Anthony Joshua Bereaksi Pada Komentar Tyson Fury Yang Memintanya Pensiun Jika Kalah Dari Andy Ruiz Jr.

Anthony Joshua Bereaksi Pada Komentar Tyson Fury Yang Memintanya Pensiun Jika Kalah Dari Andy Ruiz Jr.

Anthony Joshua tengah disibukkan dengan persiapannya menghadapi laga rematch kontra Andy Ruiz Jr. yang rencananya akan digelar di Arab Saudi pada 7 Desember mendatang. Pertemuan pertama keduanya Joshua harus rela menelan kekalahan TKO dari Ruiz Jr.

Persiapan laga rematch Joshua kontra Ruiz Jr. disibukkan dengan aktivitas konferensi pers dan promosi sana – sini. Di tengah kesibukannya tersebut, Joshua mendengar kabar berita jika Tyson Fury menasehatinya untuk segera pensiun dini jika dikalahkan oleh Ruiz Jr. kembali di laga rematch.

“Siapa dia hingga berani menasehati Saya ? Apakah dia yang membantuku terjun ke dunia tinju hingga bisa memintaku pensiun ? Tak seorang pun yang bisa memintaku untuk pensiun kecuali diriku sendiri. Seperti itulah aku melihat masalah ini.”

“Kecuali jika kau adalah seseorang yang membantuku masuk ke dunia tinju seperti teman lamaku yang membantuku di gym. Jika iya maka dia berhak memintaku pensiun. Jika bukan maka tidak seorangpun yang berhak memintaku pensiun.” Ujar Joshua menanggapi pernyataan Fury pada IFL TV

Joshua percaya jika dirinya mampu membalikkan keadaan apapun yang terjadi ketika dirinya bertemu Ruiz Jr. kembali di laga rematch keduanya. Joshua sepertinya tidak pernah memikirkan skenario akan kembali kalah dari Ruiz. Selain kekalahannya dari Ruiz, Joshua selama ini selalu merengkuh kemenangan di tiap laganya.

Mungkin Joshua tidak menyadari jika saat dirinya melawan Wladimir Klitschko dia dapat dengan mudah kalah saat itu. Seandainya saja Klitschko memutuskan untuk menghajarnya habis – habisan di ronde keenam Joshua mungkin saja kalah.

Hal yang sama pun bisa saja terjadi saat pertemuannya dengan Dillian Whyte. Seandainya Whyte saat itu tidak menderita cedera bahu di ronde kedua, Joshua kemungkinan akan menderita kekalahan.

Kenyataannya selain Fury, banyak pihak yang malah merekomendasikan Joshua untuk pensiun  jika ia kembali kalah dari Ruiz. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan Joshua saat ini. Hanya saja calon lawannya semakin berkualitas.

Terlepas dari reaksinya atas pernyataan Fury, Joshua sempat menyinggung jika Ruiz Jr. adalah petinju terbaik di kelas berat saat ini.

“Tidak ada alasan. Dia (Andy Ruiz Jr.) mengalahkanku, dan dia berhak atas semua hal yang dialaminya saat ini. Dia adalah juara terbaik saat ini di luar sana. Saya akan menantangnya, dan akan mendapatkan gelar juara lagi.”

Pernyataan Joshua sendiri tentang Ruiz Jr. tidak berdasar. Belum ada pembuktian siapa yang menjadi nomor satu di kelas berat saat ini. Ruiz Jr. memang salah satu yang  terbaik namun ia sendiri belum pernah berhadapan dengan juara WBC Deontay Wilder, Tyson Fury dan Dillian Whyte atau bahkan Oleksander Usyk.

Joshua sendiri telah banyak bersiap untuk laga rematchnya. Salah satunya adalah dengan melatih tubuhnya dan mengurangi massa ototnya. Langkah ini dianggap banyak pihak sangat tepat.