Yamaha Kuasai 5 Besar Pebalap Tercepat di Tes Hari Ketiga Sirkuit Losail Moto GP

motogp.com

Hari ketiga tes Moto GP jelang laga perdana balapan di Sirkuit Losail International resmi berakhir kemarin. Tes hari ketiga ini merupakan rangkaian tes Moto GP yang telah dimulai sejak tanggal 23 Februari lalu.

Tes hari ketiga kemarin menjadi hari yang gemilang untuk tim Yamaha. Tim Yamaha berhasil menempatkan tiga pebalapnya dalam posisi 5 besar tercepat. Mereka adalah Maverick Vinales, Fabio Quatararo dan Valentino Rossi.

Maverick Vinales berhasil menduduki posisi pertama sebagai pebalap tercepat di sesi tes pramusim hari ketiga kemarin dengan mencatatkan raihan waktu 1 menit 54.208 detik. Menyusul dibelakangnya adalah rekan sesama Yamaha yaitu Fabio Quartararo yang hanya beda 0.233 detik dengan Vinales. Valentino Rossi berhasil memastikan posisi keempat dengan mencatatkan waktu 1 menit 54.651 detik. Catatan waktu Valentino Rossi hanya berbeda sepersekian detik dari Juara Dunia 2018, Marc Marquez, yang berada di posisi ketiga.

Performa 3 pebalap Yamaha ini tentunya merupakan kabar baik bagi tim Yamaha sendiri. Setelah sebelumnya di tes pramusim di Sirkuit Sepang Malaysia performa tim Yamaha belum terlalu cemerlang walaupun Maverick Vinales sendiri menampilkan kinerja yang cukup baik di tes pramusim Malaysia lalu.

Fabio Quartararo sendiri memberikan hasil yang mengejutkan setelah sebelumnya pada tes hari kedua juga berhasil tampil sebagai pebalap tercepat ketiga. Hingga akhirnya menempati posisi kedua di sesi tes hari terakhir kemarin.

Capaian paling signifikan ditunjukkan oleh pebalap senior, Valentino Rossi, yang berhasil melaju ke posisi keempat setelah sebelumnya di tes hari kedua hanya berhasil menempati posisi kesembilanbelas. Jauh terpuruk di belakang.

Sehari sebelum pada akhir tes hari kedua, Valentino Rossi, sempat mengeluhkan capaian kecepatan tunggangannya. Rossi yang berada pada posisi kesembilan di tes hari kedua sempat bermasalah dengan kecepatan motor balapnya yang hanya sampai 334.3 km/h (207.7 mph). Dirinya menyatakan bahwa kecepatan motornya sedikit tertinggal jika dibandingkan motor lawannya dari tim Honda, Marc Marquez dan Cal Crutchlow. Tim Honda berhasil mencatatkan kecepatan hingga mencapai 346.1 km/h (215.1 mph). 

Valentino Rossi juga menambahkan bahwa dirinya menyadari motornya agak lambat di lintasan lurus. Hal ini pernah dirasakan pada tes pramusim di Sirkuit Sepang lalu, namun tidak terlalu bermasalah. Namun tidak di Sirkuit Losail Qatar sendiri. Rossi merasakan perbedaan yang cukup signifikan di Sirkuit tersebut.

Lepas dari hal tersebut, pencapaian para pebalap Tim Yamaha di hari ketiga patut diacungi jempol. Maverick Vinales dan Fabio Quartararo konsisten dengan pencapaian mereka setelah sebelumnya keduanya menghuni posisi 3 besar di tes hari kedua. Sementara Rossi sendiri, terlepas dari masalah yang dihadapinya pada motornya, posisi keempat di hari ketiga membuktikan dirinya masih pantas untuk berlaga di lintasan.