Jelang Piala Sudirman 2019 : Ganda Campuran Indonesia Optimis Raih Poin

Jelang Piala Sudirman 2019 : Ganda Campuran Indonesia Optimis Raih Poin

Turnamen Piala Sudirman 2019 sebentar lagi akan dimulai. Para pemain wakil Indonesia saat ini telah berada di Nanning, Cina. Hari Minggu (19/05/2019) waktu setempat mendatang, babak penyisihan akan dimulai.

Indonesia yang tergabung di Grup B bersama Denmark dan Inggris akan menjamu Inggris terlebih dahulu.

Dari sektor ganda campuran Indonesia memboyong tiga pasangan ganda campuran yang saat ini tengah berada dalam kondisi terbaik mereka. Mereka adalah pasangan Hafiz Faizal / Gloria Emanuelle Widjaja, Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti dan Tontowi Ahmad / Winny Oktavina Kandow.

Sementara lawan pembuka Indonesia dibabak penyisihan, Inggris pun turut menurunkan tiga pasangan ganda campurannya. Mereka adalah Marcus Ellis / Lauren Smith, Chris Adcock / Gabrielle Adcock, dan Ben Lane / Jessica Pugh. Untuk Denmark sendiri dipastikan akan menurunkan pasangan Niclas Nohr / Sara Thygesen.

Pasangan Hafiz / Gloria telah dua kali bertemu dengan Duo Adcock. Pertemuan pertama mereka di turnamen Toyota Thailand Open 2018 dan dimenangkan oleh Hafiz / Gloria. Pertemuan keduanya terjadi di ajang Danisa Denmark Open 2018 dan dimenangkan oleh Duo Adcock.

Tidak seperti dua tahun lalu, Piala Sudirman 2019 kali ini tidak diperkuat andalan Indonesia di sektor ganda campuran, Liliyana Natsir yang telah memutuskan untuk gantung raket. Bersama pasangannya, Tontowi Ahmad, Liliyana dan Tontowi kerap kali menjadi andalan Indonesia meraih poin di sektor ganda campuran untuk turnamen apapun itu.

Namun begitu, masih ada tiga pasangan yang saat ini bisa dijadikan tumpuan untuk mendapatkan poin. Praveen / Melati dan Hafiz / Gloria menunjukkan performa positif dalam penampilan mereka di beberapa turnamen belakangan ini.

Kehadiran pasangan baru Tontowi / Winny pun juga diharapkan mampu menjadi angin segar bagi tim Indonesia. Pasalnya pasangan beda usia ini menunjukkan performa yang cemerlang di awal penampilan mereka saat pertama kali diturunkan. Beberapa kali mereka mampu menumbangkan pasangan pemain berstatus unggulan di turnamen yang diikuti.

Pasangan Praveen / Melati pun tidak perlu diragukan lagi. Keduanya saat ini berada di peringkat 7 dunia. Praveen pun sempat menuturkan bahwa tim Piala Sudirman tahun ini dibandingkan sebelumnya lebih solid dan lebih siap untuk bermain.

Masih menurut Praveen, chemistry antara dirinya dengan Melati Daeva di lapangan pun tidak ada masalah. Hanya perlu pematangan dari sisi teknis permainan yang menurutnya masih belum stabil.

Sama seperti pasangan Hafiz / Gloria, Praveen / Melati pun beberapa kali bertemu dengan pasangan Chris Adcock / Gabrielle Adcock. Catatan head to head keduanya seimbang 2 sama dengan pertemuan terakhir di ajang Fuzhou China Open 2018 dimenangkan oleh Praveen / Melati.

Kemenangan terakhir mereka di China Open lalu atas Duo Adcock sedikit banyak akan berpengaruh positif pada mental keduanya. Namun tentu saja kewaspadaan tetap harus dijaga.