Liliyana Natsir Putuskan Pensiun di Awal 2019

Indonesia Masters 2019 menjadi ajang bulutangkis terakhir yang dilakoni Liliyana, karena pensiun menjadi keputusan terakhir yang diambil pebulutangkis berambut pendek ini. Alasan utama mundurnya Liliyana dari dunia bulutangkis adalah faktor usianya yang tidak lagi muda dan Liliyana berjanji akan selalu mendukung para pebulutangkis putri untuk dapat mengharumkan nama bangsa.

Salah satu orang yang sangat terkejut dengan keputusan pensiun Liliyana adalah Menpora Imam Nahrawi dan Menpora berharap Liliyana tak pensiun total, karena kehebatannya di dunia bulutangkis masih sangat dibutuhkan untuk menularkan semua ilmunya ke atlet-atlet junior. Perempuan yang biasa di sapa Butet ini memang mencatatkan banyak sekali sejarah bagi bangsa Indonesia, terutama penampilannya sebagai ganda campuran yang memberikan banyak gelar. Indonesia tentu akan sangat kehilangan salah satu atlet bulutangkis terbaiknya, tapi Indonesia tak akan melupakan segala sejarah yang telah dicatatkan.

Butet memang tak khawatir untuk masa depannya, karena kini Butet tercatat sebagai salah satu aparatur sipil negara yang bertugas di kementrian pemuda dan olahraga. Masa depan atlet bulutangkis Indonesia sekarang memang lebih terjamin di banding jaman dahulu dan Butet membuktikan bahwa kerja keras yang dilakukan selama menjadi atlet membuahkan hasil positif untuk masa depannya.

Nama Liliyana Natsir di dunia bulutangkis Indonesia memang sudah sangat terkenal dan banyak sekali atlet-atlet muda yang sangat mengidolakannya. Perannya sebagai pencari bakat memang sangat diperlukan di dunia bulutangkis, tentu dengan segudang pengalamannya sebagai pemain menjadi bekal penting Butet untuk mencari bibit muda bertalenta yang bisa mengharumkan nama bangsa.

Tak hanya itu nama besar Butet juga pasti diperlukan Indonesia untuk melatih para atlet junior dan kesempatan untuk melatih pasti akan terbuka lebar bagi Butet. Tak hanya para atlet asal Indonesia saja yang merasakan kesedihan dengan pensiunnya Butet, tapi atlet luar juga banyak yang merasakan hal yang sama dan salah satu atlet luar yang menyatakan kesedihannya adalah Lee Yong-dae.

Tak hanya Butet, Indonesia juga kehilangan satu lagi atlet ganda campuran yang memutuskan untuk pensiun yaitu Debby Susanto dan pensiunnya kedua atlet ganda campuran ini menjadi salah satu pertanda bahwa perlunya atlet junior yang menggantikan peran mereka untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia internasional. Momen pensiunnya kedua atlet pada ajang Indonesia Masters 2019 menjadi waktu bersejarah bagi dunia bulutangkis Indonesia, tentu akan menambah catatan penting di tahun 2019.

Itulah ulasan singkat mengenai Liliyana Natsir putuskan pensiun di awal 2019. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya dan dapat dijadikan referensi terbaik dalam menambah pengetahuan mengenai dunia bulutangkis.