Sponsors Link

4 Cara Melatih Tendangan Keras Dalam Futsal Paling Mudah Agar Jago

Sponsors Link

Dalam permainan futsal sangat penting bagi seorang pemain untuk menguasai beberapa teknik dasar bermain futsal dengan benar. Teknik dapat dikuasai dengan cara latihan maupun pertandingan yang sering diikuti. Tak hanya itu saja, beberapa materi dasar pun juga dapat menjadi tambahan agar teknik futsal dapat dilakukan dengan lebih baik lagi.

ads

Secara umum, teknik dasar bermain futsal hampir sama dengan teknik dasar permainan sepak bola. Seorang pemain harus bisa menguasai beberapa teknik permainan untuk mempermudah pencetakan gol ke gawang lawan, misalnya saja seperti teknik shooting dalam permainan futsal.

Shooting adalah salah satu teknik dasar permainan futsal dimana seorang pemain akan melakukan tembakan langsung ke arah gawang lawan demi mencetak sebuah gol. Dalam teknik dasar ini, kebanyakan akan dilakukan oleh pemain yang berada di posisi depan. Dimana mereka akan mendapatkan umpan atau operan dari kawan untuk melakukan shooting ke arah gawang lawan.

Untuk bisa melakukan teknik shooting sepak bola atau futsal dengan baik tentu harus memperhatikan kekuatan kaki dan akurasi tendangan. Dimana cara yang paling mudah untuk melakukan tendangan ini adalah dengan cara memperbanyak latihan kekuatan kaki. Semakin sering melakukan latihan kekuatan kaki dengan tendangan langsung ke arah gawang. Maka penguasaan teknik shooting pun bisa dilakukan dengan baik. Berikut adalah cara nelatih tendangan kerasa dalam futsal atau shooting:

  1. Latihan Shooting dengan Kaki Bagian Sisi Dalam

Secara umum, teknik shooting ini hampir mirip dengan teknik passing. Akan tetapi pada shooting lebih menitik beratkan pada power dan kekuatan kaki yang lebih besar sehingga bola dapat melaju dengan cepat dan tepat ke sasaran gawang lawan. Dalam teknik shooting sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan kaki bagian sisi dalam. Dimana cara ini yang paling banyak dilakukan oleh para pemain futsal.

Cara menendang bola keras dengan teknik ini biasa di lakukan dalam tembakan bola berjarak dekat saja. Berikut adalah cara latihan teknik shooting dengan kaki bagian sisi dalam yang mudah dan benar:

  • Posisikan bola tepat berada di depan tubuh yang langsung menghadap ke sasaran gawang lawan
  • Letakan bagian kaki kanan atau kiri tepat di samping bola dengan posisi lutut yang sedikit ditekuk
  • Tarik kaki yang digunakan untuk menendang ke arah belakang kemudian ayunkan dengan power yang kuat ke arah depan
  • Usahakan dalam menendang bola, tempatkan kaki tepat di bagian tengah bola agar sasaran tidak melenceng
  • Setelah bola ditendang, biarkan ayunan kaki tetap berada di arah depan untuk menyeimbangkan gerakan tubuh
  1. Latihan Shooting dengan Bagian Ujung Kaki

Teknik menendang bola keras selanjutnya dapat dilakukan dengan latihan teknik shooting menggunakan ujung kaki. Meskipun cara ini tidak banyak dilakukan oleh para pemain futsal, namun ada kalanya teknik shooting semacam ini dilakukan apabila posisi mereka terjepit di antara dua lawan ataupun satu lawan satu yang langsung berhadapan dengan kipper lawan.

Sponsors Link

Dalam latihan teknik shooting semacam ini, biasanya seorang pemain futsal akan menyebut dengan istilah gajul atau concong. Dimana untuk melakukan latihan teknik shooting ini bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

  • Posisikan tubuh tepat berada di belakang bola
  • Letakan bagian kaki kanan atau kiri untuk menjadi tumpuan dengan posisi di belakang bola
  • Tarik kaki yang digunakan untuk menendang ke arah belakang kemudian ayunkan dengan power yang kuat ke arah depan
  • Tendang bola tepat di bagian tengahnya dengan menggunakan sepatu atau tepat di ujung kaki
  • Tahan kaki sebentar untuk tidak bergerak mengikuti arah bola
  1. Latihan Shooting dengan Bagian Punggung Kaki

Pada umumnya, teknik shooting atau menedang bola keras dengan bagian punggung kaki sangat sering dilakukan oleh para pemain futsal. Teknik ini dipercaya mampu menghasilkan laju bola yang sangat kencang dan lebih mudah untuk menuju ke sasaran gawang lawan. Tak heran, jika berbagai latihan teknik gaya shooting futsal pun dilakukan. Berikut adalah teknik latihan shooting dengan bagian punggung kaki dengan benar:

  • Posisikan bola tepat berada di depan tubuh yang langsung menghadap ke sasaran gawang lawan
  • Letakan kaki kanan atau kiri untuk menumpu bagian samping bola dengan menghadapkan jari-jari ke arah sasaran gawang
  • Tarik bagian kaki kanan atau kiri yang akan digunakan untuk menendang, tarik ke arah belakang dan ayunkan ke arah depan dengan power yang kuat
  • Saat tendangan dilesatkan, usahakan tubuh dalam posisi sedikit conding ke arah depan
  • Tendangan di bagian tengah punggung bola dengan bagian punggung kaki yang searah dengan sasaran target
  • Biarkan kaki mengayun ke arah depan saat melakukan tendnagan ke arah gawang
Sponsors Link

  1. Latihan Shooting dengan Bagian Sisi Kaki Luar

Di dalam permainan futsal ataupun sepak bola, teknik shooting dengan menggunakan sisi kaki bagian luar juga sering digunakan oleh para pemain. Dimana teknik ini bisa mengecoh lawan dengan gerakan tendangan yang berlawanan arah. Selain itu, kelebihan dari teknik shooting ini adalah sasaran bisa melesat dengan mudah sehingga pergerakan bola tak bisa ditangkis oleh penjaga gawang lawan.

Untuk bisa menghasilkan gerakan shooting dengan bagian sisi kaki luar ini bisa dilakukan dengan latihan berikut ini:

  • Posisikan bola tepat berada di depan tubuh yang langsung menghadap ke sasaran gawang lawan
  • Letakan kaki kanan atau kiri untuk menumpu bagian samping bola atau sedikit ke arah belakang bola
  • Tarik bagian kaki kanan atau kiri yang akan digunakan untuk menendang, tarik ke arah belakang dan ayunkan ke arah depan dengan power yang kuat agar bola dapat melaju dengan kencang
  • Saat ingin melakukan tendangan, usahakan kaki kanan atau kiri berada di samping atau di susu kanan atau kiri bola
  • Tendang sekuat mungkin dengan salah satu kaki yang digunakan.
  • Setelah itu biarkab kaki tetap mengayun ke arah samping bola untuk menyeimbangkan tubuh.

Pada dasarnya perbedaan sepakbola dan futsal, cara melatih tendangan keras dalam futsal bisa dilakukan dengan beberapa teknik latihan, mulai dari menggunakan sisi kaki bagian dalam, sisi kaki bagian luar, punggung kaki maupun ujung kaki. Dari beberapa teknik tersebut, sebenarnya bisa dilakukan semua. Tinggal bagaimana anda melakukannya. Jika lebih nyaman menggunakan teknik nomor 1, tentu teknik bisa terus anda tingkatkan dengan memperbanyak latihan.

Latihan tidak hanya dilakukan untuk memperkuat kaki semata, melainkan juga dapat anda latih dengan langsung menembakan bola ke arah sasaran gawang lawan. Dengan begitu, teknik permainan futsal dengan gerakan shooting di atas bisa anda kuasai dengan mudah dan benar. Semoga informasi mengenai cara melatih tendangan keras dalam permainan futsal di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 28th, April 2018 / 03:50 Oleh :
Kategori : Futsal