New Zealand Open 2019 : Ahsan / Hendra Taklukkan Lee / Wang, Gregoria Tak Kuasa Hadapi Akane

New Zealand Open 2019 : Ahsan / Hendra Taklukkan Lee / Wang, Gregoria Tak Kuasa Hadapi Akane

Turnamen New Zealand Open 2019 telah memasuki hari keempat pelaksanaannya. Hingga hari keempat ini beberapa wakil Indonesia berhasil menapaki babak perempat final. Hampir semua sektor terkecuali ganda putri berhasil menempatkan wakilnya di babak perempat final.

Sebelumnya beberapa wakil Indonesia yang melakoni pertandingan di hari ini berhasil memastikan tempat di babak semifinal keesokan harinya. Mereka adalah pasangan ganda campuran Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faizal / Gloria Emanuelle Widjaja, dan wakil tunggal putra Jonatan Christie.

Selain Praveen / Melati, Hafiz / Gloria dan Jonatan yang berhasil melaju ke babak selanjutnya, pasangan ganda putra Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan turut mengikuti keberhasilan rekan – rekannya.

Ahsan / Hendra yang berstatus sebagai unggulan kedua turnamen berhasil menaklukkan pasangan asal Cina Taipei, Lee Yang / Wang Chi-Lin. Lee Yang / Wang Chi-Lin yang menempati unggulan kelima turnamen dikalahkan dalam waktu 48 menit lewat 3 set permainan.

Kemenangan Ahsan / Hendra menjadikan kedudukan head to head kedua pasangan satu sama. Sebelumnya pasangan Lee Yang / Wang Chi-Lin berhasil memenangkan pertandingan melawan Ahsan / Hendra di turnamen Yonex Swiss Open 2019 lalu.

Selanjutnya di babak semifinal keesokan harinya Ahsan / Hendra akan menghadapi pasangan asal Malaysia unggulan ketujuh turnamen, Goh V Shem / Tan Wee Kiong. Ahsan / Hendra sebelumnya pernah beberapa kali bertemu dengan Goh / Tan. Turnamen ini akan menjadi kali ketujuh pertemuan mereka.

Catatan head to head kedua pasangan tersebut masih mengunggulkan Ahsan / Hendra dengan keunggulan 5 – 1. Terakhir kalinya Ahsan / Hendra memenangkan pertemuan mereka di Singapore Open 2019 lalu.

Sayangnya keberhasilan Ahsan / Hendra gagal ditiru wakil tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung. Sama halnya Anthony Ginting, Gregoria gagal melaju kebabak semifinal setelah dikalahkan Akane Yamaguchi yang berstatus pemain unggulan pertama turnamen. Gregoria yang menempati urutan kelima unggulan turnamen kalah dalam 31 menit dengan catatan skor 21 – 14, 21 – 15.

Dengan demikian di babak semifinal keesokan harinya Indonesia hanya mengirimkan wakilnya di sektor tunggal putra melalui Jonatan Christie, sektor ganda putra melalui Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan, dan sektor ganda campuran melalui pasangan Hafiz Faizal / Gloria Widjaja dan pasangan Praveen Jordan / Melati Daeva.

Jonatan Christie akan menghadapi Kanta Tsuneyama dari Jepang, sementara pasangan Hafiz Faizal / Gloria Widjaja akan menghadapi Chan Peng Soon / Goh Liu Ying asal Malaysia, dan pasangan Praveen Jordan / Melati Daeva akan menghadapi pasangan Wang Chi-Lin / Cheng Chi Ya asal Cina Taipei.