Anthony Joshua Disarankan Tidak Menggelar Pertandingan Rematch Kontra Andy Ruiz Jr. Dalam Waktu Dekat

Anthony Joshua Disarankan Tidak Menggelar Pertandingan Rematch Kontra Andy Ruiz Jr. Dalam Waktu Dekat

Mantan juara IBF/WBA/WBO kelas heavyweight Anthony Joshua baru saja menggelar pertandingan yang mempertemukan dirinya dengan Andy Ruiz Jr. Laga keduanya digelar pada 1 Juni lalu di Madison Square Garden, New York. Laga tersebut berakhir dengan kekalahan TKO pada pihak Anthony Joshua.

Menanggapi kekalahannya dari Andy Ruiz Jr., Anthony Joshua tampaknya tidak mau berlama – lama menyandang status tersebut. Joshua menyampaikan bahwa Ia akan kembali menggelar pertandingan rematch antara dirinya dan Andy Ruiz Jr. pada bulan November mendatang.

Pelatih Andy Ruiz Jr., Manny Robles memberikan komentar terkait niat Joshua untuk rematch keduanya. Robles berkomentar jika dirinya berada di posisi pelatih Anthony Joshua saat ini kemungkinan besar Ia tidak akan menyarankan Joshua untuk menggelar laga rematch dalam waktu dekat. Setidaknya hingga setahun mendatang.

Robles menyarankan alangkah baiknya jika Joshua (22-1, 21 KO) mengambil jeda setahun, menggelar laga dengan petinju lainnya sebelum memutuskan melakoni rematch dengan Andy Ruiz Jr.

“Saya berpendapat, jika rematch keduanya digelar dalam waktu dekat, tentu akan lebih baik untuk Andy Ruiz Jr. Ruiz Jr. telah menggelar dua laga berturut – turut saat ini. Ia telah bekerja selama 15 minggu. Jika saya di posisi pelatih Joshua, saya akan memintanya untuk istrahat sejenak mungkin setahun jika perlu. Setidaknya bertemu dengan petinju lainnya atau mengadakan dua hingga tiga pertandingan lainnya terlebih dulu. “ Ujar Manny Robles pada ESPN Deportes.

Sebenarnya agak terlambat untuk saran yang diberikan oleh Robles. Pasalnya tim manajemen Joshua telah mendengungkan tentang laga rematch tersebut. Walaupun masih ada kesempatan untuk Joshua menundanya tapi kemungkinan besar Joshua tidak akan melakukannya. Joshua yakin bahwa kekalahannya dari Ruiz Jr. karena dirinya membuat kesalahan di ronde ketiga.

Di lain pihak keinginan Joshua untuk segera bertemu Andy Ruiz Jr. mungkin saja terjegal aturan IBF Mandatory. Kubrat Pulev yang seharusnya menggelar laga IBF Mandatory sedang menunggu instruksi IBF untuk pertemuannya dengan Ruiz Jr. Jika laga Kubrat Pulev kontra Andy Ruiz Jr. benar terjadi maka Joshua terpaksa menunda keinginannya untuk rematch dalam waktu dekat.

Anthony Joshua jelas tidak akan menunggu terlalu lama untuk menggelar rematch. Bahkan sampai harus menundanya selama setahun kedepan. Tidak peduli dengan apa yang dikatakan oleh promotornya sendiri Eddie Hearn atau bahkan pelatihnya, Rob McCracken. Sekali Ia menginginkan laga rematch tersebut maka dirinya akan mengorbankan apapun.

Sementara itu jika seandainya saja Joshua akhirnya menunda rematchnya, Andy Ruiz Jr. akan berkesempatan melawan juara WBC Deontay Wilder atau Tyson Fury di laga berikutnya.

Andy Ruiz Jr. tentu saja telah mengubah kehidupannya saat sukses mengalahkan Anthony Joshua. Berbagai tawaran menguntungkan sangat mungkin berdatangan untuknya. Jika Ruiz Jr. kembali sukses mengalahkan Joshua nantinya maka hal tersebut akan sangat mengagumkan. Pasalnya banyak penggemar tinju yang malah berharap dirinya kalah.