Sponsors Link

10 Cara Menendang Bola Melengkung dan Keras Paling Baik

Sponsors Link

Permainan sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga paling populer yang dikenal saat ini. Tidak jarang, pemain sepak bola pun dikenal karena mampu menghasilkan gol-gol cantik dengan teknik yang mereka kuasai. Salah satunya seperti Christiano Ronaldo. Pemain yang ikut gabung dalam klub Barcelona ini memang dikenal karena tendangannya yang khas, misalnya saja seperti teknik menendang bola melengkung.

ads

Teknik menendang bola melengkung atau yang sering disebut dengan tendangan pisang merupakan salah satu teknik menendang bola yang kerap dilakukan untuk menyasar bola ke gawang lawan. Biasanya, teknik ini dilakukan ketika pemain mendapatkan umpan atau operan dari kawan untuk mencetak gol di arahkan ke gawang lawan.

Tidak sedikit pemain sepak bola yang menguasai teknik ini. Namun untuk mendapatkan gerakan melengkung hingga tepat di sasaran gawang lawan tidak semudah yang dibayangkan. Kebanyakan pemain hanya akan melakukan tendangan melengkung namun tidak bisa menyasar tepat ke arah gawang lawan. Hasilnya, gol tidak dapat tercipta seperti yang mereka inginkan.

Hanya segelintir pemain saja yang bisa melakukan teknik tendangan melengkung secara tepat dan baik. Namun itu semua tentu bukan tanpa alasan. Kebanyakan teknik dasar menendang bola dalam sepak bola dapat dikuasai karena latihan yang dilakukan. Untuk bisa menghasilkan tendangan bola melengkung seperti tendangan Christiano Ronaldo. Berikut adalah cara menendang bola melengkung yang benar:

Menendang dengan Kaki Bagian Dalam

Menendang bola melengkung dengan menggunakan kaki bagian dalam merupakan teknik tendangan melengkung yang paling banyak dilakukan oleh kebanyakan pemain bola. Biasanya teknik ini dilakukan apabila jarak bola dengan mistar gawang sudah berdekatan. Setelah posisi bola nampak berada di dalam kotak pinalti atau mendekatinya maka pemain akan segera berancang-ancang untuk mengayuhkan kakinya sekuat mungkin untuk melakukan shoot ke sasaran gawang lawan.

Untuk melakukan teknik tendangan melengkung dengan kaki bagian dalam, Anda bisa melakukannya dengan cara di bawah ini:

  1. Posisikan bola tepat berada di depan atau sisi sebelah kiri anda. Apabila posisi bola sudah tepat, maka bersiaplah untuk mengambil ancang-ancang.
  2. Ancang-ancang bisa anda lakukan dengan memberikan salah satu tumpuan kaki yang akan digunakan untuk menendang bola. Anda bisa menggunakan kaki kanan atau kiri yang menurut anda paling mudah untuk melakukan tendangan.
  3. Jika salah satu kaki sudah anda tentukan, maka perhatikan posisi kaki yang anda gunakan sebagai pijakan. Umumnya pemain Indonesia akan menggunakan kaki bagian kanan untuk menendang dan kaki bagian kiri sebagai pijakannya.
  4. Apabila posisi kaki sudah tepat, ayunkan kaki yang akan anda gunakan untuk menedang. Ayunkan kaki bersama gerakan tangan yang saling membuka ke arah ke arah depan dan belakang.
    Sponsors Link

  5. Tendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam. Usahakan ketika menendang, bola dalam posisi yang sudah siap. Kaki bisa anda ayunkan untuk mencari sasaran bola yang akan di arahkan ke gawang lawan.
  6. Untuk menghasilkan tendangan melengkung, maka tendanglah bola tepat di bagian bawahnya. Bola akan terangkat dan melewati dinding penghalang yang berada di depan anda. Jika bolanya ingin melambung, condongkan tubuh ke arah belakang. Sedangkan apabila bolanya ingin melengkung ke bawah, maka condongkan badan ke arah depan.
  7. Setelah bola melesat ke arah gawang lawan, jangan sesekali untuk menggerakan kaki yang anda gunakan sebagai pijakan. Karena hal tersebut akan mempengaruhi keseimbangan tubuh anda.

Menendang dengan Kaki Bagian Luar

Teknik mendang bola melengkung dengan menggunakan kaki bagian luar, sebenarnya hampir sama dengan teknik menedang bola melengkung dengan menggunakan kaki bagian dalam. Hanya saja, teknik ini akan dilakukan dengan menggunakan bagian luar kaki untuk melesatkan bola ke arah gawang lawan.

Untuk melakukan teknik tendangan melengkung dengan kaki bagian luar, Anda bisa melakukannya dengan cara di bawah ini:

  1. Saat ingin melakukan tendangan melengkung dengan kaki bagian dalam. Posisikan bola tepat berada di depan atau sisi sebelah kiri anda. Apabila posisi bola sudah tepat, maka bersiaplah untuk mengambil ancang-ancang.
  2. Ambil ancang-ancang untuk menempatkan posisi tubuh agar tendangan yang dihasilkan bisa melambung ke arah atas dan melengkung ke bagian bawah.
  3. Untuk menghasilkan tendangan melengkung, maka tendanglah bola tepat di bagian bawahnya. Bola akan terangkat dan melewati dinding penghalang yang berada di depan anda. Jika bolanya ingin melambung, condongkan tubuh ke arah belakang. Sedangkan apabila bolanya ingin melengkung ke bawah, maka condongkan badan ke arah depan.
  4. Tentukan bagian kaki yang akan anda gunakan untuk menendang bola. Jika salah satu kaki sudah anda tentukan, maka perhatikan posisi kaki yang anda gunakan sebagai pijakan. Umumnya pemain Indonesia akan menggunakan kaki bagian kanan untuk menendang dan kaki bagian kiri sebagai pijakannya.
  5. Apabila posisi kaki sudah tepat, ayunkan kaki yang akan anda gunakan untuk menedang. Ayunkan kaki bersama gerakan tangan yang saling membuka ke arah ke arah depan dan belakang.
  6. Tendang bola dengan menggunakan kaki bagian luar. Usahakan ketika menendang, bola dalam posisi yang sudah siap. Kaki bisa anda ayunkan untuk mencari sasaran bola yang akan di arahkan ke gawang lawan.

Selain memperhatikan cara menedang bola melengkung di atas, untuk menghasilkan tendangan tang tepat. Pemain harus memperhatikan trik tendangan mereka. Umumnya cara seperti ini tidak banyak dilakukan karena mereka lebih menitik beratkan pada arah tendangan untuk menyasar gawang lawan saja. 

Sponsors Link

  • Sebelum Melakukan Tendangan, Tempatkan Posisi Bola dengan Tepat

Menendang bola dengan bentuk melengkung seperti pisang, sebenarnya hampir sama dengan teknik shooting sepak bola. Dimana untuk menghasilkan tendangan yang cantik dan bisa masuk tepat ke arah gawang lawan. Anda harus memperhatikan posisi bola sebelum tendangan dilesatkan. Atur posisi bola anda agar tendangan bisa dilakukan dengan tepat tanpa meleset.

  • Lihat Situasi di Sekitar Anda

Selain memperhatikan gerakan tendangan, hal terpenting lainnya dalam melakukan tendangan bebas gaya melengkung adalah situasi di sekitar anda. Lihat situasi lawan yang sedang mengincar permainan bola anda. Lihat posisi bola yang paling teoat agar arah sasaran tidak meleset. Selain itu, lihat posisi kipper yang sedang berjaga dan menanti laju bola yang akan anda lesatkan.

  • Perhatikan Power Kaki

Setelah situasi tepat untuk melakukan tendangan, maka perhatikan juga cara menendang bola dengan keras kekuatan kaki anda. Karena di dalam tendangan melengkung kekuatan kaki juga sangat dibutuhkan. Maka gunakan kekuatan kaki yang paling maksimal agar tendangan sampai di sasaran yang anda tuju. Usahakan menendang bola dengan bagian kaki yang memiliki power paling kuat.

Itulah cara menendang bola melengkung dalam permainan sepak bola. Lakukan cara dan teknik di atas untuk menghasilkan tendangan cantik bak pemain dunia layaknya Christiano Ronaldo.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 28th, April 2018 / 03:50 Oleh :
Kategori : Sepak Bola