Inilah 6 Manfaat Belajar Ilmu Bela Diri yang Wajib Diketahui!

Olahraga bukan hanya sekedar untuk menyehatkan badan, tapi juga terdapat banyak manfaat lainnya. Salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat adalah olahraga bela diri. Olahraga bela diri merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup digemari karena memberikan banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat belajar ilmu bela diri yang wajib kamu ketahui:

1. Menyehatkan badan

Setiap jenis olahraga pastinya akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Olahraga bela diri juga mampu menyehatkan badan. Dengan berbagai gerakan yang sangat aktif berupa tendangan dan pukulan, tubuh pun menjadi lebih mudah mengeluarkan keringat sehingga metabolisme di dalam tubuh menjadi lebih lancar.

2. Melatih kesabaran

Selain menyehatkan badan, olahraga bela diri juga mampu melatih kesabaran. Bela diri membutuhkan kesabaran yang cukup tinggi dalam melatih konsentrasi. Kesabaran juga dilatih lewat latihan yang harus dilakukan berulang kali demi mendapatkan gerakan bela diri yang sempurna.

Seorang pemain bela diri baru akan mendapatkan teknik yang sempurna dengan bersabar menjalani puluhan latihan. Begitu pula ketika akan melanjutkan ke level atau tingkat selanjutnya. 

3. Memupuk rasa percaya diri

Latihan bela diri juga mampu memupuk rasa percaya diri sehingga bisa tampil lebih baik di depan orang banyak. Seseorang yang melakukan latihan bela diri akan merasa lebih siap dalam menghadapi berbagai macam rintangan sehingga rasa percaya dirinya pun menjadi lebih tinggi.

4. Meningkatkan sosialisasi

Hubungan sosial juga dapat terjalin dengan lebih baik lewat olahraga bela diri. Ketika melakukan latihan bersama dengan pemain bela diri lainnya, maka hubungan sosial pun akan ikut meningkat.

Perkumpulan anggota klub-klub bela diri juga akan semakin memperluas hubungan sosial. Dengan meningkatnya kepercayaan diri, maka kemampuan untuk bersosialisasi pun juga akan ikut meningkat.

5. Lebih disiplin

Bela diri juga akan sangat membantu dalam mendisiplinkan diri. Bela diri hanya akan dapat dilakukan dengan baik jika pemainnya telah disiplin dalam berlatih. Bukan hanya sekedar disiplin dalam aturan waktu latihan saja, tapi juga disiplin dalam rutin melakukan gerakan yang benar berulang kali untuk mendapatkan gerakan yang sempurna.

6. Lebih rendah hati

Siapa bilang pemain bela diri identik dengan sombong? Pemain bela diri yang sejati adalah orang yang memiliki rasa sabar yang sangat tinggi, termasuk dalam menghadapi orang-orang di sekitarnya. Meskipun memiliki kemampuan untuk melakukan bela diri, namun biasanya seorang pemain bela diri justru memiliki kerendahan hati yang luar biasa.

Mereka akan jauh lebih sabar dalam menghadapi orang-orang yang memicu emosi. Hal ini dikarenakan dalam ilmu bela diri terdapat sebuah prinsip dimana inti dari bela diri adalah untuk melindungi yang lemah, bukan sebagai anggar jago saja.

Itulah 6 manfaat dari belajar bela diri yang wajib diketahui. Meskipun bela diri semakin populer, namun tak sedikit pula orang yang belum mendapatkan manfaat yang maksimal dari ilmu bela diri yang dipelajari. Hal ini diakibatkan kurang menghayati dalam mempelajari ilmu bela diri.