Cara Menendang Bola Futsal dengan Keras

Teknik Bermain futsal hampir sama dengan teknik permainan sepak bola. Dimana dalam permainan futsal juga terdapat formasi bermain, kiper, gawang, bola dan juga gol. Bisa dibilang futsal adalah sepak bola versi mini. Salah satu teknik futsal dasar  adalah menendang, hampir sama dengan sepak bola. Menendang merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang pemain futsal, penting digunakan saat melakukan operan atau passing maupun melakukan tendangan ke gawang atau shooting. Dalam Artikel kali ini  akan dibahas mengenai teknik menendang (shooting) dengan keras.

Shooting sendiri adalah salah satu teknik dasar permainan futsal dimana seorang pemain akan melakukan tendangan langsung ke arah gawang lawan dengan tujuan untuk mencetak sebuah gol. Dalam teknik melakukan shooting, kebanyakan akan dilakukan oleh pemain yang berada di posisi depan. Dimana mereka akan mendapatkan umpan atau operan dari kawan untuk melakukan shooting ke arah gawang lawan.

Untuk menendang dengan keras, anda sebaiknya mengetahui teknik dasar menendang, dan juga menggunakan kaki yang tepat ketika melakukan tendangan, karena dalam menendang bola tidak selalu dalam posisi diam. Untuk mendapatkan tendangan yang keras, selain menggunakan power dalam melakukan tendagan, juga diperlukan akurasi yang bagus, agar bola mengarah ke gawang dengan baik. Untuk itu simak yuk cara menendang bola futsal dengan keras berikut ini.

Menendang dengan menggunakan punggung kaki

Tidak jauh berbeda dengan teknik shooting sepak bola, menendang dengan menggunakan Punggung kaki sering digunakan pemain futsal untuk menghasilkan tendangan yang keras dan juga terarah. Namun, untuk bisa melakukanya dengan baik anda perlu berlatih dengan keras hingga menghasilkan tendangan yang keras dan dengan akurasi yang bagus. Dan juga, dalam melakukan tendangan menggunakan punggung kaki, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Bola diposisikan didepan tubuh anda
  • Tempatkan kaki yang digunakan menumpu berada di samping bola dengan jari-jari dihadapkan kearah gawang
  • Ayunkan kaki yang dipakai untuk menendang ke belakang, kemudian ayunkan lagi kedepan dengan kuat untuk menghasilkan tendangan yang keras
  • Ketika sedang menendang, tubuh sedikit dicondongkan kedepan
  • Tendangan dengan menggunakan bagian tengah punggung kaki,mengarah ke target yang sudah anda incar.
  • Biarkan kaki yang digunakan untuk menendang tetap mengayun kedepan setelah bola ditendang

Menendang dengan menggunakan Ujung Kaki

Cara menendang dengan menggunakan ujung kaki atau yang biasa disebut dengan dicocol atau digajul merupakan tendangan yang biasa digunakan ketika pemain dalam kondisi terjepit atau tidak ada tempat untuk melakukan kuda-kuda. Tendangan ini sangat keras dan terarah jika anda melakukanya dengan baik. Untuk melakukakn tendangan menggunakan ujung kaki, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghasikan tendangan yang keras dan mempunyai akurasi yang tinggi. Dan berikut adalah hal dan cara menendang dengan menggunakan ujung kaki.

  • Bola diposisikan didepan tubuh anda
  • Tempatkan kaki yang digunakan menumpu berada sedikit dibelakang bola dengan jari-jari dihadapkan kearah gawang
  • Ayunkan kaki yang dipakai untuk menendang ke belakang, kemudian ayunkan lagi kedepan dengan kuat untuk menghasilkan tendangan yang keras
  • Lalu bola ditendang tepat pada bagian tengah bola dengan menggunakan ujung sepatu.
  • Biarkan kaki yang digunakan untuk menendang tetap mengayun kedepan setelah bola ditendang

Menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam

Teknik menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam digunakan ketika posisi pemain  berada pada jarak dekat maupun jarak jauh dengan gawang. Dan juga menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam juga menghasilkan tendangan yang terarah dan akurat. Untuk menendang bola dengan mnggunakan kaki bagian dalam terdapat beberapa tips diantaranya yaitu:

  • Posisikan bola di depan tubuh anda dan posisikan tubuh menghadap ke sasaran tendangan.
  • Tempatkan kaki yang digunakan untuk menumpu disamping bola dengan sedikit menekuk pada bagian lutut
  • Ayunkan kaki yang dipakai untuk menendang ke belakang, kemudian ayunkan lagi kedepan dengan kuat untuk menghasilkan tendangan yang keras
  • Lalu bola ditendang tepat pada bagian tengah bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, dimana untuk menentukan akurasi anda bisa mengukur arah dari kaki anda sendiri dan juga jarak tendangan anda.
  • Setelah melakukan tendangan, Biarkan kaki yang digunakan untuk menendang tetap mengayun kedepan setelah bola ditendang

Menendang bola dengan menggunakan kaki bagian luar

Teknik menendang bola dengan menggunakan kaki bagian luar digunakan ketika posisi pemain  berada berlawanan dengan gawang. Dan juga menendang bola dengan menggunakan kaki bagian luar juga dapat mengecoh kiper lawan. Untuk menendang bola dengan mnggunakan kaki bagian luar  terdapat beberapa tips diantaranya yaitu:

  • Posisikan tubuh disamping bola
  • Tempatkan kaki yang digunakan untuk menumpu sejajar atau dibelakang bola
  • Ayunkan kaki yang dipakai untuk menendang ke belakang, kemudian ayunkan lagi kedepan dengan kuat untuk menghasilkan tendangan yang keras
  • Lalu bola ditendang dengan kaki bagian samping
  • Setelah melakukan tendangan, Biarkan kaki yang digunakan untuk menendang tetap mengayun kedepan setelah bola ditendang

Tendangan Voli ke depan

Tendangan voli merupakan tendangan dimana bola melayang dan tanpa anda mengontrolnya terlebih dahulu. Jadi anda harus bisa memprediksi ketika bola jatuh berada di kaki anda. Tendangan ini adalah dengan memanfaatkan peluang yang sedikit menjadi sebagai peluang yang menghasilkan goal, karena terkadang dalam kesempatan yang krusial di depan gawang anda tidak akan sempat untuk mengontrolnya, karena jika anda mengontrolnya, lawan akan keburu menutup dan merebut bola yang anda bawa. Untuk melakukan tendangan voli ke depan ada bebebapa tips yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu:

  • Posisikan diri anda tepat dimana bola akan jatuh, seorang dengan posisi pemain sepak bola maupun futsal sebagai penyerang, dibutuhkan naluri dan juga predkisi yang baik dalam menetukan arah kemana bola pergi.
  • Ketika bola mendekat, lutut dinaikkan dan posisikan jari – jari kaki atau bagian ujung sepatu anda kebawah.
  • Jagalah agar kepala tetap menunduk dan fokus agar bola tidak melambung dengan tinggi.
  • Tendang dengan menggunakan ujung kaki dan juga julurkan kaki untuk lebih menambah tenaga agar tendangan lebih keras, posisikan ujung kaki tetap dibagian bawah hingga bola benar – benar terlepas dari kaki sehingga akurasi bola seusai dengan yang diinginkan.

Tendangan Voli ke Samping

Hampir sama dengan tendangan voli ke depan dimana bola melayang dan anda tidak mengontrolnya dahulu ketika menendangnya. Dalam teknik ini digunakan ketika bola melayang berada disamping atau yang biasa disebut denan teknik side on atau tendangan voli setengah putaran. Tendangan ini memerlukan fokus dan juga sangat sulit dilakukan. Dan jika berhasil menendang, biasanya akan menjadi tendangan yang indah dalam permainan futsal. Dan berikut adalah beberapa cara untuk melakukan tendangan bola samping untuk menghasilkan tendangan yang keras.

  • Tubuh dicondongkan menjauh dari bola
  • Kaki yang akan digunakan untuk menendang diayunkan keatas, disamping tubuh anda.
  • Tendang bola dengan menggunakan punggung kaki, sebisa mungkin tepat pada bagian atas bola agar tendangan tidak terlalu melambung keatas.
  • Lalu ikuti dengan gerakan mengayunkan kaki yang digunakan untuk menendang melewati badan.