Jose Mourinho Jelaskan Alasan Dibalik Keputusannya Menyingkir Dari Fans Spurs Setelah Menang Melawan West Ham

Jose Mourinho Jelaskan Alasan Dibalik Keputusannya Menyingkir Dari Fans Spurs Setelah Menang Melawan West Ham

Jose Mourinho baru saja resmi menggantikan posisi Mauricio Pochettino yang telah melatih Tottenham selama lima setengah tahun belakangan, menyusul pemecatan Pochettino oleh tim manajemen Spurs.

Segera setelah menduduki kursi kepelatihan setelah absen selama kurang lebih 11 bulan pasca kerjasamanya dengan Manchester United, Mourinho pun dihadapkan pada laga eksebisi perdananya bersama Tottenham pada Sabtu (23/11) lalu melawan West Ham, klub asal London yang juga merupakan rival Tottenham.

Seolah semesta mendukung perannya sebagai manajer baru Tottenham meski mendapatkan kritikan dari banyak pihak, Tottenham akhirnya meneguk kemenangan dan memutus catatan buruk mereka.

Namun tak seperti lazimnya para pelatih yang bersorak pasca kemenangan timnya, Mourinho malah menyingkir dari fans Tottenham segera setelah timnya memastikan kemenangan.

Jose Mourinho menjelaskan bahwa ia menghindari fans Tottenham Hotspur setelah menang 3-2 melawan West Ham karena ia tak ingin fokus pada performa para pemainnya teralihkan.

Ahli strategi lapangan asal Portugis ini menjalankan peran pertamanya sebagai pelatih pada Sabtu lalu dan menghasilkan kemenangan impresif kontra rival London mereka.

Deretan gol-gol dari Son Heung-min, Lucas Moura dan Harry Kane memastikan tiga poin untuk klub asal London Utara ini, menjadikan the Lilywhites merangsek naik ke posisi sembilan klasemen sementara Premier League.

Terlepas dari comeback yang telat dari tuan rumah, tim Mourinho mampu menjalankan tugasnya, mengakhiri 12 laga tanpa kemenangan.

Ini merupakan kebangkitan empatik di papan atas Premier League bagi mantan bos Manchester United ini, namun ia memilih untuk menyingkir setelah peluit dibunyikan tanda berakhirnya pertandingan, demi membiarkan segala perhatian dari para fans tertuju pada anak asuhnya.

“Di akhir pertandingan Saya tak ingin menghampiri fans kami karena Saya merasa tidak semestinya melakukannya, semua ini adalah tentang para pemain, bukan tentang Saya, maaf untuk hal tersebut,” ujar Mourinho di situs resmi klub seperti dikutip dari Squawka.

“Saya menyingkir tapi menghargai para fans yang telah hadir dan mendukung kami, menikmati dan memahami serta mendukung – mereka bahagia saat ini seperti halnya kami.”

Mourinho: Gol dari Moura adalah bukti kepelatihanku memberikan hasil instan

Berdasarkan penilaiannya selama jalannya pertandingan, Mourinho sangat terkesan dengan gol kedua Spurs, berupa umpan silang dari Son untuk Lucas. Ini merupakan gol kedua pemain asal Brazil tersebut musim ini – yang dieksekusi maksimal – dan menjadi produk langsung dari sebuah hasil pelatihan di lapangan, menurut Mourinho.

Mourinho menambahkan bahwa pertandingan tersebut sangat hebat. Tidak hanya sekadar passion – menurutnya mereka membuktikan apa yang selama ini menjadi bagian dari proses kepelatihan selama di lapangan. Lucas berada diposisinya merupakan konsekuensi dari kedinamisan yang telah dilatih di lapangan.

Menurut Mourinho bahwa pelatih dan para staf telah memikirkannya, bersiap untuk hal apapun, melatihnya di lapangan dan saat hal tersebut terjadi, itulah momen terbaik bagi seorang pelatih.