Marc Marquez : Duo Yamaha, Vinales Dan Quartararo, Lawan Terberat Saat Ini

Marc Marquez : Duo Yamaha, Vinales Dan Quartararo, Lawan Terberat Saat Ini

Seri kesembilan MotoGP telah selesai digelar pada Minggu (07/07/2019) lalu. Seri balapan yang digelar di Sirkuit Sachsenring Jerman ini kembali dimenangkan oleh Baby Alien, Marc Marquez. Pebalap Repsol Honda Team ini meninggalkan lawan – lawannya dan memimpin di depan tanpa terusik.

Menyusul di belakang ada pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dengan perbedaan waktu 4,587 detik dari Marc Marquez. Kemenangan Marc Marquez di Jerman kali ini membuatnya unggul 58 poin dari Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) yang hanya mampu finish di posisi kelima, dengan perbedaan waktu 16,669 detik dari Marc Marquez.

Andrea Dovizioso memang rival terdekat Marquez saat ini. Meskipun masih unggul cukup jauh dari Dovizioso, Marquez menganggap Dovizioso akan berusaha untuk mengejar dan memperkecil jarak di antara keduanya.

“Saat ini Saya berjarak dua balapan (poin) antara Saya dan Dovizioso dan tentu saja Ducati akan kembali dan semakin cepat.” Ujar Marquez seperti dikutip dari crash.net.

Walau mengakui Dovizioso adalah rival terdekatnya saat ini, Marquez menganggap lawan yang sesungguhnya adalah duo Yamaha, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo. Menurutnya Vinales dan Quartararo akan menjadi yang tercepat di paruh kedua musim balapan MotoGP.

Marquez menilai Vinales dan Quartararo akan berjuang ekstra keras di sisa musim ini. Ia yakin duo Yamaha tersebut saat ini merupakan rival terberatnya.

Pada kenyataannya, Marquez dan Vinales sama – sama berpesta di atas podium Sirkuit Assen dan Sachsenring kala keduanya finish di posisi pertama dan kedua bergantian. Sementara Quartararo mampu finish di posisi ketiga saat membalap di TT Circuit Assen, Belanda. Sayangnya Quartararo gagal finish di Jerman setelah mengalami kecelakaan.

“Kami harus terus berusaha dan fokus pada langkah kami seperti apa yang Saya lakukan hari ini (Minggu, 07/07/2019). Saya melupakan yang lainnya. Tidak peduli siapa yang ada di belakang Saya atau siapa yang kecelakaan atau melakukan kesalahan. Saya hanya konsentrasi pada ritmeku.”

Kebahagiaan Marquez memenangkan balapan di Sachsenring kemarin berlipat ganda. Pasalnya sang adik, Alex Marque juga turut memenangkan balapan di kelas Moto2 sehingga berhasil menjaga jarak dengan perbedaan 8 poin dari Thomas Luthi yang berada di posisi kedua.

“Libur musim panas kali ini akan sangat berkesan bagi keluargaku karena adikku turut memenangkan balapan dan memimpin perolehan poin sementara. Saya sangat berbahagia untuknya ditambah lagi semuanya berjalan dengan baik.”

Selain berhasil finish di posisi pertama dan semakin menjauh di klasemen perolehan poin sementara, Marc Marquez juga menorehkan catatan rekor yang mengagumkan di balapan kali ini. Marquez menyamai catatan rekor Valentino Rossi dengan kemenangan terbanyak di sirkuit yang sama dalam sejarah Grand Prix.

Kemenangan Marquez di Sachsenring kemarin merupakan kemenangannya yang ke 10 saat membalap di Sachsenring selama karirnya di MotoGP. Catatan yang sama juga ditorehkan Valentino Rossi di Sirkuit Mugello, Italia.