Inilah 18 Nama Pebulutangkis yang Digadangkan Akan Melaju pada Olimpiade Tokyo 2020

Jakarta- Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memberikan daftar kemungkinan nama pemain yang akan turun di Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Surat Keputusan PBSI tersebut telah turun bersamaan dengan pengumuman yang dikeluarkan oleh PBSI pada Jum’at, 4 Januari yang lalu.

Disamping pengumuman tentang daftar pemain yang turun pada Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, PBSI juga mengumumkan daftar nama pemain yang kedepannya akan menghuni Pelatnas Cipayung untuk periode 2019.

Tidak ada banyak perubahan yang diberikan PBSI. Jika pada tahun 2018 yang lalu, Pelatnas Cipayung dibagi menjadi dua level, yaitu: level utama dan level pratama, tahun ini pun demikian. Dalam keputusannya, PBSI memberikan empat buah surat keputusan (SK) yang terdiri dari: SK Utama, SK Pratama, SK Prioritas dan SK magang. SK Prioritas sendiri, PBSI khususkan untuk para pemain yang nantinya akan mengikuti Olimpiade di Tokyo 2020 mendatang.

Di sektor tunggal putra, setidaknya ada tiga nama yang kemungkinan besar akan menjadi dua dari sekian pemain yang akan menuju Olimpiade 2020. Keduanya adalah Anthony Sunisuka Ginting, yang menempati peringkat ke-7 BWF dan Jonathan Christie, yang saat ini menduduki peringkat ke-11 dunia.

Sedangkan pada sektor tunggal putri, ada nama Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani dan Russeli Hartawan yang namanya diperkirakan akan turut serta dalam Olimpiade 2020 di Tokyo mendatang.

Di sektor lainnya, yakni sektor ganda campuran, ada nama Tantowi Ahmad yang namanya tidak tercantum dalam daftar proyeksi PBSI. Pergantian pasangan diduga menjadi alasan kuat tidak tercantumnya nama pemain yang telah berulang kali membawa medali emas bagi Indonesia ini. Terhitung sejak Liliana yang pada akhir tahun 2018 lalu dipastikan akan gantung raket pada akhir januari tahun ini.

Babak Kualifikasi untuk Olimpiade 2020 ini sendiri akan dilangsungkan pada Mei 2019 mendatang dan berakhir pada April 2020. Untuk Olimpiade 2020 ini, PBSI menyatakan akan mengirim 2 orang pemain dalam setiap sektor untuk memperbesar peluang membawa pulang medali kemenangan, terutama medali emas.

Daftar Nama Pemain yang Kemungkinan akan Ikut Terjun dalam Olimpiade 2020

Sektor Tunggal Putra
  1. Anthony S. Ginting
  2. Jonathan Christie
Sektor Tunggal Putri
  1. Gregoria Mariska Tunjung
  2. Fitriani
  3. Russeli Hartawan
Sektor Ganda Putra
  1. Kevin Sanjaya Sukamulyo
  2. Mercus Fernaldi Gideon
  3. Fajar Alfian
  4. Muhammad Riyan Ardianto
Sektor Ganda Putri
  1. Greysia Polli
  2. Apriani Rahayu
  3. Della Destiara Haris
  4. Rizki Amelia Pradipta
Sektor Ganda Campuran
  1. Praveen Jordan
  2. Melati Deeva Oktaviani
  3. Hafiz Faizal
  4. Gloria Emanuelle Widjaja