the Gunners butuh pemain Inggris di skuat mereka untuk membantu mengangkat mentalitas mereka. Arsenal tidak menunjukkan performa yang membaik yang membuat karir Unai Emery dipertanyakan.

Namun yang menjadi topik pembahasan banyak orang adalah hubungan antara Granit Xhaka dan fans Arsenal. Xhaka, yang sempat dipercaya sebagai kapten tim, dicemooh oleh fans Arsenal setelah berlama-lama saat di luar lapangan ketika Arsenal bermain imbang melawan Crystal Palace.

Xhaka meresponnya dengan mengeluarkan kata-kata tidak pantas kea rah fans Arsenal dan membuka baju sebelum menuju ke ruangan. Hal ini semakin menambah kekisruhan di tubuh Arsenal. Efek dari hal tersebut Xhaka kemudian dicopot dari posisi kapten tim dan ban kapten beralih ke Pierre-Emerick Aubameyang.

Hal ini berdampak pada mentalitas tim Arsenal yang akhirnya dipertanyakan. Banyak pihak yang bertanya-tanya apakah Arsenal mampu bangkit dari periode negatif ini.

Pires, yang menghabiskan enam tahun membela Arsenal sejak 2000 – 2006 lalu, meyakini Arsenal akan kembali bangkit jika memiliki pemain Inggris dalam susunan pemainnya.

“Arsenal butuh banyak hal dalam tim,” ungkap Pires pada The Athletic seperti dikutip dari Squawka.

“Fisik, teknik, beberapa pemain yang cerdas, dan tentu Arsenal juga butuh kepemimpinan, dan para pemain asal Inggris.”

“Para pemain asal Inggris dibutuhkan karena kita saat ini berada di Inggris dan tak ada pemain yang tubuh dengan mentalitas seperti ini.”

“Arsenal butuh pemain yang lahir di Inggris. Sangat menyenangkan jika menemukan negara baru tapi untukku saat anda bermain di Inggris maka anda membutuhkan para pemain asal Inggris.”

“Waktunya memang berbeda. Namun saya pernah bermain bersama David Seaman, Lee Dixon, Tony Adams, Martin Keown, Ashley Cole Ray Parlour.

“Kita membicarakan tentang enam pemain asal Inggris dalam satu tim. Kita butuh pemain yang seperti mereka.”

“Tentu saja saya menghormati filosofi Arsenal namun kita saat ini berada di Premier League dan semakin sulit tiap minggunya.”

Sejauh ini Arsenal telah memberikan kesempatan untuk bermain pada Calum Chambers, Ainsley Maitland-Niles, Joe Willock, Bukayo Saka, Reiss Nelson dan Rob Holding diantara para pemain asal Inggris mereka.

Namun hanya Chambers dan Maitland-Niles yang telah bermain di hampir setengah laga dometik Arsenal musim ini – masih kalah dari Pires saat masih bersama Arsenal.

Pada intinya Robert Pires menganggap penting adanya para pemain asal Inggris yang dipercaya untuk bermain lebih sering dalam setiap laga Arsenal. Menurutnya para pemain asal Inggris memiliki mental yang berbeda apalagi mereka bermain di Premier League yang tentu saja kental akan gaya bermain dan mental bermain ala Inggris.