Hasil Lengkap Liga Europa 2018-2019: Arsenal, Chelsea, Napoli ke 8 Besar, Inter Milan dan Sevilla Tersingkir

Laga Leg II babak 16 besar Liga Europa 2018-2019 baru saja rampung dilaksanakn secara serentak pada Jumat (15/3/2019) dini hari WIB. Total ada 8 pertandingan sengit digelar yang menentukan nasib 16 tim tersisa untuk melaju ke babak selanjutnya.

Dari 8 pertandingan tersebut ada beberapa kejutan yang terjadi, diantaranya adalah gugurnya dua tim unggulan yakni raksasa Inter Milan yang takluk di tangan Eintracht Frankfurt, dan Sevilla yang harus menyerah dari lawannya asal Ceko, Slavia Praha. Sedangkan klub klub unggulan lainnya seperti Arsenal, Chelsea, dan Napoli sukses melaju mulus ke babak selanjutnya.

Gugurnya Inter Milan dan Sevilla di Babak 16 Besar

Kejutan hadir pada babak 16 besar ini saat dua kesebelasan unggulan justru takluk dari tim tim underdog, diantaranya adalah raksasa Italia Inter Milan wakil Spanyol, Sevilla.

Inter Milan yang bertemu wakil Jerman, Eintracht Frankfurt harus takluk usai dari dua leg yang mereka mainkan, gagal dimaksimalkan. Hanya mampu bermain imbang 0-0 saat tandang ke Frankfurt, skuad La Beneamata justru harus takluk saat bermain di kandang sendiri pada Leg II. Luka Jovic menjadi aktor utama kemenangan Frankfurt atas Inter yang mengantarkan jawara DFB Pokal 2017 itu lolos ke babak 8 besar.

Aksi Borja Valero di laga Inter Milan kontra Eintracht Frankfurt
Aksi Borja Valero di laga Inter Milan kontra Eintracht Frankfurt

Sedangkan di laga lain Sevilla juga harus menerima kenyataan yang sama dengan Inter Milan. Bermain imbang saat menjadi tuan rumah, Sevilla mendapat perlawanan luar biasa dari Slavia Praha. Bahkan pertandingan tersebut harus berakhir hingga Extra Time. Bermain 2-2 di waktu Normal, tuan rumah Slavia sukses unggul di Extra Time dan membuat skor menjadi 4-3, agregat berubah menjadi 6-5 dan Slavia pun berhak loloske perempatfinal.

Laju Kencang Arsenal, Chelsea, dan Napoli yang Masih Sulit Dihadang

Berbeda dengan dua kesebelasan sebelumnya, tiga tim unggulan ini sukses meraih hasil sebaliknya. Arsenal, Chelsea, dan Napoli yang memang dijagokan untuk bisa meraih gelar juara sukses taklukan lawan lawan mereka untuk lolos ke babak 8 besar.

Arsenal yang pada Leg I secara mengejutkan takluk dari Rennes di Perancis, mampu bangkit dan membalikan keadaan pada Leg II. Brace dari striker andalan mereka, Pierre Emerick Aubameyang dan sebuah gol cantik dari Maitland Niles, sukses bawa Arsenal membalika keadaa dan membuat agregat akhir jadi 4-3 untuk kemenangan The Gunners.

Selebrasi Pierre Emerick Aubameyang kenakan topeng Blackpanther
Selebrasi Pierre Emerick Aubameyang kenakan topeng Blackpanther

Pada laga lainnya Chelsea yang bertemu dengan wakil Ukraina, Dynamo Kyiv pun nampaknya masih terlalu tangguh. Setelah di Leg I pasukan Maurizio Sarri sukses menang 3-0, di Leg II mereka berhasil menghancurkan Kyiv 5-0, Olivier Giroud menjadi bintang dengan hattricknya yang membantu Chelsea mengakhiri pertandingan agregat total 8-0.

Mengkuti dua jejak tim unggulan di atas, Napoli pun sukses amankan satu tiket ke babak 8 besar. Meskipun pada Leg II mereka takluk 3-1 atas RB Salzburg, namun kemenangan 3-0 di Leg I membuat agregat tetap 4-3 bagi kemenangan Il Partenope.

Hasil Lengkap Babak 16 Liga Europa 2018-2019:

  • Dynamo Kyiv 0-5 Chelsea (0-8)
  • Krasnodar 1-1 Valencia (2-3)
  • RB Slazburg 3-1 Napoli (3-4)
  • Benfica 3-0 Dinamo Zagreb (3-1)
  • Slavia Praha 4-3 Sevilla (6-5)
  • Inter Milan 0-1 Eintracht Frankfurt (0-1)
  • Villarreal 2-1 Zenit St. Petersburg (5-2)
  • Arsenal 3-0 Rennes (4-3)