Data Dan Fakta Kemenangan Liverpool Mengandaskan Bayern Munchen

selebrasi Virgil van Dijk saat laga kontra Munchen

Pertandingan antara Bayern Munchen melawan Liverpool pada leg ke – 2 babak 16 besar Liga Champions menghadirkan kejutan dengan lolosnya Liverpool ke fase selanjutnya.

Kemenangan 3 – 1 (agregrat 3 – 1) Liverpool di Allianz Arena membuktikan bahwa tim dari Liga Inggris tampil dominan pada gelaran Liga Champions musim ini.

Sadio Mane menjadi bintang kemenagan Liverpool dengan raihan 2 gol di awal dan akhir laga, sementara satu gol lainnya di cetak Virgil van Dijk melalui sundulan memanfaatkan sepak pojok. Bayern Munchen hanya mampu membalas lewat gol bunuh diri Joel Matip di akhir babak pertama.

Fakta – fakta menarik seputar pertandingan dihadirkan Opta Stat. Ayo kita tengok

Sadio Mane, penyelamat Liverpool
  • Liverpool melangkah ke babak selanjutnya mengindikasikan bahwa 4 tim Liga Inggris akan bermain di perempat final Liga Champions musim 2018 – 19, mengulang gelaran Liga Champions musim 2008 – 09 (Arsenal, Chelsea, Liverpool dan Manchester United).
  • Kegagalan Bayern Munchen melaju ke perempat final Liga Champions musim ini merupakan yang pertama setelah 8 tahun selalu sekses. Musim 2010 – 11 mereka gagal lolos setelah dikalahkan Inter Milan.
  • Gelandang serba bisa Liverpool, James Milner, menjadi pemberi assist terbanyak sejak gelaran Liga Champions musim lalu dengan 10 assist. Belum ada satupun pemain yang pernah melakukannya.
  • Gol yang dilesahkan Sadio Mane untuk Liverpool pada pertandingan ini menjadikannya pencetak gol tandang terbanyak dalam sejarah Liga Champions dengan 7 gol.
  • Prosentase gol yang dicetak Sadio Mane dalam pertandingan babak knockout Liga Champions yaitu 69% (13 gol dari 9 laga) adalah yang tertinggi kedua setelah Ivica Olic dengan 70% (10 gol dari 7 laga) dalam sejarah Liga Champions dengan catatan gol yang dicetak lebih dari 10.
  • Gol bunuh diri Joel Matip menjadikannya pemain ke – 4 Liverpool yang pernah merasakan memungut bola di gawang sendiri di ajang Liga Champions. Sami Hyypia (2007), John Arne Riise (2008) dan James Milner (2018) merupakan 3 lainnya.
  • Penjaga gawang Bayern Munich, Manuel Neuer, menjadi kiper ke – 6 yang melakoni 100 laga Liga Champions setelah Iker Cassilas, Gianluigi Buffon, Petr Cech, Victor Valdes dan Olivier Kahn.

Rating pemain :

Munchen : Neuer (5); Rafinha (5), Suele (5), Mummels (5), Alaba (6); Martinez (6), Thiago (5); Gnabry (6), James (5), Ribery (5); Lewandowski (5)

Subs : Coman (5), Goretzka (5), Sanches (5)

Liverpool : Allison (6); Robertson (7), van Dijk (8), Matip (7), Alexander – Arnold (7); Milner (7), Henderson (5), Wijnaldum (7); Salah (6), Firmino (6), Mane (8)

Subs : Fabinho (7), Origi (5), Lallana (5)