Anthony Joshua : Pertandingan Rematch Kontra Andy Ruiz Jr. Digelar November Mendatang

Anthony Joshua : Pertandingan Rematch Kontra Andy Ruiz Jr. Digelar November Mendatang

Dikutip dari Michael Benson, Anthony Joshua akan menggelar pertandingan rematchnya melawan Andy Ruiz Jr. pemegang sabuk juara IBF/WBA/WBO kelas heavyweight, pada bulan November mendatang.

Keduanya telah bertemu sebelumnya pada 1 Juni lalu. Pertandingan tersebut digelar di Madison Square Garden, New York. Andy Ruiz Jr. sukses mengalahkan Anthony Joshua dengan kemenangan TKO pada ronde ketujuh.

Walaupun menderita kekalahan atas Andy Ruiz Jr. (33-1-0, 22 KO), Anthony Joshua (22-1-0, 21 KO) tidak berniat untuk mengganti pelatihnya. Joshua akan terus melanjutkan kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan sang pelatih, Rob McCracken. Sempat berhembus selentingan kabar yang menyatakan bahwa Joshua akan meninggalkan pelatihnya setelah kalah TKO dari Andy Ruiz Jr. pada awal Juni lalu.

Kabar burung tersebut terbukti tidak akurat karena Joshua masih tetap mempertahankan Rob McCracken sebagai orang kepercayaannya. Namun tentu saja tidak ada yang bersifat abadi di dunia ini. Segala yang bermula tentu akan menemui akhirnya suatu saat nanti.

Ada kemungkinan Joshua akan memutuskan kerjasamanya dengan Rob McCracken jika Joshua kembali menelan kekalahan saat menggelar pertandingan rematchnya dengan Andy Ruiz Jr. November mendatang. Pihak promotor Joshua, Matchroom Boxing tentu berkepentingan untuk membujuk Joshua mendatangkan orang baru untuk melatihnya.

Tidak dapat dipungkiti, Rob McCracken adalah seorang pelatih yang hebat. Pelatih yang berdedikasi pada apa yang dilakukannya. Namun ada beberapa kasak kusuk yang mengatakan bahwa saat bertemu Andy Ruiz Jr.

Joshua tidak mengikuti arahan sang pelatih sebagai bahan masukannya. Ketika seorang petinju tidak berniat mengikuti arahan pelatihnya maka hal tersebut mungkin mampu dijadikan pertanda untuk mencari pelatih baru yang lebih persuasif.

Mantan juara kelas berat Wladimir Klitschko adalah contoh nyata seorang petinju yang benar – benar mengikuti arahan pelatihnya. Wladimir Klitschko menjalin kerjasama yang baik dengan sang pelatih, Emanuel Steward.

Ketika Steward wafat, Klitschko terpaksa mencari pelatih baru dan akhirnya memilih Johnathon Banks. Sayangnya Klitschko sepertinya kurang mampu bekerjasama dengan Banks apalagi saat laga kuncinya saat bertemu Tyson Fury dan Anthony Joshua.

Jika benar adanya Joshua akan menggelar rematch kontra Ruiz Jr. November mendatang artinya Joshua hanya punya beberapa bulan untuk bersiap. Joshua hanya punya sedikit waktu untuk memperbaiki kesalahan – kesalahan yang dilakukannya saat bertemu Ruiz Jr. bulan Juni lalu. Setidaknya Joshua membutuhkan dua hingga tiga pertandingan lain untuk ajang uji cobanya.

Jika skenario terburuknya adalah Joshua kalah di pertandingan rematchnya dengan Ruiz Jr. maka karirnya akan dipertaruhkan. Joshua tentu saja tidak akan semudah itu mengakuinya.

Ruiz Jr. saat ini sukses menunjukkan kelemahan Joshua kepada para petinju lainnya. Kelemahan yang tentu saja akan dimanfaatkan para petinju yang lain ketika berkesempatan menghadapi Joshua. Joshua perlu berusaha keras untuk mengatasi kelemahan tersebut.