Piala Sudirman 2019 : Cina Dan Thailand Akan Bertemu Di Babak Semifinal, Akankah Thailand Kembali Membuat Kejutan ?

Laga perempat final untuk tim pool atas yang terdiri dari Cina, Denmark, Korea Selatan dan Thailand telah berakhir pada, Kamis (23/05/2019). Tim Cina bersama Thailand keluar sebagai pemenang dan berhak melaju kebabak semifinal. Menurut jadwal, kedua tim akan bertemu dibabak semifinal pada Sabtu (25/05/2019).

Dibabak perempat final Cina berhasil mengalahkan Denmark dengan skor 3 – 1. Satu-satunya kemenangan dari Denmark berhasil disumbangkan oleh pemain tunggal putra andalan mereka, Viktor Axelsen. Axelsen berhasil menumbangkan Chen Long dalam dua set langsung.

Sementara itu Thailand membuat kejutan dengan mengkandaskan perjuangan juara bertahan Korea Selatan. Thailand pun mencatatkan skor 3 – 1 atas Korea Selatan. Kemenangan Korea Selatan hanya berhasil disumbangkan oleh pasangan ganda putra mereka, Kang Min Hyuk / Kim Won Ho.

Sayangnya mimpi Korea Selatan untuk setidaknya menyamakan kedudukan menjadi dua sama gagal tercapai setelah wakil tunggal putrinya, An Se Young harus menyerah kalah atas Ratchanok Intanon.

Dibabak semifinal yang akan mempertemukan Cina dan Thailand nantinya, kedua tim tentu akan kembali menurunkan skuad tim utamanya. Cina dan Thailand memang sedari awal sangat serius mengejar poin di turnamen ini dengan kerap menurunkan tim intinya.

Seperti sebelumnya, sektor ganda campuran Cina kemungkinan besar akan kembali bergantung pada pasangan peringkat 1 dunia, Zheng Siwei / Huang Yaqiong. Begitupun dengan Thailand yang tentunya akan bertumpu pada pasangan peringkat 4 dunia, Dechapol Puavaranukroh / Sapsiree Taerattanachai.

Di sektor tunggal putra, kemungkinan Cina akan kembali menurunkan Chen Long. Walaupun sebelumnya Chen Long belum berhasil meredam wakil Denmark, Viktor Axelsen. Sementara Thailand pun kemungkinan akan kembali mengutus Kantaphoen Wancharoen.

Pasangan peringkat 3 dunia saat ini, Li Junhui / Liu Yuchen diprediksi akan kembali menjadi wakil Cina melawan Thailand nantinya. Walaupun pada kenyataannya Thailand bisa dikatakan kemungkinan akan mengandalkan pasangan Dechapol Puavaranukroh / Kittinupong Kedren atau Bodin Isara / Maneepong Jongjit.

Partai yang seru akan terjadi di sektor ganda putri. Pasalnya Thailand tentu akan mengandalkan Ratchanok Intanon. Sementara Cina pun kemungkinan besar akan kembali menurunkan Chen Yufei. Mengingat performa Chen Yufei yang cukup stabil. Seandainya Ratchanok Intanon dan Chen Yufei bertemu dipartai ini maka ini akan menjadi pertemuan ke 11 mereka.

Sementara itu pada sektor ganda putri, hampir bisa dipastikan Cina akan mengutus Chen Qingchen / Jia Yifan. Keduanya tidak sempat bermain saat Cina meladeni Denmark setelah memastikan kemenangan atas Denmark lewat Chen Yufei.

Thailand pun kemungkinan akan menurunkan Sapsiree Taerattanachai / Jongkolphan Kititharakul. Keduanya juga belum sempat dimainkan saat Thailand menjamu Korea Selatan. Pasalnya Thailand berhasil memastikan kemenangan saat Ratchanok Intanon mengkandakan perjuangan An Se Young.