Catatan Hari Terakhir Tes Pramusim Moto GP

motogp.com

Gelaran sesi tes pramusim Moto GP 2019 yang dilaksanakan di Sirkuit Sepang, Malaysia resmi berakhir pada hari Jumat (08/02/2019) lalu. Seperti pada sesi tes hari pertama dan hari kedua sebelumnya, sesi tes hari ketiga ini juga menghadirkan cerita yang berbeda dengan sesi – sesi sebelumnya.

Pada sesi tes hari pertama, Marc Marquez menyita perhatian dengan tampil sebagai pebalap tercepat dan berhasil mencatatkan waktu 1 menit 59.621 detik. Penampilan Marc Marquez di lintasan balap Sepang diacungi jempol oleh rekan pebalap lainnya tak lain karena berhasil tampil gemilang dalam kondisi cedera dislokasi bahu. Di posisi kedua ada pebalap dari tim Suzuki Ecstar, Alex Rins, yang berhasil mencatatkan waktu 1 menit 59.880 detik. Dan tempat ketiga diisi oleh pebalap asal Spanyol, Maverick Vinales, dengan catatan waktu 1 menit 59.937 detik.

Namun keperkasaan Marc Marquez tidak berlanjut di hari kedua. Hari kedua menjadi milik pebalap asal Tim Yamaha, Maverick Vinales. Rekan setim Valentino Rossi ini berhasil membukukan catatan waktu 1 menit 58.897 detik. Catatan waktunya ini bahkan hampir menyamai catatan waktu Jorge Lorenzo pada tes pramusim tahun lalu yaitu 1 menit 58.830 detik.

Sesi tes hari ketiga dan terakhir hadir dengan cerita yang berbeda. Hari terakhir tes pramusim menjadi milik tim Ducati. Tidak tanggung – tanggung, posisi pertama hingga keempat dihuni oleh pebalap tim Ducati. Pebalap tim Ducati, Danilo Petrucci, berhasil mencatatkan waktu 1 menit 58.239 detik dan mengamankan posisi pertama. Posisi kedua diamankan oleh pebalap tim Pramac Ducati, Francesco Bagnaia dengan torehan waktu 1 menit 58.302 detik. Jack Miller, dari tim Pramac Ducati, sama seperti hari kedua tes pramusim, kembali menempati posisi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 58.366 detik. Dan posisi keempat diraih oleh Andrea Dovizioso dengan membukukan catatan waktu 1 menit 58.538 detik.

Sementara itu Marc Marquez di hari terakhir tes pramusim ini harus rela menempati posisi ke 11, dengan mencatatkan waktu 1 menit 59.170 detik. Pebalap asal Spanyol ini hanya berada 1 tingkat di bawah Valentino Rossi yang menjadi penutup 10 besar dengan catatan waktu 1 menit 59.155 detik.

Rekan setim Maverick Vinales, yang menjadi jawara di hari kedua, harus keluar dari posisi 3 besar dan harus puas diposisi 5 besar dengan catatan waktu 1 menit 58.644 detik. Namun catatan waktu Maverick Vinales, masih jauh lebih baik dari rekan setimnya, Valentino Rossi. Bahkan selama 3 hari tes pramusim diadakan, Maverick Vinales selalu mencatatkan waktu lebih cepat dibandingkan Valentino Rossi.

Dengan berakhirnya tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, maka tiba waktunya para pebalap harus bersiap – siap untuk menjalani laga balapan pertama di Sirkuit Losail, Qatar, pada awal maret mendatang. Para penggemar Moto GP tentunya sudah tidak sabar lagi untuk menyaksikan pebalap jagoannya berlaga.