8 Aturan Baru Liga Inggris di Musim 2019-2020

Aturan dalam kompetisi sepakbola selalu diperbaharui setiap beberapa tahun sekali, begitu juga yang dilakukan liga paling ketat di dunia yakni Premier League. Musim depan, liga Inggris mempunyai aturan baru yang harus dipatuhi oleh seluruh klub pesertanya. Melalui federasi sepakbola Inggris yaitu FA, mereka sudah mengumumkan kalau setidaknya ada 8 aturan di musim kompetisi 2019/2020 mendatang.

Sebagai liga dengan tingkat koefisien tertinggi pastinya Premier League tidak ingin ketinggalan dari liga-liga lainnya. Apalagi untuk urusan teknologi dalam dunia sepakbola, liga Inggris sedikit tertinggal. Contohnya penggunaan Video Assistant Referee (VAR), hingga saat ini Premier League belum menerapkannya berbeda dari liga lain yang sudah lebih dulu menggunakannya.

Aturan Baru Premier League Musim Depan
Aturan Baru Premier League Musim Depan

Namun, musim depan rencananya FA bakal menghadirkan VAR di setiap pertandingan. Dengan begitu, diharapkan keputusan wasit menjadi lebih adil meskipun sedikit menghilangkan unsur kontroversial dalam sepakbola. Berikut 8 aturan baru liga Inggris untuk musim 2019-2020 :

1.VAR

Seperti yang telah disinggung di atas, jika liga Inggris musim depan akan lebih menarik karena VAR bakal diterapkan. Walau banyak penentangan dari berbagai pihak yang memperkirakan jika VAR akan merusak gaya sepakbola Inggris. Namun FA tidak mempedulikannya, teknologi ini akan memperbaiki kesalahan fatal dan juga insiden yang luput dari pandangan wasit. Akan tetapi, keputusan tetap ada di tangan pengadil lapangan.

Tahun lalu, VAR sudah di uji coba di kompetisi seperti FA Cup dan Carabao Cup. Hasil dari uji coba tersebut diputuskan jika VAR memang diperlukan untuk mengawal liga Inggris musim depan.

2.Pergantian Pemain

Jika musim lalu pergantian pemain sah dilakukan jika pemain yang akan diganti menghampiri penggantinya terlebih dulu. Namun musim depan aturan tersebut sudah tidak berlaku, pergantian pemain akan lebih cepat dari biasanya. Pemain di lapangan tidak perlu lagi menghampiri pemain yang akan masuk, cukup keluar melalui garis lapangan terdekat maka pemain pengganti boleh langsung masuk ke lapangan. Aturan ini diberlakukan supaya mengantisipasi adanya penguluran waktu.

3.Pagar Betis

Premier League musim depan tidak boleh lagi ada pemain lawan yang mengisi slot pagar betis. Biasanya tujuan pemain tersebut adalah untuk mengganggu pagar betis supaya bergerak kesana-kemari. Musim depan tidak boleh ada lagi hal tersebut, pemain lawan harus berdiri agak jauh dari barisan pagar betis.

4.Handball

Liga Inggris musim 2019/2020 tidak lagi mentolerir adanya handball dengan kasus ketidaksengajaan, jika mengenai tangan maka akan langsung diputuskan tendangan bebas atau penalti. Peranan VAR juga berperan penting dalam situasi tersebut.

5.Penalti

Pada proses tendangan penalti, kiper tidak boleh lagi banyak berulah seperti bergerak kesana-kemari atau pun sekedar lompat-lompat kecil. Ia hanya diperbolehkan diam dengan satu kaki menyentuh garis gawang.

6.Tendangan Gawang

Musim depan tendangan gawang atau goal kick akan dipersingkat prosesnya. Bek tidak lagi harus menunggu bola keluar dari area 18 untuk menerima operan kiper, ia bisa langsung mengambil bola tersebut dan memulai skema penyerangan.

7.Drop Balls

Wasit tidak perlu mengundi tim yang berhak mendapatkan bola setelah permainan dihentikan sementara. Bola dapat langsung diberikan kepada tim yang menguasai bola terakhir kali.

8.Selebrasi

Seperti yang telah diterapkan sebelumnya, pemain yang melakukan selebrasi provokatif atau berlebihan berhak diganjal hukuman kartu kuning. Dengan adanya VAR, meskipun gol dianulir sementara pemain sudah terlanjur mendapatkan kartu kuning karena selebrasi berlebihan maka hukuman tersebut tetap berlaku.