Mikey Garcia Pastikan Perbedaan Tinggi Badan Dengan Errol Spence Jr. Tidak Jadi Masalah

15rounds.com

Mikey Garcia pastikan jika perbedaan tinggi badan yang cukup signifikan antara dirinya dengan Errol Spence Jr. tidak akan menjadi masalah. Seperti diketahui Mikey Garcia memiliki tinggi badan 168 cm sedangkan lawannya, Errol Spence Jr. memiliki tinggi badan 183 cm. Mikey Garcia dan Errol Spence Jr. akan menjalani laga pertarungan di AT & T Stadium, Texas pada Sabtu (16/03/2019) nanti waktu setempat. Laga keduanya akan ditayangkan di Fox Sports.

Garcia (39-0, 30 KO) menyatakan bahwa dirinya akan melakukan apapun untuk mengalahkan Spence di atas ring. Mengomentari pernyataan Spence sebelumnya tentang rasa percaya diri Spence karena perbedaan tinggi badan keduanya, Garcia menyatakan bahwa ada banyak faktor yang menentukan kemenangan. Tinggi badan hanya satu diantaranya. Garcia yakin dengan kemampuan berpikir dan kecepatannya akan menjadi faktor penentu kemenangannya nanti.

Laga Garcia dan Spence (24-0, 21 KO) pada dasarnya merupakan laga yang cukup menentukan karir kedua petinju kedepannya. Jika Spence kalah maka akan cukup sulit baginya untuk bangkit dari kekalahannya. Sementara bagi Garcia sendiri kekalahannya tidak akan menjadi masalah yang besar nantinya karena dirinya bertarung di kelas welterweight yang menjadi spesialisasinya. Jika seandainya Garcia benar kalah maka dirinya cukup melakoni laga pertarungan di kelas yang lebih rendah dari spesialisasinya saat ini. Namun keadaan tidak akan sesederhana itu bagi Spence. Jika Spence kalah nantinya maka predikatnya sebagai petinju yang hebat akan dipertaruhkan dan kekalahannya berarti Spence harus memilih apakah dirinya akan pindah kelas atau bertarung dengan petinju yang berada dibawahnya.

Jika Garcia mampu untuk memetik kemenangan dari laganya melawan Spence, maka kemenangan tersebut akan menjadi gelar kelimanya. Sebelumnya Garcia tercatat mengalahkan Juan Manuel Lopez di tahun 2013 lalu. Lima tahun kemudian dirinya mengalahkan Sergey Lipinets dalam 12 ronde.

Namun Garcia sendiri tidak menjabarkan strategi yang akan diambilnya ketika berhadapan dengan Spence. Namun jika ditilik dari pernyataannya, pergerakan kemungkinan akan menjadi salah satu senjatanya. Garcia menyadari jika Spence tidak banyak bergerak saat bertanding. Dan hal tersebut akan menjadi celah bagi Mikey untuk menyerangnya. Mikey berpengalaman dalam menghadapi petinju dengan tipe tersebut.

Lepas dari kepercayaan diri Mikey akan strateginya, Mikey tidak boleh melupakan kelemahannya sendiri. Spence punya kelebihan dalam penyerangan yang menyasar tubuh lawannya.

Robert Garcia, pelatih sekaligus saudara Mikey, turut berkomentar terkait laga keduanya. Robert menyatakan bahwa pertarungan keduanya tentu akan menjadi pertarungan yang tidak mudah namun juga tidak termasuk pertarungan yang sengit.

Pada intinya Mikey Garcia ingin para penggemar tinju menyadari bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi dalam olahraga ini. Tinggi dan berat badan hanya satu diantaranya. Selebihnya strategi dan kemampuan berpikir juga turut menjadi faktor penentu.