Hasil Pertandingan Liverpool Vs Manchester City, Community Shield 2019

Ajang Community Shield 2019 menyisakan luka bagi Liverpool setelah harus mengakui keunggulan Manchester City pada laga yang dihelat di Wembley Stadium, Minggu (4/8). The Reds kalah dengan skor 4-5 melalui babak adu penalti, sebelumnya pasukan Jurgen Klopp mampu mengimbangi permainan The Blues hingga penghujung laga dengan skor 1-1.

Pertandingan berlangsung cukup seru, kedua klub saling serang mulai dari awal babak pertama dimulai. Baik Liverpool maupun Man City sama-sama mengkreasikan cukup banyak peluang, namun mereka hanya mampu mengukir masing-masing 1 gol. Gol Liverpool dicetak oleh Joel Matip, sementara Raheem Sterling menjadi satu-satunya pemain Man City yang mampu mencetak gol di waktu normal.

Man City Menjadi Juara Community Shield Usai Tumbangkan Liverpool
Man City Menjadi Juara Community Shield Usai Tumbangkan Liverpool

Skor sama kuat memaksa laga harus dilanjutkan ke babak tos-tosan. Sepertinya dalam situasi ini mental para pemain The Citizens lebih kuat dari Liverpool, sehingga mereka dapat menaklukan situasi tersebut dan meraih kemenangan. Untuk lebih lengkapnya, simak jalannya pertandingan di bawah ini.

Babak Pertama

Liverpool mencoba membongkar pertahanan Manchester City sejak awal, akan tetapi justru anak asuh Pep Guardiola yang terlebih dulu mendapatkan peluang emas. Tepatnya pada menit keempat, Leroy Sane melepaskan sepakan voli hasil dari umpan yang diberikan Sterling. Namun sayang, bola hasil sepakannya masih menyamping dari gawang yang dijaga Alisson.

Tak lama berselang, The Reds nyaris saja mencetak gol. Firmino melepaskan tendangan keras namun masih mampu dihalau oleh Claudio Bravo. Setelah itu, Liverpool kembali mendapat peluang apik melalui Mohamed Salah. Penyerang asal Mesir itu mendapat posisi ideal untuk melesatkan tendangan, namun Salah tak mampu mengkreasikan peluang tersebut menjadi gol.

Akhirnya, di menit ke-12 Manchester City berhasil memecah kebuntuan berkat gol yang dicetak oleh Raheem Sterling. Berawal dari skema tendangan bebas yang kemudian diteruskan oleh David Silva ke tengah kotak penalti. Bola tersebut langsung diteruskan ke dalam gawang oleh Sterling melalui sepakan kaki kirinya sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan City. Setelah itu, tidak ada lagi gol tercipta skor tersebut menjadi penutup babak pertama.

Babak Kedua

Liverpool yang sedang dalam kondisi tertinggal mencoba untuk lebih memfokuskan penyerangan. Alhasil, di saat laga baru memasuki menit ke-57 The Reds sudah mendapat peluang emas. Van Dijk yang mendapat umpan dari Trent Arnold meneruskan bola ke arah gawang, tetapi sayang bola tersebut hanya mengenai mistar gawang sebelum kemudian dihalau menjauhi kotak penalti.

Setelah bertubi-tubi melakukan serangan, akhirnya gol penyama kedudukan pun datang di menit ke-77 melalui sundulan kepala Joel Matip. Matip menanduk bola hasil umpan terukur yang dilakukan oleh Van Dijk. Skor sama kuat 1-1 membuat laga ini kembali berjalan seimbang. Selepas gol tersebut, kedua tim saling membongkar pertahanan lawannya masing masing namun masih belum berhasil menciptakan gol kedua. Skor imbang memaksa wasit untuk melanjutkan pertandingan ini ke babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

Pada ajang Community Shield tidak memberlakukan babak extra time sehingga pertandingan langsung dilanjutkan ke fase adu penalti. Di saat krusial ini, seluruh eksekutor Manchester City sukses menuntaskan tugasnya dengan baik. Sedangkan dari semua penendang Liverpool hanya Giorginio Wijnaldum saja yang gagal menyarangkan bola. Hal itu membuat Manchester City menjuarai ajang ini setelah memenangkan laga dengan skor 4-5.