Piala Sudirman 2019 : Indonesia Akan Ditantang Runner Up Grup 1C Cina Taipei Di Babak Perempat Final

Piala Sudirman 2019 : Indonesia Akan Ditantang Runner Up Grup 1C Cina Taipei Di Babak Perempat Final

Setelah Cina, Korea Selatan, Denmark dan Thailand menyelesaikan laga perempat finalnya pada Kamis (23/05/2019), giliran empat tim lainnya yang akan menggelar laga perempat final pada Jum’at, (24/05/2019). Keempat tim tersebut adalah Indonesia, Cina Taipei, Jepang dan Malaysia.

Hingga berita ini diturunkan belum ada line up resmi dari tiap tim yang dirilis. Namun melihat kuota pemain yang dibawa keempat tim, secara garis besar mungkin bisa dibuat prediksi mengenai siapa saja line up yang akan diturunkan tiap tim.

Berdasarkan kuota pemain yang dibawa Cina Taipei ke Nanning, Indonesia tentunya tidak akan memandang sebelah mata. Indonesia bahkan sudah semestinya waspada dengan Cina Taipei. Pasalnya ada tiga pemain yang patut diwaspadai. Mereka adalah Tai Tzu Ying, peringkat 1 dunia saat ini, Chou Tien Chen, dan wakil ganda putra Lee Yang / Wang Chi Lin.

Tiga sektor yang akan menjadi andalan tim Cina Taipei sudah barang tentu adalah sektor tunggal putri, tunggal putra dan sektor ganda putra. Di sektor tunggal putri besar kemungkinan Cina Taipei akan menurunkan Tai Tzu Ying. Begitupun di sektor tunggal putra, Chou Tien Chen yang merupakan peringkat 4 dunia saat ini sepertinya tetap akan menjadi tumpuan.

Sementara pasangan ganda putra Lee Yang / Wang Chi Lin yang saat ini menghuni peringkat 26 dunia juga kemungkinan besar akan diturunkan. Cina Taipei tentu tidak akan mengambil resiko dengan mencoba meracik timnya saat melawan Indonesia.

Sementara dari kubu Indonesia, sektor tunggal putra kemungkinan akan dipercayakan pada Jonatan Christie. Sejak babak penyisihan Jonatan Christie belum pernah diturunkan. Terlebih jika melihat adanya Chou Tien Chen di kubu Cina Taipei. Secara head to head Jonatan Christie memang unggul atas Chou Tien Chen.

Indonesia kemungkinan akan menurunkan pasangan nomor 1 dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon. Sebelumnya saat bermain melawan Denmark, Kevin / Marcus diistrahatkan sementara Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan dipercaya untuk turun menjamu wakil Denmark.

Pada sektor tunggal putri, Indonesia kemungkinan akan menurunkan Gregoria Mariska Tunjung. Semoga saja Gregoria Mariska tidak terbebani seandainya harus bertemu Tai Tzu Ying nantinya. Kemenangan pemain muda Korea Selatan, An Se Young atas Tai Tzu Ying dipartai penyisihan grup sebaiknya menjadi pemacu semangat Gregoria untuk terpacu melakukan hal yang sama.

Sektor ganda campuran kemungkinan akan menjadi dilema bagi Indonesia. Pasalnya disepanjang penyisihan grup sektor ini belum sama sekali menyumbang poin. Walaupun pada kenyataanya banyak yang berharap pada sektor ini akan menyumbang poin di babak penyisihan.

Jika melihat kondisi di lapangan, kemungkinan Indonesia akan menurunkan pasangan Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti. Kondisi mereka tentunya akan lebih fit setelah beristrahat cukup lama pascapertandingannya melawan wakil Inggris.

Sementara pasangan Hafiz Faizal / Gloria Emmanuelle Widjaja yang sebelumnya bertanding melawan Denmark hanya punya waktu sehari beristrahat. Tentunya sedikit banyak hal ini akan menjadi pertimbangan.

Pasangan Greysia Polii / Apriyani Rahayu pun kemungkinan akan kembali menjadi tumpuan Indonesia di sektor ganda putri. Performa apik keduanya saat tampil melawan Denmark diharapkan akan kembali terulang saat melawan wakil Cina Taipei nantinya.