Inilah Cara Menjadi Pelatih Futsal Berlisensi AFC

Futsal kini semakin populer di Indonesia sejak kemunculannya di televisi. Meskipun terbilang olahraga sepak bola yang berukuran lebih kecil, namun permainan futsal bukan main-main. Bahkan untuk menjadi pelatih futsal pun kini harus memiliki lisensi khusus layaknya pelatih sepak bola profesional.

Untuk menjadi pelatih futsal, tidak selamanya harus berasal dari pemain futsal profesional. Bahkan seorang pelatih futsal pun bisa saja muncul dari seseorang yang bukan mantan pemain futsal. Selama ia mempunyai kemampuan mengajar teknik bermain futsal dan memiliki pengetahuan yang luas tentang futsal, maka sah-sah untuk menjadi seorang pelatih.

Lalu bagaimana cara menjadi pelatih futsal yang sesungguhnya? Untuk menjadi pelatih futsal, tentunya haruslah memiliki kemampuan bermain futsal terlebih dahulu. Latih diri dalam melakukan berbagai macam teknik dalam futsal serta pelajari berbagai macam strategi permainan futsal agar tim yang dibina bisa menang.

Setelah merasa cukup mampu untuk melatih sebuah tim, maka mulailah untuk mendekatkan diri pada beberapa tim futsal. Pendekatan ini bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa tim futsal teman-teman dekat yang bermain. Lakukan pendekatan sekaligus menunjukkan skill bahwa Anda layak menjadi seorang pelatih.

Setelah didapuk menjadi pelatih sebuah tim futsal yang kecil, maka disinilah Anda harus mengasah kemampuan dalam mengatur sebuah tim futsal agar bisa menjadi tim yang tangguh.

Untuk bisa mendapatkan pendidikan dan pengetahuan tentang teknik melatih futsal yang baik, maka sebaiknya ikutlah kursus pelatihan khusus pelatih futsal. Selain mendapatkan wawasan yang lebih baik, dalam kepelatihan ini para peserta juga akan mendapatkan lisensi resmi sebagai pelatih futsal.

Untuk standar pelatih futsal di Indonesia, level yang biasa digunakan adalah level 1 AFC. Sedangkan untuk level 2 adalah level yang lebih tinggi dan profesional. Untuk saat ini, terdapat 78 pelatih futsal yang sudah memiliki lisensi level 1 AFC di Indonesia dan 2 diantaranya bahkan telah memiliki lisensi level 2.

Meskipun masih terbilang sangat sedikit, namun pertumbuhan munculnya para pelatih futsal di Indonesia semakin baik tiap tahunnya. Semoga saja hal ini juga dibarengi dengan prestasi para pemain futsal yang akan semakin mengharumkan nama Ibu Pertiwi.