Kejuaraan Asia Junior 2019 : Indonesia Unggulan Pertama Untuk Kategori Beregu

Kejuaraan Asia Junior 2019 : Indonesia Unggulan Pertama Untuk Kategori Beregu

Kejuaraan Asia Junior kembali digelar. Turnamen yang dibawahi oleh Badminton Asia ini bertujuan untuk mencari pemain bulu tangkis junior terbaik di Asia (berusia dibawah 19 tahun). turnamen ini terdiri dari nomor beregu dan perorangan.

Nomor beregu akan digelar lebih awal pada tanggal 20 Juli – 23 Juli. Sementara nomor perorangan akan digelar sehari setelah nomor beregu pada tanggal 24 Juli – 28 Juli 2019. Suzhou Olympic Sports Center, Cina rencananya akan menjadi tempat dihelatnya turnamen ini.

Turnamen ini mulai digelar pada tahun 1997. Hingga kini telah 21 kali diadakan, yang terbaru pada tahun 2018 lalu dan digelar di Jakarta, Indonesia. Saat itu Cina keluar sebagai pemenang pertama sementara Jepang di posisi kedua. Indonesia menyumbang kemenangan di nomor individual sektor ganda putri lewat pasangan Febriana Dwipuji Kusuma dan Ribka Sugiarto.

Awalnya dilaksanakannya turnamen ini terbagi ke dalam tim beregu putri dan tim beregu putra untuk nomor beregu. Pembagian ini berlangsung hingga tahun 2005. Kemudian pada tahun 2006 kebijakan baru dikeluarkan menjadi tim beregu campuran. Kebijakan ini berlaku hingga sekarang.

Indonesia pernah menjadi juara dua kali pada tahun 1999 dan 2002. Saat itu Indonesia merebut kemenangan di nomor beregu putra. Kemudian pada tahun 2017, ketika turnamen digelar di Jakarta, Indonesia hanya berhasil merebut posisi runner up dengan Korea Selatan sebagai juara pertama.

Ada 14 negara yang berpartisipasi. Negara tersebut adalah Cina, Hong Kong, Indonesia, India, Jepang, Korea Selatan, Cina Macau, Malaysia, Mongolia, Nepal, Singapura, Sri Lanka, Thailand dan Cina Taipei.

Tahun ini Indonesia kembali mengirimkan wakilnya. Ada 25 nama pemain yang diturunkan baik untuk nomor beregu maupun nomor perorangan. Berikut adalah daftar nama pemain di nomor beregu dan nomor perorangan :

Beregu :

Ganda Campuran :

Indah Cahya Sari Jamil, Leo Rolly Carnando, Nita Violina Marwah, Dwiki Rafian Restu, Dinda Dwi Cahyaning, Ande Timotius Tololiu.

Ganda Putri :

Nita Violina Marwah, Putri Syaikah Ulima Hidayat, Amalia Cahya Pratiwi, Febriana Dwipuji Kusuma.

Ganda Putra :

Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, Bernadus Bagas Kusuma Wardana, Dwiki Rafian Restu.

Tunggal Putri :

Stephanie Widjaja, Putri Kusuma Wardani

Tunggal Putra :

Bobby Setiabudi, Syabda Perkasa Belawa, Christian Adinata.

Perorangan :

Tunggal Putri :

Stephanie Widjaja, Putri Kusuma Wardani, Aisha Galuh Maheswari, Yasnita Enggira Setiawan.

Tunggal Putra :

Yonatan Ramlie, Christian Adinata, Bobby Setiabudi, Syabda Perkasa Belawa

Ganda Putri :

Nita Violina Marwah, Putri Syaikah Ulima Hidayat, Amalia Cahya Pratiwi, Febriana Dwipuji Kusuma, Tryola Nadia, Melani Mamahit

Ganda Putra :

Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, Bernadus Bagas Kusuma Wardana, Dwiki Rafian Restu, Yoggi Pamungkas, Lucky Andres.

Ganda Campuran :

Indah Cahya Sari Jamil, Leo Rolly Carnando, Nita Violina Marwah, Dwiki Rafian Restu, Dinda Dwi Cahyaning, Andre Timotius Tololiu, Nakhla Aufaa Dhiya Ulhaq, Mohammad Rezky Alfarez.

Di nomor beregu Indonesia akan satu grup dengan Jepang dan Malaysia. Indonesia sebagai unggulan pertama sementara Jepang di unggulan keenam dan Malaysia di posisi unggulan kesembilan.