New Zealand Open 2019 : Hafiz / Gloria Melaju Ke Babak Semifinal, Anthony Ginting Takluk Di Tangan Lin Dan

New Zealand Open 2019 : Hafiz / Gloria Melaju Ke Babak Semifinal, Anthony Ginting Takluk Di Tangan Lin Dan

Sejak  pukul 5 sore waktu setempat turnamen New Zealand Open 2019 telah dimulai. Di babak perempat final ini Indonesia berhasil mengirimkan beberapa utusannya. Sayangnya tidak semua sektor berhasil menembus babak perempat final. Ganda putri menjadi sektor yang tidak memiliki wakil di babak ini.

Sementara dari sektor ganda campuran ada pasangan Praveen Jordan / Melati Daeva dan Hafiz Faizal / Gloria Emanuelle Widjaja. Dari sektor ganda putra ada pasangan Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan, sementara itu dari sektor tunggal putri ada Gregoria Mariska Tunjung. Terakhir di sektor tunggal putra ada Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Pasangan Praveen / Melati telah memastikan tempat di babak semifinal. Mereka mengalahkan pasangan Malaysia, Goh Soon Huat / Lai Shevon Jemie. Begitu pula dengan wakil tunggal putra, Jonatan Christie, yang berhasil mengalahkan pemain Cina Sun Feixiang.

Pasangan ganda campuran lainnya, Hafiz Faizal / Gloria Emanuelle Widjaja yang menjadi pemain unggulan keempat turnamen juga turut menyusul Praveen / Melati dan Jonatan ke babak semifinal. Hafiz / Gloria berhasil meraih satu tiket di babak semifinal setelah menuntaskan perjuangan pasangan asal Hong Kong, Chang Tak Ching / Ng Wing Yung.

Hafiz / Gloria hanya membutuhkan waktu 31 menit untuk menggagalkan pasangan Hong Kong tersebut. Keduanya hanya bermain dua set dengan skor 21 – 15, 21 – 17. Pertemuan kedua pasangan ini menjadi pertemuan yang pertama.

Selanjutnya Hafiz / Gloria akan bertemu dengan pasangan asal Malaysia berstatus unggulan kedua turnamen, Chan Peng Soon / Goh Liu Ying. Pertemuan di semifinal esok hari akan menjadi pertemuan ketiga kedua pasangan ini. Sebelumnya keduanya berbagi kemenangan di dua turnamen.

Turnamen HSBC BWF World Tour Finals 2018 menjadi ajang pertama yang mempertemukan keduanya. Di turnamen tersebut pasangan Hafiz / Gloria harus menyerah kalah dalam dua set langsung. Beberapa bulan kemudian di turnamen Singapore Open 2019, Hafiz / Gloria berhasil balas dendam dengan meraih kemenangan.

Sementara itu di lapangan berbeda ada wakil tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting yang harus berjuang melawan Lin Dan. Sayangnya Ginting yang berstatus pemain unggulan pertama harus angkat koper setelah dikalahkan Lin Dan dalam tiga gim.

Kekalahan Ginting atas Lin Dan di turnamen berhadiah total $150,000 ini menjadikan Lin Dan unggul head to head 3 – 2 atas Ginting. Ginting memberikan perlawanan yang merepotkan Lin Dan. Di babak pertama Lin Dan bahkan dipaksa harus beberapa kali match point hingga berhasil mengunci skor 25 – 23.

Ginting sendiri berhasil merebut babak kedua dengan gemilang. Lin Dan hanya diberikan kesempatan mencetak skor enam kali hingga menyerah dengan kedudukan 6 – 21. Sayang Ginting tidak dapat mempertahankan performanya di babak ketiga. Lin Dan berhasil ke semifinal dengan menutup pertandingan dengan skor 21 – 12.